Connect with us
close

Virtual.co.id

19 Tanda Awal Gagal Ginjal Akut yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

19 Tanda Awal Gagal Ginjal Akut yang Perlu Diwaspadai

Tanda awal gagal ginjal akut harus segera ditangani dengan penanganan medis. Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat vital karena berfungsi sebagai penyaring darah. Apabila ginjal mengalami gangguan maka darah tidak disaring dengan baik dan akan menimbulkan gangguan pada organ atau bagian tubuh lainnya.

Letak ginjal berada di bagian belakang perut tepatnya di bagian belakang perut bagian kanan dan kiri. Penyebab gagal ginjal tidak lain disebabkan karena tidak menjaga pola hidup sehat yang semestinya dilakukan. Berikut ini merupakan tanda awal gagal ginjal akut yang harus kamu tahu.

Tanda Awal Gagal Ginjal Akut, Tanda Awal Penyakit Gagal Ginjal Akut, Tanda Awal Gejala Gagal Ginjal Akut

1. Kehilangan nafsu makan

Salah satu tanda awal gagal ginjal akut akan menyebabkan seseorang menjadi tidak nafsu makan. Hal ini dikarenakan penyakit tersebut akan membuat terasa logam dan makanan yang hendak dikonsumsi tidak berasa enak. Apabila hal ini terus terjadi maka penderita akan memiliki tubuh yang kurus kering.

2. Kulit terasa gatal

Ciri berikutnya apabila seseorang mengalami gagal ginjal yakni akan merasakan gatal di seluruh kulit. Ginjal yang semestinya berfungsi sebagai pengambil limbah yang tidak diperlukan tubuh menjadi tidak berfungsi dengan baik karena terjadinya gagal ginjal. Kemudian limbah tersebut menjadi tersebar ke seluruh tubuh sehingga akan merasakan gatal. Biasanya gatal yang disebabkan oleh gagal ginjal tidak dapat diatasi dengan obat gatal biasa.

3. Nyeri otot

Tanda gagal ginjal akut selanjutnya yakni akan mengalai nyeri pada otot. Hal ini dikarenakan gagal ginjal dapat membuat elektrolit dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan melemahkan seluruh otot. Bahkan banyak kasus yang dialami oleh penderita tidak bisa berjalan karena otot yang dimiliki tidak kuat menahan berat tubuhnya.

4. Mudah lelah

Seseorang yang mengalami gagal ginjal tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas berat karena memiliki kondisi fisik yang mudah lelah. Mudah lelah pun merupakan salah satu tanda bahwa seseorang mungkin terkena gagal ginjal akut.

Loading...

5. Pembengkakan

Ciri – ciri lainnya yang dapat ditangkap oleh mata ketika seseorang menderita penyakit gagal ginjal yaitu terjadi pembengkakan di beberapa bagian tubuh. hal ini dikarenakan adanya penumpukan cairan yang seharusnya dikeluarkan malah menumpuk pada bagian tubuh lainnya karena disfungsi ginjal tersebut.

6. Darah di dalam urine

Gagal ginjal akan menyebabkan ginjal tidak dapat menyaring darah secara sempurna sehingga saat buang air kecil, darah mungkin saja ikut keluar bersama urine. Darah yang berada bersama urine tersebut menandakan kondisi gagal ginjal yang sudah parah dan tidak boleh disepelekan. Segera lakukan pemeriksaan kepada dokter terkait.

7. Urine berbusa

Urine yang berbusa saat hendak buang air kecil merupakan salah satu kondisi yang tidak normal. Mungkin saja hal itu menjadi salah satu tanda terjadinya gagal ginjal yang tidak boleh di sepelekan. Namun penyebab urine berbusa tidak hanya itu, bisa saja berbusa karena kencing dengan kecepatan tinggi, dehidrasi, infeksi saluran kemih, dan lain sebagainya.

8. Warna urine berubah

Seseorang yang mengalami gagal ginjal biasanya akan ditandai dengan perubahan warna pada urine. Biasanya yang sebelumnya urine berwarna kuning, namun ketika terkena gagal ginjal menjadi berwarna keruh. Bahkan banyak orang yang memiliki warna urine kecoklatan. Warna kecoklatan ini juga merupakan salah satu tanda gagal ginjal.

9. Sering buang air kecil

Salah satu tanda seseorang terkena gagal ginjal yaitu seringnya buang air kecil. Namun sayangnya tanda tersebut bukan merupakan tanda khusus. Banyak penyakit lainnya yang ditandai dengan seringnya buang air kecil, seperti diabetes, atau hipotermia.

10. Nyeri pada bagian punggung belakang

Tanda umum lainnya yaitu seseorang akan merasakan nyeri pada bagian punggung, baik itu pada bagian kanan atau kiri. Apabila rasa nyeri tidak kunjung hilang dalam waktu yang lama maka sesegera mungkin untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga 8 Tanda dan Gejala Cacar Air

9 Tanda Awal Gagal Ginjal Akut Lainnya:

11. Mual
12. Muntah
13. Kemampuan otak melemah
14. Gangguan pernapasan
15. Kedinginan
16. Nyeri dada
17. Susah tidur
18. Disfungsi ereksi
19. Tekanan darah tinggi

Itulah 19 tanda awal gagal ginjal akut yang perlu kamu ketahui. Dengan membaca artikel tersebut kamu dapat mendiagnosis penyakit gagal ginjal lebih dini agar dapat segera melakukan tindakan medis untuk mengatasinya.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top