Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Tanda Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

12 Tanda Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Penyakit ginjal merupakan kondisi yang berbahaya jika tidak segera ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi yang akibatnya bisa mematikan. Gejala awal penyakit ginjal ditandai dengan gejala-gejala seperti sering buang air kecil, sulit tidur, atau bahkan bisa membahayakan kesehatan anda dengan gejala kencing berdarah.

Gejala-gejala tersebut akan semakin berdampak buruk jika tidak segera ditangani. Untuk itu, sangat penting bagi anda mengetahui gejala awal penyakit ginjal agar anda bisa melakukan pencegahan mulai saat ini. Berikut inilah gejala awal penyakit ginjal yang penting anda ketahui.

Gejala Awal Penyakit Ginjal, Tanda Gejala Awal Penyakit Ginjal, Gejala Penyakit Ginjal

1. Kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal menjadi gejala awal dari penyakit ginjal. Ginjal yang mengalami kerusakan, maka jumlah mineral di dalam darah tidak mampu mencukupi kebutuhan tubuh sehingga akan mengganggu keseimbangan nutrisi dan juga mineral di dalam darah. Jika hal tersebut terjadi maka kulit akan tampak kering akibat kekurangan nutrisi. Selain itu, penumpukan racun di dalam darah akan menyebabkan kulit menjadi gatal.

2. Sering buang air kecil

Gejala awal dari penyakit ginjal juga ditandai dengan seringnya buang air kecil. Penderita gangguan ginjal akan mengalami sering buang air kecil pada malam hari namun dengan jumlah yang sedikit. Hal ini disebabkan karena filter yang ada di dalam organ ginjal mengalami kerusakan sehingga menyebabkan penderitanya sering buang air kecil.

3. Kencing berdarah

Kecing berdarah menjadi gejala awal penyakit ginjal yang sangat serius. Pada gejala ini urin akan bercampur dengan darah. Hal ini disebabkan filter ginjal mengalami kerusakan, darah yang seharusnya tetap disimpan di dalam tubuh justru bocor ikut keluar bersamaan dengan urin. Inilah yang menyebabkan anda mengalami kencing berdarah.

4. Urin berbusa

Selain kencing berdarah, gejala awal penyakit ginjal juga ditandai dengan urin yang berbusa. Kondisi ini menandakan bahwa adanya protein di dalam urin. Kandungan protein yang seharusnya disimpan di dalam tubuh justru bocor dan dibuang keluar oleh tubuh bersama dengan urin sehingga menyebabkan urin berbusa.

Loading...

5. Sulit tidur

Sulit tidur disini bukanlah gejala insomnia, namun ini menjadi gejala awal penyakit ginjal. Kondisi semacam itu sangat wajar terjadi ketika ada penumpukan racun di dalam tubuh. Bahkan kebanyakan penderita penyakit ginjal akan mengalami gangguan ginjal sehingga akan menyebabkan kesulitan pada saat tidur.

6. Sulit berkonsentrasi

Gejala awal penyakit ginjal juga menyebabkan penderitanya sulit berkonsentrasi. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan atau kerusakan fungsi ginjal sehingga akan mengganggu fungsi pemisahan racun yang ada di dalam tubuh. Penumpukan racun dalam tubuh akan menyebabkan tubuh mudah lelah dan juga sulit untuk berkonsentrasi.

7. Kram otot

Jika anda sering merasa kram pada bagian otot maka kemungkinan besar anda mengalami gejala awal dari penyakit ginjal. Kondisi ini terjadi karena ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan elektrolit di dalam tubuh tidak seimbang. Elektrolit yang berupa kalsium sangatlah dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh kekurangan kalsium dan menyebabkan kram otot.

8. Penurunan nafsu makan

Penurunan nafsu makan memang dianggap hal biasa, namun penderita gangguan ginjal biasanya akan mengalami gejala ini. Kondisi terjadi akibat penumpukan racun dalam tubuh sehingga membuat tubuh menjadi tidak nyaman maka terjadilah penurunan nafsu makan.

9. Bengkak di sekitar mata

Bengkak di sekitar mata memang terlihat wajar ketika anda kurang tidur, akan tetapi ini bisa menjadi gejala awal penyakit ginjal. Kondisi tersebut menjadi dampak dari banyaknya protein yang dibuang keluar tubuh bersama dengan urin. Jika lingkar mata membengkak maka bisa jadi kondisi tubuh kekurangan protein.

10. Pembengkakan pada kaki

Pembengkakan yang terjadi pada kaki juga menjadi gejala awal dari penyakit ginjal. Penderita penyakit ginjal kebanyakan sering mengalami gejala ini. Jika kondisi tersebut terus berlanjut bisa terjadi komplikasi yang menjalar ke organ jantung dan juga hati.

Baca Juga 12 Gejala Keracunan Makanan yang Diwaspadai

Selain 10 gejala awal penyakit ginjal, ada 2 gejala lainnya yang menjadi awal penyakit ginjal, Seperti:

2 Gejala Awal Penyakit Ginjal Lainnya:

11. Kulit pucat
12. Munculnya rasa lelah

Itulah gejala awal penyakit ginjal. Dari beberapa gejala tersebut diharapkan bagi anda untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk organ ginjal. Jika terjadi kerusakan ginjal maka fungsi ginjal akan menurun dan berdampak pada penyakit ginjal.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top