Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Tanda Penyakit Jantung Tersumbat yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

15 Tanda Penyakit Jantung Tersumbat yang Perlu Diwaspadai

Penyakit yang menyerang kesehatan jantung memang sangat berbahaya. Penyakit jantung seperti serangan jantung, memang merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian secara tidak terduga pada semua penderitanya. Saat ini pun serangan jantung tidak hanya menyerang orang yang berusia tua saja, banyak juga di masa sekarang ini orang berusia muda yang terkena penyakit jantung.

Salah satu penyebab utama serangan jantung adalah tersumbatnya arteri yang mengakibatkan jantung tidak dapat menjalankan fungsinya dengan normal seperti biasanya. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui tanda jantung tersumbat dan bagaiman cara mencegahnya. Apa sajakah tanda jantung tersumbat? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Tanda Jantung Tersumbat, Tanda Penyakit Jantung Tersumbat,Tanda Bahaya Jantung Tersumbat

1. Mudah lelah

Tanda jantung tersumbat yang pertama adalah seseorang akan mudah lelah. Hal ini dikarenakan aliran darah yang tidak lancar yang diakibatkan adanya penyumbatan pada arteri dapat mengakibatkan seseorang mudah lelah saat beraktivitas. Mungkin hal ini terlihat sepele, namun siapa tahu anda mengalami jantung tersumbat yang nantinya dapat menyebabkan hal yang lebih buruk seperti kejang atau pingsan..

2. Konsentrasi terganggu

Selain mudah lelah, tanda jantung tersumbat akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan konsentrasi. Banyak orang yang mengalami penyumbatan arteri mengaku kesulitan bekonsentrasi meskipun dalam keadaan sehat. Hal ini dikarenakan arteri yang tersumbat akan mengakibatkan oksigen tidak dapat dibawa ke otak sehingga menyebabkan menurunnya fungsi otak dan akan merusak konsentrasi seseorang.

3. Nyeri kaki

Nyeri pada kaki ini juga dapat disebabkan oleh penyumbatan arteri yang terjadi pada bagian disekitar kaki. Nyeri ini biasanya terjadi pada seseorang yang menjadi perokok aktif, dan kondisi ini dikenal dengan nama klaudikasio. Hal ini disebabkan oleh penebalan dinding pembuluh arteri karena adanya lemak yang menumpuk di bagian arteri kaki.

4. Sembelit

Selain dapat menimbulkan nyeri kaki, tanda jantung tersumbat ternyata juga dapat menyebabkan timbulnya sembelit. Meskipun pada umunya sembelit terjadi akibat gangguan pada saluran pencernaan, namun ternyata juga dapat disebabkan oleh penyumbatan arteri. Jika sembelit terjadi dalam watu yang cukup lama, maka akan dapat menjadi tanda tersumbatnya aliran darah.

Loading...

5. Gangguan ginjal

Jantung tersumbat akan mengakibatkan oksigen tidak dapat mengalir sempurna bersama darah sehingga akan menyebabkan nutrisi tidak dapat diserap serta ginjal akan dapat mengalami gangguan. Jika hal ini dibiarkan terus menerus tanpa adanya upaya penanganan yang serius, maka hal ini akan dapat mengakibatkan kerusakan ginjal yang tergolong kronis, serta dapat memicu penyakit serius bagi organ tubuh lainnya.

6. Nyeri dada

Sebagian besar orang yang menderita penyakit jantung biasanya akan mengalami tanda-tanda seperti kondisi sakit pada dada bagian kiri atau bagian jantung yang seolah olah tertusuk-tusuk. Tanda-tanda ini juga cukup dirasakan oleh orang yang saat itu mengalami kondisi penyumbatan arteri, sehingga hal tersebut akan menyempitkan aliran darah sehingga juga akan menimbulkan rasa nyeri di dada.

7. Insomnia

Selain mengalami nyeri dada, seseorang yang mengalami penyakit jantung dan pertama kali merasakan adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri biasanya juga dapat mengalami Insomnia atau susah tidur saat malam hari. Pada umumnya insomnia terjadi karena seseorang sedang mengalami stress, depresi ataupun pengaruh kafein dari kopi.

8. Kebotakan

Hal lain yang dapat merupakan tanda awal terjadinya jantung tersumbat adalah kebotakan atau kerontokan rambut. Banyak penderita penyakit jantung yang mengalami hal ini, tidak hanya pada penderita yang berusia tua namun terkadang juga terjadi pada penderita beusia muda. Hal ini dikarenakan tidak lancarnya sirkuasi darah menuju kepala sehingga mengakibatkan terganggunya lapisan folikel pada kulit kepala.

9. Disfungsi ereksi

Selain kebotakan, penderita penyakit jantung khususnya para laki-laki dapat mengalami gangguan seksual seperti disfungsi ereksi. Ejakulasi dini, dan lain sebagainya. Gangguan ini berarti dapat menjadi tanda jantung tersumbat bagi orang yang mengalaminya.

10. Daun telinga berubah

Anda dapat memperhatikan daun telinga anda, daun telinga yang normal umumnya memiliki lipatan yang normal dan cenderung sama. Jika memang terjadi perubahan pada lipatan telinga, maka bisa saja hal tersebut merupakan tanda jantung tersumbat atau sirkulasi darah yang tidak sehat.

Baca Juga 15 Akibat Cegukan Yang Harus Anda Waspadai

Selain 10 tanda jantung tersumbat diatas, ada lagi 5 tanda jantung tersumbat lain yang harus anda ketahui, antara lain:

5 Tanda Jantung Tersumbat Lainnya:

11. Emosi meningkat
12. Sering gelisah
13. Sering sakit kepala
14. Kurang bisa berfikir secara normal
15 Nyeri pada pergelangan tangan

Diatas itulah 15 tanda jantung tersumbat yang perlu anda waspadai. Jika memang anda mengalami tanda awal jantung tersumbat diatas, segeralah pergi ke dokter terdekat untuk memeriksakan kondisi anda agar tidak menjadi penyakit lebih parah.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top