Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Tanda-Tanda Campak Paling Mudah Dilihat

Uncategorized

15 Tanda-Tanda Campak Paling Mudah Dilihat

Tanda-Tanda Campak – Campak merupakan penyakit infeksi virus yang beresiko menular pada siapa saja. Tanda tanda campak biasanya akan muncul sekitar satu minggu atau dua minggu setelah tertular virus. Jika tanda tanda campak terus diabaikan maka hal ini bisa mengancam jiwa penderitanya.

Untuk itu, penting sekali mengenali tanda tanda campak agar bisa melakukan pencegahan sebaik mungkin. Beberapa tanda campak yang bisa anda ketahui dari tubuh yang cepat lelah, selera makan menurun, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya, berikut tanda tanda campak yang penting anda ketahui.

Campak

1. Tubuh cepat lelah

Tanda tanda campak yang pertama adalah tubuh yang cepat lelah.  Tubuh yang terasa loyo, lemas dan tak bersemangat ditambah cepat lelah walaupun tak melakukan banyak aktivitas cukup menjadi alasan anda untuk memeriksakan diri. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda campak yang terjadi pada kalangan dewasa maupun anak-anak.

2. Muntah

Muntah akan dianggap sebagai hal yang wajar ketika lambung bermasalah. Namun, anda harus waspada karena muntah bisa menjadi tanda selanjutnya dari gejala campak. Ketika kondisi ini terus-terusan terjadi, anda perlu memeriksakan apakah anda memang terkena campak atau ada penyakit lain yang menyerang.

3. Selera makan menurun

Tanda campak tidak hanya merasa muntah, namun juga akan kehilangan selera makan. Selera makan yang terganggu dapat terjadi karena banyak hal, seperti terlalu banyak pekerjaan atau disebabkan oleh stres. Bahkan nafsu makan juga dapat berkurang karena adanya gangguan pencernaan, seperti penyakit maag dan asam lambung. Akan tetapi campak juga berpotensi cukup tinggi membuat selera makan anda menurun.

4. Tubuh pegal-pegal

Tubuh pegal-pegal dapat anda curigai sebagai salah satu tanda campak. Pegal-pegal biasanya dapat diatasi dengan memperoleh terapi fisik atau terapi pijat. Setelah mendapatkan perawatan tersebut, biasanya rasa pegal akan hilang. Tapi saat terapi fisik tak mempan dan tubuh masih tetap terasa tak enak, sebaiknya periksakan ke dokter. Lebih baik mencegah campak sebelum sampai pada komplikasinya.

Loading...

5. Hidung berair

Hidung berair juga menjadi ancaman sebagai tanda tanda campak. Pilek tanpa sebab yang jelas dan tak sembuh-sembuh selama berminggu-minggu dapat langsung anda periksakan ke dokter. Kemungkinan adanya gangguan pernapasan cukup besar, atau malah terkena virus campak.

6. Demam tinggi

Tanda tanda campak juga bisa dilihat dengan kondisi tubuh yang mengalami demam tinggi. Jangan anggap enteng ketika tubuh mengalami demam tinggi karena ada banyak kondisi serius yang diawali dengan suhu badan tinggi. Campak pun termasuk di dalamnya, dan setiap penderita campak pasti pernah mengalami tanda-tanda seperti ini.

7. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan meski bukan masalah yang berat namun bisa menjadi salah satu tanda dari penyakit campak. Jika sudah mencari cara untuk mengatasi sakit tenggorokan, tapi rasa sakit masih terus bertahan hingga 2 minggu atau lebih, sebaiknya anda mulai menemui dokter untuk memeriksakannya, karena kondisi seperti ini bisa jadi gejala awal penyakit campak.

8. Batuk kering

Tanda campak selanjutnya juga bisa diketahui ketika mengalami batuk kering. Batuk kering merupakan kondisi batuk biasa bila diberi obat batuk akan sembuh disertai dengan banyak istirahat. Namun jika setelah 2 minggu tak mereda, bisa jadi ada gangguan virus campak di dalam tubuh.

9. Mata memerah

Mata memerah juga bisa menjadi tanda yang cukup serius dari penyakit campak. Ketika anda mengalami mata merah dan tak mereda dalam waktu yang lama, kemungkinan bukan terjadi iritasi biasa. Coba rasakan apakah mata anda juga lebih sensitif terhadap sinar atau cahaya. Bila demikian, ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa anda menderita campak.

10. Tubuh terasa nyeri

Satu lagi tanda tanda campak yang perlu ditahui yaitu tubuh terasa nyeri. Rasa nyeri yang terjadi di bagian tubuh disertai dengan tanda-tanda lain seperti flu dan juga demam bisa jadi ini gangguan kesehatan yang wajar. Namun jika terlalu mengabaikan rasa nyeri ini selama beberapa minggu maka bisa menyebabkan terkena campak.

Tanda-Tanda Campak Lainnya :

11. Bercak kecil yang muncul dimulut dan tenggorokan
12. Diare
13. Ruam merah
14. Sensitif terhadap cahaya
15. Lemas dan letih

Penyakit campak ini sangat menular, untuk itu lebih baik anda bisa mengenali tanda tanda campak terlebih dulu sehingga anda bisa melakukan pencegahan mulai saat ini. Segera hubungi dokter, jika mencurigai anak anda menderita campak.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top