Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Penyebab, Pengobatan dan Tanda Tanda Sipilis

Uncategorized

7 Penyebab, Pengobatan dan Tanda Tanda Sipilis

Penyakit ini akan ditularkan pada orang yang telah melakukan hubungan intim dengan orang yang mengidap sipilis. Penularan sipilis bisa melewati vagina, oral maupun anal. Selain itu, penderita sipilis bisanya disebabkan oleh jarum suntik, bisanya untuk sesorang yang menggunakan tato ataupun narkoba untuk menggunakan narkoba. Hindari menggunakan narkoba dan menato, karena akan beresiko menularkan penyakit sipilis. Jadi, tetap waspada terhadap tanda tanda sipilis agar anda terhindar dari penyakit tersebut.

Sipilis adalah jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri treponema palladium. Sipilis juga akan ditularkan melalui ibu kepada bayinya saat kandungan. Bayi akan mengalami penyakit sipilis yang dialami ibunya walaupun sedang dalam kandungan. Maka dari itu, banyak bayi yang mengalami kematian bahkan sebelum dilahirkan. Ada beberapa tanda tanda sipilis, silahkan simak beberapa daftar berikut ini.

Tanda Tanda Sipilis, Tanda Tanda Penyakit Sipilis, penyebab dan Tanda Tanda Sipilis

1. Tahap Primer

Pada tahap primer, tanda sipilis akan muncul 3 minggu setelah bakteri yang menyebabkan sipilis masuk kedalam tubuh penderita. Tahap ini ditandai dengan munculnya luka yang tidak terasa sakit. Biasanya, luka terjadi pada tempat masuknya bakteri tersebut kedalam tubuh. Penderita pria akan mengalami luka pad daerah kelamin, tapi apabila penderita wanita akan muncul diluar daerah kelamin. Luka tersebut akan muncul selama 3 hingga 6 minggu,

2. Tahap Sekunder

Pada tahap sekunder, akan dijumpai ruam setelah luka sembuh atau bahkan sebelum terjadinya penyembuhan luka. Ruam tersebut biasanya muncul selama 2 hingga 12 minggu yang disertai dengan luka kecil pada selaput lendir. Ruam yang muncul biasanya memiliki warna yang lebih terang dibandingkan kulit penderita. Penderita juga akan mengalami demam, refleks tidak sesuai, kelumpuhan dan gerak bola mata tak beraturan.

3. Tahap Laten

Selanjutnya penderita sipilis akan mengalami tahap laten, dan pada tahap ini gejala nya tersembunyi dan tidak menunjukkan gejala yang berarti. Tahap ini bisa terjadi akibat tahap sebelumnya penderita tidak mengobati sipilis dengan benar. Kondisi pada tahap laten akan terjadi selama 1 hingga 20 tahun lamanya. Penderita akan diketahui melalui tes darah dan pada tahap ini sipilis bisa menular pada orang lain.

4. Tahap Akhir

Pada tahap akhir sipilis akan sangat menular apabila tidak segera diobati. Tahap akhir mungkin saja muncul sedini mungkin saat 1 tahun hingga seumur hidupnya. Ditandai dengan adanya gummata atau luka besar dalam tubuh serta kulit penderita, neuro sipilis juga akan terjadi yaitu suatu kondisi dimana sipilis akan mempengaruhi sistem saraf penderita.

Loading...

Jadi, untuk penderita sipilis, agar tidak menjadi lebih parah hingga tahap tahap selanjutnya maka perlu dilakukan penanganan dan pengobatan dengan tepat. Anda dapat mengobati melalui dokter anda dan juga dapat melakukan pengobatan alternatif dengan bahan herbal. Pengobatan juga perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya penularan dan pewarisan pada anaknya. Berikut ada beberapa pengobatan terhadap sipilis untuk berbagai tahap.

1. Pengobatan Untuk Ibu Hamil

Untuk ibu hamil, sipilis bisa diobati dengan menggunakan antibiotik yang pada umumnya tidak akan berpengaruh untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Di awal pengobatan menggunakan antibiotik, penderita akan merasakan Jarisch-Herxheimer, dikarenakan tersebarnya racun dari sel-sel bakteri yang dibunuh oleh antibiotik.

2. Pengobatan Pada Tahap Akhir

Pengobatan untuk penderita tahap akhir akan memakan waktu yang cukup lama, dan antibiotik diberikan melalui infus. Pada tahap akhir, pengobatan dilakukan untuk menghentikan bakteri pada tubuh, dan juga untuk memperbaiki dan mengobati kerusakan yang telah terjadi akibat sipilis.

3. Pengobatan Pada Wanita

Pengobatan untuk wanita beda cara pengobatannya. Pengobatan dapat dilakukan dengan penggunaan kondom. Setelah pengobatan dilakukan harus dipastikan tidak ada perkembangan dari anakan bakteri di dalam tubuh penderita sehingga penderita akan sembuh secara total.

Baca Juga 10 Penyebab dan Tanda Tanda Bronkitis

Itulah beberapa tanda tanda sipilis dan cara mengobatinya yang harus segera anda waspadai agar terhindar dari penyakit sipilis. Anda seharusnya menjaga pergaulan seks anda, karena sipilis menular melalui hubungan seks. Hubungi dokter anda apabila anda mengalami tanda tanda sipilis agar segera ditangani dengan tepat agar tidak berlanjut menjadi tahap yang lebih tinggi, dan menular lebih mudah.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top