Connect with us
close

Virtual.co.id

18 Bahaya Tidak Gosok Gigi Sebelum Tidur

Uncategorized

18 Bahaya Tidak Gosok Gigi Sebelum Tidur

Gosok Gigi atau Menyikat Gigi menjadi aktivitas wajib yang dilakukan manusia, setidaknya dua kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur. Menggosok gigi harus diajarkan pada anak sedini mungkin, sehingga ketika dirinya tumbuh dewasa sudah muncul sikap “patuh” dan “sadar diri” untuk gosok giginya tanpa diperintah. Meskipun jargon menyikat gigi selama ini adalah 2 kali sehari, namun sebenarnya kita bisa lebih dari itu. Disesuaikan dengan kebutuhan saja. Misalnya saat mandi juga boleh.

Gosok Gigi dapat membersihkan kotoran dan sisa makanan yang menempel dan menyelip di sela-sela dan permukaan gigi. Jika kotoran dan sisa makanan ini dibiarkan, efeknya bisa menyebabkan plak dan karang gigi. Ini terjadi akibat sisa kotoran tersebut terakumulasi bersama bakteri dan mengalami mineralisasi pengerasan (pengapuran). Kalau plak dan kalkulus (karang gigi) dibiarkan, maka dampaknya adalah akan menyebabkan karies alias lubang gigi dan kerusakan jaringan periodontal (gusi dan tulang penyangga gigi).

Padahal gosok gigi saja tidak cukup. Dokter gigi akan menyarankan setelah makan kita juga menggunakan Dental Floss alias Benang Gigi untuk menyapu kotoran yang terselip di antara sela-sela gigi. Dental Floss membantu sikat gigi dalam membersihkan. Bayangkan, bila dalam sehari atau lebih, kita tidak gosok gigi dan tidak pula flossing gigi? Wah, ini bahaya sekali. Bisa-bisa gigi jadi berlubang dan sakit. Berikut adalah 18 bahaya tidak gosok gigi sebelum tidur yang mesti kita ketahui:

1. Meningkatkan Kadar Keasaman Mulut

Ternyata tidak menggosok gigi menyebabkan kadar keasaman dalam mulut naik. Ini cukup bahaya untuk kesehatan karena bisa menyebabkan kita jadi kena berbagai gangguan pencernaan. Sebab, asam yang meningkat dalam tubuh bisa merusak sistem pencernaan memang. Ketika asam dalam tubuh kita meningkat, organ tubuh seluruhnya juga bisa rusak.

2. Membuat Bakteri Semakin Aktif Beraksi

Bakteri sangat suka kondisi mulut yang asam. Pantaslah bila bakteri mampu membuat gigi geligi menjadi rusak. Karena memang mereka semakin aktif bekerja mengeroposi gigi. Maka dari itu, biasakan untuk gosok gigi sebelum tidur.

3. Mengalami Sakit Gigi

Tidak gosok gigi sebelum tidur juga akan membuat kita alami sakit gigi. Jelaslah karena gigi kita kadung rusak karena aktivitas bakteri tadi. Tahukah kamu bahwa sewaktu manusia tidur, bakteri-bakteri itulah yang makin aktif bekerja. Makanya kita sebaiknya mengondisikan mulut dalam kondisi bersih sewaktu tidur dengan cara mengikat gigi sebelum tidur.

Loading...

4. Terkena Halitosis Alias Bau Mulut

Halitosis alias bau mulut bisa saja terjadi. Ini disebabkan karena mulut dalam kondisi penuh bakteri dan sisa makanan. Ditambah karies dan penumpukkan kalkulus, alhasil bau mulut menjadi tak tertahankan. Bahwa diri kita sendiri bisa mencium bau tidak sedap itu. Sungguh sangat bahaya.

5. Gigi Menjadi Menguning dan Pudar Warnanya

Tidak sikat gigi sebelum tidur akan menyebabkan warna gigi jadi pudar dan menguning. Ini tentu saja sangat tidak sedap dipandang. Maka dari itu, bila kamu mendambakan gigi yang putih berseri seperti para artis, maka kamu harus rajin membersihkan gigimu.

6. Nyeri Gigi Ketika Bangun Tidur

Ketika kita bangun tidur, kadang rasa nyeri gigi juga terjadi. Ini terjadi karena sebelum tidur pastilah kita tidak gosok gigi. Alhasil kuman-kuman semakin membuat dalam lubang di gigi hingga menembus lapisan dentin. Maka dari itu, kita jadi merasakan nyeri.

7. Munculnya Plak Pada Gigi

Plak pada gigi terjadi karena kita malas gosok gigi sebelum tidur. Lama-lama plak ini bisa menjadi karang gigi.

 8. Menumpuknya Kalkulus atau Karang Gigi

Plak pada gigi dan karang gigi atau kalkulus terjadi karena akumulasi sisa makanan yang tidak dibersihkan sehingga mengalami proses mineralisasi. Untuk membersihkan kalkulus ini kita mesti melakukan treatment scaling ke dokter gigi.

9. Gigi Berlubang

Ya, sudah pastilah tidak gosok gigi sebelum tidur menyebabkan gigi berlubang.

10. Rapuh dan Patah Gigi

Dan pada akhirnya mengalami rapuh dan patah yang menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga: 18 Bahaya Memakai Lipstik untuk Bibir

8 Bahaya Tidak Gosok Gigi Sebelum Tidur yang Lainnya:

11. Gangguan Jantung
12. Kerusakan Sistem Pencernaan
13. Naiknya Asam Lambung
14. Memperburuk Asam Lambung
15. Kerusakan Mahkota Gigi
16. Menipisnya Lapisan Email Gigi
17. Memicu Terjadinya Bruxism
18. Tidur Tidak Nyenyak dan Mimpi Buruk

Demikianlah bahayanya bila kita tidak sikat gigi menjelang tidur. Dari berbagai bahaya di atas, seharusnya sudah bisa memberikan gambaran tentang betapa mengerikannya efek mengabaikan moment sikat gigi ketika akan tidur.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top