Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Tidur di Lantai untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya Tidur di Lantai untuk Kesehatan

Tidak semua orang mempunyai ruangan untuk bersantai yang ada sofanya di rumah. Bagi mereka yang memiliki sofa untuk bersantai mungkin tidak ada masalah. Sedangkan bagi orang yang tidak memiliki sofa di rumah ini menjadi masalah.  Mereka yang tidak memiliki sofa di rumah akan tidur dilantai untuk menonton televisi di malam hari atau hanya sekedar bermain handphone. Jika dalam beberapa menit mereka lalu berdiri mungkin tidak apa-apa,  tetapi bagaimana ketiduran dilantai sampai berjam-jam?

Masalah tidur di lantai ini mungkin masih dianggap sepele oleh beberapa orang yang tidak tau dampaknya. Dampak tidur dilantai sangatlah berbahaya untuk kesehatan tubuh kita.  Berikut ini adalah  bahaya tidur dilantai untuk kesehatan:

1. Mengalami Pneumonia

Tidur di lantai bisa menyebabkan kita kena pneumonia. Ini adalah suatu penyakit yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung udara di paru-paru. Pneumonia biasa disebut pula sebagai paru-paru basah. Ini adalah sebuah penyakit yang begitu bahaya karena bisa mengancam nyawa jika dibiarkan.

2. Terkena Masuk Angin

Sudah tentu tidur di lantai bisa menyebabkan kita masuk angin. Tahukah kamu bahwa masuk angin yang sudah kronis itu bahaya. Orang yang kena masuk angin harus segera ditangani karena kalau tidak, organ dalamnya bisa rusak. Maklum, udara yang terperangkap di dalam tubuh kita itu bisa-bisa malah jadi merusak organ dalam, seperti jantung dan paru-paru.

3. Jadi Sesak Nafas

Tidur di lantai akan menyebabkan kita jadi sesak nafas. Tahukah kamu bahwa sesak nafas itu tidak selalu disebabkan karena asma. Bahkan kebiasaan tidur yang buruk seperti tidur di lantai ini juga bisa mengakibatkan kita sesak nafas. Bahkan bisa berkembang penyakitnya menjadi asma. Untuk itu, kita tak harusnya melanjutkan kebiasaan-kebiasaan ini.

4. Nyeri Tulang Belakang dan Dada

Nyeri tulang belakang dan dada juga akan terjadi bilamana kita tidur di lantai. Rasa nyeri ini sungguh akan membuat kita tersiksa. Jangan pernah kamu malah memijat atau kerokan karena nyeri macam ini. Yang ada malah jadi tambah sakit.

Loading...

5. Tidur Tidak Nyenyak

Orang yang tidur di lantai, tidurnya jadi tidak nyenyak. Mengapa begitu? Karena seseorang akan mengalami mimpi buruk akibat tekanan di tubuhnya. Peredaran darah dan oksigen yang tidak lancar ke otak juga menimbulkan gangguan tidur. Misalnya seseorang jadi menyadari fase REM dalam fase tidurnya, yang mengakibatkan gejala ketindihan.

6. Merasa Kedinginan

Kedinginan dapat terjadi sebagai bahaya tidur di lantai. Rasa dinginnya ini sungguh menusuk tulang. Apalagi kalau memang cuaca sedang dingin, maka sebaiknya kita tidur di kasur saja. Namun seandainya kita mesti tidur di lantai, maka pakailah baju yang hangat dan alas tidur yang tebal.

7. Bangun Tidur Badan Jadi Pegal-Pegal

Tidur di lantai juga membuat bangun tidur jadi pegal-pegal badan kita. Ini karena tulang semalaman dalam posisi tertekan. Salah urat juga bisa terjadi. Untuk itu, janganlah lagi melakukan kebiasaan buruk tidur di atas lantai begini, ya!

8. Kena Serangan Jantung

Serangan jantung akan terjadi pada orang yang tidur di lantai. Jangan dikira yang bisa kena serangan jantung hanya orang yang punya riwayat penyakit jantung. Itu tidak benar, karena ternyata semua orang beresiko kena serangan jantung.

9. Gangguan Sistem Peredaran Darah

Gangguan peredaran darah akan terjadi pada orang yang tidur di lantai. Tahukah kamu bahwa tidur di lantai itu akan menyebabkan darah tertekan dan menggumpal. Ini efeknya akan langsung membuat tekanan darah jadi naik atau malah rendah. Kadar HB juga akan menyusut drastis. Ini tentunya sangat bahaya sekali, bisa mengancam nyawa.

10. Mengalami Mimpi Buruk

Inilah yang cukup banyak dialami orang. Mimpi buruk akan terjadi dalam kondisi tidur manusia yang tertekan. Otak akan gagal menuju fase rileks. Bahkan kondisi Rapid Eye Movement (REM) saja bisa akan dirasakan sebagai suatu sensasi menyeramkan, macam ketindihan hantu saja.

Baca Juga: 15 Dampak Kecanduan Nonton TV untuk Kesehatan

5 Bahaya Tidur di Lantai di Lainnya:

11. Mengalami Sleep Paraysis
12. Sakit Kepala
13. Nyeri Tulang
14. Badan Jadi Lesu
15. Gangguan Emosi

Masalah tidur di lantai yang sering dianggap sepele ternyata sangat berbahaya ya untuk kesehatan tubuh kita. Untuk itu hindarilah tidur dilantai dalam waktu yang lama,  jika kamu tidak mau kamu sakit dan nyawa kamu terancam. Walau rumah kamu tidak ada sofanya, mungkin karpet bisa menjadi alas tidur pengganti sofa. Tetaplah hidup sehat dan cintai tubuhmu kawan.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top