Connect with us
close

Virtual.co.id

Tips Ampuh Samarkan Bekas Luka

Uncategorized

Tips Ampuh Samarkan Bekas Luka

Tidak ada orang yang terlahir sempurna dengan kulit putih, mulus dan bersinar seperti yang terlihat di layar televisi atau majalah. Sebab, sudah melalui proses photoshop, make up atau filter yang mampu membuat siapapun bak ratu kecantikan. Apalagi jika terkena luka, pasti menimbulkan bekas di kulit yang membutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya.

Banyak orang yang mengatakan ada resep yang ampuh menghilangkan bekas luka. Tapi itu tidak benar, yang benar adalah bisa menyamarkan bekas luka. Saat kulit mengalami luka, jaringan kulit membentuk lapisan pelindung pada sekitar luka. Nah, sistem kekebalan tubuh akan membantu menyamarkan bekas luka tersebut walaupun dalam waktu lama.

Untuk mempercepatnya, kamu bisa gunakan bahan alami ini yang cukup efektif dalam menangani bekas luka atau lukanya. Sebelum kamu menerapkan ramuan alami samarkan bekas luka, pastikan agar kamu membersihkan daerah sekitar luka.

 

7 bahan alami untuk samarkan bekas luka

Daun neem atau intaran
Daun neem mempunyai antifungal atau anti-jamur dan anti-bakteri yang mampu meredakan peradangan yang terjadi dan mencerahkan bekas luka. Daun ini dianggap efektif oleh beberapa orang dalam membantu menyamarkan bekas luka.

Caranya, siapkan beberapa helai daun neem dan air secukupnya. Lalu haluskan daun neem dan campur dengan air. Kemudian, terapkan ke bagian lukamu dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dan keringkan. Dengan melakukannya secara rutin maka, kulitmu kembali cerah dan halus seperti semula.

Tomat
Di dalam tomat, terdapat likopen dan atioksidan yang cukup tinggi. Keduanya akan bekerjasama untuk melembutkan kulit bekas luka, mengangkat sel kulit mati serta mencerahkan kulit. Pilihlah tomat yang sudah masak, lalu potong menjadi beberapa bagian. Letakkan potongan tomat itu ke area lukamu dan biarkan sampai air tomat mengering. Kemudian, bilaslah dan keringkan, lakukan hal ini setiap pagi sampai luka benar-benar samar.

Loading...

Minyak rosemary
Kandungan sifat anti-bakteri, anti-septik dan anti-jamur di dalam minyak rosemary dapat menyamarkan bekas luka yang memperburuk kulit. Caranya, pijat area kulit yang mengalami luka menonjol dengan minyak itu selama 15 menit setiap pagi. Jangan dibilas atau dibersihkan, biarkan saja agar minyaknya diserap oleh kulit. Minyak itu mempunyai aroma mawar lembut yang segar dihirup.

baca juga :  Cukup Dengan Bahan Alami Ini, Pori-Porimu Akan Mengecil Seketika

Kunyit
Sama halnya dengan minyak rosemary, kunyit juga manjur menangani bekas luka. Sebab, mengandung zat anti-oksidan yang bisa meresap ke lapisan kulit dalam dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Caranya, campurkan 1sdt kunyit bubuk dan 1sdt susu. Setelah tercampur, aplikasikan pada area kulit yang terluka dan biarkan sampai 20 menit. Lalu bilas dan lakukan secara rutin dua kali sehari.

Yoghurt alami
Asam laktat yang terdapat pada yoghurt berfungsi untuk menghaluskan kulit, menyembuhkan peradangan serta mencerahkan bekas luka. Siapkan yoghurt dan kunyit secukupnya. Lalu campurkan dan setelah rata, terapkan ke kulitmu yang mengalami infeksi. Diamkan selama 20 menit dan bilas sampai bersih. Lanjutkan juga dengan memijatnya menggunakan minyak kelapa agar hasil maksimal.

Lidah buaya
Sudah banyak yang tahu jika lidah buaya bisa memperbaiki sel kulit rusak atau mati dan merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru. Sehingga, sangat tepat digunakan untuk menyamarkan bekar luka. Ambillah gel lidah buaya lalu oleskan ke area lukamu. Pijat dengan lembut selama 5 menit dan diamkan sampai kulit terasa lunak. Bilas menggunakan air dingin dan lakukan 2 kali sehari.

Minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat menjaga kelembaban kulit dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya, hanya dengan memijat bekas lukan menggunakan minyak zaitun setiap hari. Jangan langsung dibilas, biarkan kandungannya terserap oleh kulit dulu.

Demikian ulasan tentang bahan alami yang ampuh samarkan bekas luka. Info ini bisa kamu terapkan sendiri di rumah menggunakan bahan yang murah dan tidak menimbulkan efek samping seperti halnya produk kecantikan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top