Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Obat Infeksi Saluran Kemih Paling Mujarab

Uncategorized

15 Obat Infeksi Saluran Kemih Paling Mujarab

Obat Infeksi Saluran Kemih – Ginjal adalah salah satu organ penting tubuh yang bertugas menyaring dan mengeluarkan zat berbahaya dan beracun melalui urine. Infeksi pada saluran kemih dapat menyebabkan gagal ginjal. Gunakan obat infeksi saluran kemih agar mencegah penyakit ginjal.

Infeksi saluran kemih lebih sering dialami oleh wanita. Alasannya adalah karena letak uretra dan anus yang berdekatan. Saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Adanya infeksi menunjukkan serangan jamur, bakteri, atau virus pada saluran ini, sementara imunitas tubuh tidak mampu lagi melawannya. Simak obat infeksi saluran kemih berikut ini.

Obat Infeksi Saluran Kemih

1. Air Putih

Minum air putih secara teratur setiap hari bisa menjadi obat infeksi saluran kemih awal. Delapan hingga sepuluh gelas per hari dapat membantu menghilangkan bakteri melalui urine yang dikeluarkan. Dengan meminum banyak air putih, urine akan lebih sering dikeluarkan dan urine menjadi lebih tidak pekat, pertanda bakteri penyebab infeksi dikeluarkan, sehingga membantu pulih lebih cepat.

2. Peterseli

Peterseli dapat digunakan sebagai obat infeksi saluran kemih karena kaya akan sodium, potasium, riboflavin, tiamin, zat tembaga, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Jus peterseli adalah solusi terbaik untuk membersihkan racun yang ada pada ginjal.

Rebus 10 lembar daun peterseli dengan air secukupnya hingga mendidih selama beberapa saat. Saring, dan minum airnya setelah dingin. Jus peterseli dapat menjadi obat rumahan yang efektif untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih.

3. Jahe

Jahe mengandung gingerol yang merupakan antibakteri kuat, sehingga mampu melawan aktivitas bakteri dalam ginjal. Wedang jahe dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih. Cukup minum wedang jahe hangat secara rutin pada pagi dan malam hari.

Loading...

4. Kumis Kucing

Rebus 10 lembar daun kumis kucing bersama air secukupnya. Biarkan air mendidih selama beberapa menit, lalu angkat. Minum airnya selagi hangat, dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

5. Kunyit

Rempah ini mengandung zat kurkumin yang memiliki sifat anti-jamur, anti-inflamasi, dan anti-bakteri. Ketiga sifat zat ini berperan untuk menghambat seluruh jenis mikroba, sehingga kunyit efektif dalam mengobati infeksi saluran kemih. Caranya, cukup minum susu yang dicampur dengan bubuk kunyit.

6. Vitamin C

Buah jeruk mengandung vitamin C yang berlimpah, yang berguna untuk meningkatkan jumlah asam pada ginjal. Hal ini penting untuk mengobati infeksi saluran kemih karena bakteri akan sulit untuk tumbuh dan berkembang. Waktu yang paling dianjurkan untuk mengkonsumsi buah bervitamin C adalah setiap pagi hari setelah sarapan.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan sumber kalium yang dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air. Bisa dipermanis dengan menambahkan madu. Minum dua kali sehari selama beberapa hari.

8. Baking Soda

Baking soda atau soda kue dapat meningkatkan asam-basa urine yang bersifat asam dan meredakan nyeri. Menetralkan keasaman urine juga akan membantu mempercepat pemulihan. Cukup tambahkan satu sendok the baking soda dalam segelas air dan minum sekali atau dua kali sehari.

9. Blueberry

Blueberry, atau Vaccinium corymbosum, adalah tanaman semak asli Amerika Utara. Buah ini memiliki sifat menghambat bakteri sehingga dapat membantu dalam pengobatan infeksi saluran kemih. Antioksidan dalam blueberry baik untuk imunitas.

10. Nanas

Makan secangkir nanas secara teratur dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih. Dapat juga dilakukan dengan membuat jus dari setengah buah nanas lalu meminumnya. Cara terbaik adalah menggunakan nanas segar karena buah kalengan kemungkinan besar telah terpapar bahan pengawet.

Bahan-bahan obat infeksi saluran kemih di atas hanya membantu mengurangi tingkat keparahan infeksi. Iringi pengobatan ini dengan obat bawaan dokter. Bahan-bahan lainnya yang dapat digunakan sebagai obat infeksi saluran kemih adalah:

11. Jus Cranberry
12. Probiotik

Selain mengkonsumsi obat infeksi saluran kemih, jaga selalu kebersihan organ tubuh terutama setelah buang air. Kurangi mandi dengan menggunakan bathtub. Sebagai gantinya, gunakan gayung atau siram tubuh dengan air yang keluar dari shower.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top