Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

5 Tips Efektif Dalam Menyelamatkan Bayimu dari Gigitan Nyamuk

Uncategorized

5 Tips Efektif Dalam Menyelamatkan Bayimu dari Gigitan Nyamuk

Penyakit pada bayi akan mudah menyebar melalui gigitan nyamuk, kutu dan kecoa. Sebab, tidak ada antivirus atau vaksinasi untuk memberikan perlindungan dan pertahanan terhadap penyakit yang disebabkan oleh perantara itu. Maka, sangat perlu menyelamatkan bayi dari gigitan nyamuk atau semacamnya.

Ibu hamil, bayi dan anak sangat rentan dari penyakit akibat gigitan nyamuk, kecoa dan kutu. Jika orang tua sakit, masih bisa tahu apa yang dikeluhkan. Tapi, jika bayi pasti sulit mengetahui penyakitnya, mereka hanya bisa menangis tanpa mengeluhkan sesuatu. Lantas apa yang harus kita lakukan agar bayi bisa terhindar dari penyakit akibat gigitan nyamuk?

Inilah cara efektif menyelamatkan bayi dari gigitan nyamuk

Berikan pakaian yang menutupi tangan dan kaki
Kenakan pakaian yang menutupi tangan dan kaki bayimu, supaya nyamuk tidak bisa menjangkiti tubuhnya. Pilihlah pakaian yang menutupi dari kepala sampai kaki bayi. Di pasaran sudah banyak beredar pakaian lengkap dengan topi. Pilih juga yang berwarna terang, karena nyamuk tidak menyukai warna itu. Pakaikan juga sarung tangan dan kaos kaki agar tidak dihinggapi nyamuk pada bagian itu.

Pastikan perlindungan yang memadai di kamar
Untuk bayi yang berusia 4-12 bulan kamu bisa melindunginya dengan menutup tempat tidurnya menggunakan kelambu. Hal ini mampu menjaga bayimu sepanjang waktu saat sedang tidur atau bermain di box bayi. Kamu juga perlu membersihkan dan mengganti air pada pot tanaman, wadah atau bejana yang kosong dan menjaga saluran di kamar mandi. Dengan begitu tidak ada genangan air di lingkungan kamar bayimu.

Adanya genangan air walau bersih tetap bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Oleh sebab itu, kamu harus membersihkan semua tempat untuk menghambat penyebaran penularan penyakit akibat serangga ini. Berilah jendela kamarmu jaring nyamuk, sehingga tidak ada nyamuk yang masuk dengan bebas.

Loading...

Waspada ketika berada di luar ruangan
Usahakan untuk tidak membawa bayimu ke tempat yang kotor dan rawan nyamuk. Apabila kamu terpaksa membawanya, pakailah kendaraan yang nyaman dan berikan pakaian tertutup. Kalau kamu menggunakan kereta dorong, pasanglah jaring untuk menutupi semua bagian terbuka. Itu akan membuat bayimumenjadi aman dari sengatan serangga atau gigitan nyamuk di luar ruangan.

baca juga :  10 Cara Mudah Terbebas Dari Nyamuk dan Mencegah Demam Berdarah

Gunakan pembasmi nyamuk yang aman untuk bayi
Mungkin bahan kimia yang ada di dalam obat nyamuk termasuk zat-zat yang berbahaya bagi bayi. Kamu bisa mengaplikasikannya kepada bayi yang berusia 6 bulan ke atas. Pilihlah obat nyamuk yang dari bahan herbal untuk menyelamatkan bayi dari gigitan nyamuk. Sekarang ini sudah banyak beredar lotion anti nyamuk yang aman untuk bayi. Tapi, kamu masih perlu memeriksa beberapa kandungannya dan efeknya bagi kesehatan bayi. Jika memungkinkan konsultasikan kepada dokter agar lebih jelas dan yakin dalam mengaplikasikannya.

Jaga kebersihan lingkungan
Biasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan rumah, pastikan semua lubang atau wadah tidak tergenang air. Kuburlah barang bekas seperti bahan plastik untuk mencegah demam berdarah. Periksalah setiap sudut rumahmu, kalau perlu tanamlah tumbuhan penolak nyamuk. Lingkungan yang bersih dapat menciptakan kesehatan bagi semua orang yang tinggal disana.

Itulah cara menyelamatkan bayi dari gigitan nyamuk supaya bisa terhindar dari berbagai penyakit vektor. Terutama penyakit demam berdarah dan virus zika yang bisa menyebabkan kematian pada bayi. Jadi, tunggu apalagi segera praktikkan cara tersebut di rumahmu. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top