Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Bahan Alami Ini Sangat Membantu Penderita Bipolar Disorder

Uncategorized

6 Bahan Alami Ini Sangat Membantu Penderita Bipolar Disorder

Penyakit bipolar disorder adalah gangguan mental yang menyerang psikir seseorang. Kondisi ini ditandai oleh perubahan suasana hati yang ekstrim berupa depresi, dalam istilah medis sebelumnya disebut manic depressive. Gangguan bipolar sering disebut juga depresi akut. Walaupun nampaknya berbahaya tapi gangguan ini bisa disembukan.

Salah satu gejala bipolar yang paling umum adalah seseorang yang sedang mempunyai suasana hati riang, tiba-tiba berubah menjadi marah dalam waktu singkat. Tentu bukanlah hal mudah bagi orang-orang yang hidup bersama penderita bipolar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang mengalami bipolar disorder. Tapi, sampai saat ini belm diketahui secara pasti faktor utama penyebabnya.

Sebagian dari mereka disebabkan karena faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, stres dan pengalaman traumatis. Obat untuk mengatasi penyakit bipolar ini telah banya ditemukan, tapi beluam ada suplemen yang tepat daripada bahan alami. Beberapa kandungan dari bahan alami ini dipercaya mampu mengatasi gangguan bipolar.

Inilah 6 bahan alami yang ampuh mengatasi gangguan bipolar

Minyak ikan

Di dalam minyak ikan terkandung asam lemak omega 3. Selain itu, juga mempunyai sumber DHA dan EPA yang tinggi, berguna untuk merangsang produksi hormon dengan baik dan menyehatkan jaringan saraf. Selain minyak ikan, bisa juga diganti dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin.

Daun brahmi

Loading...

Ramuan dari daun brahmi dikenal dengan bacopa. Daun ini amat baik untuk penderita bipolar disorder, karena kandungannya berfungsi sebagai obat penenang. Manfaatnya adalah meningkatkan memori serta meredakan ketegangan mental pada penderita. Agar lebih nikmat buatlah daun brahmi ini sebagai jus atau ekstrak. Atau jika ingin sensasi  yang luar biasa, jadikan daun brahmi sebagai minyak lalu gunakan untuk memijat tubuh.

Ashwagandha

Ashwagandha merupakan tanaman obat berasal dari India yang telah digunakan untuk berbagai macam pengobatan. Penelitian menunjukkan jika ramuan ashwagandha membantu penyembuhan gejala gangguan bipolar. Kandungan di dalamnya membuat kinerja otak lebih baik dan dapat meningkatkan memori serta meningkatkan reaksi sosial yang baik.

baca juga :  9 Tanda Ini Mengartikan Jika Diabetes Mengintaimu

Akar valerian

Akar valerian ini bermanfaat sebagai obat penenang yang sangat baik untuk sistem syaraf penderita bipolar. Akar ini menjadi solusi yang tepat karena mengurangi gangguan mood dan gangguan tidur pada penderita gangguan bipolar. Sehingga tercipta perasaan senang, tenang dan ketegangan saraf pun berkurang. Di pasaran sudah mulai banyak yang menjual akar valerian ini, baik berbentuk kantong teh ataupun kapsul.

Bunga

Yang paling utama dibutuhkan oleh penderita gangguan ini adalah memiliki otak yang tenang dan rileks. Bunga bisa membuat penderita bipolar tenang dan tidur dengan nyenyak. Bunga tidak mempunyai efek samping yang membahayakan sehingga baik sekali dikonsumsi oleh penderita. Ada baiknya sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi bunga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Biasanya bunga akan terasa nikmat jika dicampurkan ke dalam teh.

Makanan mengandung magnesium

Penting bagi penderita bipolar disorder mengkonsumsi megnesium. Sebab, magnesium dapat menjadikan kualitas tidur lebih baik dan mampu mengurangi stres secara drastis. Sehingga, jadikanlah makanan yang mengandung magnesium sebagai menu utama pada penderita gangguan ini.

Adapun makanan yang mengandung magnesium yakni rempah-rempah, buah alpokat, labu, susu, tomat, kacang-kacangan, sayuran hijau dan lainnya.

Dengan mengetahui makanan atau bahan alami bagi penderita bipolar disorder, membuatmu bisa merawat penderitanya secara baik.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top