Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Makanan yang Mengandung Ribuan Cacing dan Mencegah Penyebarannya

Uncategorized

6 Makanan yang Mengandung Ribuan Cacing dan Mencegah Penyebarannya

Untuk menjaga kesehatan kamu perlu mengetahui makanan mana yang sehat dan makanan yang mengandung cacing yang banyak.  Selain tahu makanan mana yang layak dikonsumsi kamu juga perlu belajar memasak bahan makanan dengan benar. Kamu juga harus bisa menentukan kualitas makanan dan mempertimbangkan asupan nutrisi di dalamnya.

Demi mempunyai tubuh sehat berenergi kamu mesti mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat. Bagi sebagian orang mungkin lebih senang makan makanan yang mentah daripada dimasak. Mungkin mereka berpendapat bahwa dengan mengkonsumsi makanan mentah akan memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Padahal sebenarnya tidak begitu, bagaimana jika makanan itu mengandung cacing dalam jumlah yang banyak. Kalau tidak dimasak tentu semua cacing masih hidup dan dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Kemudian, cacing-cacing tersebut menggeregoti tubuh dan menyebabkan berbagai masalah atau gangguan kesehatan.

Baru-baru ini ada seorang anak perempuan bernama Xiao Yan, dia menderita sakit kepala selama 6 bulan. Karena sudah tidak tahan lagi, akhirnya dia memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyakit apa yang didertia olehnya. Setelah dokter melakukan pemeriksaan, ternyata menemukan cacing sedang melayang-layang di otaknya.

Mengetahui hal itu, dokter melakukan cek kesehatan lebih lanjut untuk mengetahui apa penyebabnya. Dokter memberikan pernyataan, mungkin Xiao Yan sering makan dagin atau sayuran mentah yang mengandung cacing di dalamnya. Yang mengakibatkan telur cacing dari saluran pencernaan masuk ke jaringan otak melalui aliran darah.

Begitu mengerikannya, jika kita atau keluarga mengalami kondisi tersebut. Coba bayangkan saja cacing-cacing itu berkeliaran di dalam tubuh, apalagi tubuhnya sangat kecil, pasti sangat susah dikeluarkan. Oleh karena itu sangat penting menghindari makanan yang mengandung cacing. Lantas makanan apa saja itu?

Loading...

6 makanan yang mengandung banyak cacing

Sudah semestinya kita menghindari bahaya dari makanan-makanan yang memberikan efek buruk bagi kesehatan. Berikut ini makanan yang harus kamu perhatikan dalam mengkonsumsinya!

  1. Siput mentah
  2. Steak yang dimasak seperempat matang atau rare
  3. Udang karang mentah
  4. Keong mentah
  5. Daging domba mentah
  6. Ikan air tawar mentah

6 makanan tersebut mengandung banyak cacing, sehingga kamu harus memasaknya dengan matang sebelum mengkonsumsinya. Selain itu, lakukan pengolahan yang tepat. Dengan begitu, kandungan parasit atau cacing di dalamnya tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan konsumsi makanan tersebut dalam kondisi mentah.

Setiap makanan mempunyai dampak baik dan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Untuk itu, kamu perlu juga memperhatikan kondisi tubuh saat memakannya. Berhati-hatilah dalam memilah-milah makanan bagi tubuh. Ketahui juga cara mencegah penyebaran cacing ke dalam tubuh.

baca juga : 10 Makanan Sehat Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

 

Cara mencegah penyebaran cacing ke tubuh

  • Biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum memasak dan makan.
  • Bekukan daging dengan suhu -20⁰ celcius selama 24 jam untuk mematikan telur cacing pita.
  • Jika belanja pilihlah daging dan ikan segar, lalu masak sampai benar-benar matang dan diamkan 30 menit sebelum memakannya.
  • Cuci sayur dan buah hingga bersih.
  • Apabila mempunyai binatang piaraan yang terinfeksi cacing pita, maka segera obati hingga sembuh. 

Itulah makanan yang mengandung cacing dan cara mencegah penyebarannya ke tubuh. sehingga, informasi ini memberikanmu manfaat dalam mengkonsumsi makanan dan membuatmu lebih peduli pada kesehatan tubuh. Jika merasakan gejala-gejala penyakit yang tidak biasa karena salah makan secepatnya periksakan diri ke dokter.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top