Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Langkah Sehari-Hari Untuk Mencegah Penyakit Stroke

Uncategorized

7 Langkah Sehari-Hari Untuk Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke termasuk salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang orang secara tiba-tiba. Sama halnya dengan serangan jantung, penyakit stroke juga dapat mengancam jiwa penderitanya. Stroke disebabkan karena terganggunya atau tersumbatnya aliran darah ke otak, sehingg sel-sel mati atau rusak. Nah, sel yang mati atau rusak pada otak berpengaruh pada fungsi anggota tubuh yang terkait. Untuk itu, kamu perlu tahu cara mencegah penyakit stroke dalam kehidupan sehari-hari.

Memang hingga saat ini belum ditemukan obat yang ampuh menangani penyakit ini, tapi masih bisa diobati dan dicegah supaya tidak bertambah parah. Hal itu tergantung dari niat dan kemauan kamu dalam menjaga kesehatan tubuh. Adapun gejala yang ditimbulkan akibat stroke dan tidak bisa dihindari adalah wajah merot dan fungsi sebagian atau semuanya menjadi lemah. Terkadang juga membuat tangan dan kaki tidak bisa digerakkan, sulit berbicara dan mudah emosi.

Kerusakan sel yang ditimbulkan oleh stroke pada tubuh penderitanya bisa menjadi besar. Sehingga, jangan anggap remeh gejala sekecil apapun yang terjadi. Beberapa keadaan penyebab stroke adalah gagal jantung dan kelainan pembuluh darah yang tidak bisa dikendalikan. Namun, bukan berati tidak bisa dicegah, karena kamu mempunyai kesempatan besar untuk mencegah penyakit stroke.

Mulai sekarang, perhatikan pola makanmu, ganti dengan makanan sehat bernutrisi. Kurangi asupan lemak jahat, makanan cepat saji dan minuman bersoda karena bisa memicu adanya penyumbatan pembuluh darah yang merupakan salah satu penyeba stroke. Selain itu, ada cara lain yang harus kamu lakukan sehari-hari untuk mencegah stroke. Simak yuk, ulasannya!

Cara mencegah penyakit stroke

Olahraga secara rutin
Olahraga termasuk kunci terpenting untuk membuat tubuh sehat  dan terhindar dari berbagai penyakit. Manfaatnya antara lain membakar kalori, mengontrol tekanan darah agar tetap normal, meremajakan kulit dan membuatmu selalu nampak bugar dan dapat mengurangi resiko terkena stroke.

Diet sehat
Mengontrol berat badan dan melakukan pola hidup sehat bisa termasuk cara mencegah penyakit stroke. Sebab, tumpukan lemak bisa melemahkan jantung dan menghambat peredaran darah yang bisa memicu terjadinya serangan stroke. Jadi, sangat penting menjaga tubuhmu agar selalu ideal dan menjaga diri dari penyebab penyakit stroke.

Loading...

Kontrol tekanan darah secara rutin
Orang yang mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi cenderung mempunyai raesiko lebih besar terserang stroke. Hipertensi ini bisa menempatkanmu dalam posisi yang terancam. Jadi, usahakan seminggu sekali periksa tekanan darahmu. Jika sedang tinggi lakukan olahraga atau kurangi asupan garam. Apabila sedang rendah segera normalkan dengan mengkonsumsi makanan sehat tentunya.

Kontrol kadar gula darah
Cara terbaik untu mencegah penyakit stroke adalah dengan mengontrol kadar gula darah dan pastikan tetap dalam jumlah normal. Apabila kadar gula naik terus-menerus akan mengancam pembuluh darah yang memicu serangan stroke. Terlebih lagi bagi kalian yang sudah menderita diabetes, sebaiknya lebih dijaga asupan gula nya.

baca juga : 1 Bulan Sebelum Serangan Jantung Berlangsung, Tubuh Akan Menunjukkan Gejala Ini

Hindari merokok
Jika kamu perokok, cobalah secara perlahan menghilangkan kecanduan rokok itu. Karena fakta membuktikan bahwa orang yang merokok beresiko paling tinggi terkena stroke. Salah satu akibat rokok yang berbahaya adalah penyempitan pembuluh darah dan itulah yang menjadi penyebab stroke.

Pantau kadar kolesterol
Jaga supaya kadar kolesterol tetap dalam kadar normal, terutama kadar kolesterol jahat. Selain bisa mencegah penyakit stroke juga dan membuatmu terhindar dari masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung. Cek secara rutin kadar kolesterolmu jangan sampai melebih kadar normal.

Jangan sampai stres
Selain tekanan darah tinggi, stres juga menjadi penyebab utama serangan jantung dan stroke pada diri manusia. Stres diyakini bisa mengakibatkan kerusakan pembuluh darah kardiovaskular. Bagi kamu yang suka lembur kerja atau terlalu banyak berpikir, segeralah rubah kebiasaan itu. Segarkan pikiranmu dengan berlibur atau mencari suasana yang sejuk dan menenangkan pikiran.

Bagaimana, sudah tahukan cara mencegah penyakit stroke yang harus kamu lakukan sehari-hari. Selain itu, kamu juga perlu mengkonsumsi air yang cukup yakni 8 gelas sehari. Langkah kecil yang kamu lakukan setiap hari dapat memberikan efek bagus bagi kesehatan tubuh.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top