Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencabut Gigi dan Sesudahnya

Uncategorized

8 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencabut Gigi dan Sesudahnya

Apakah kamu pernah mengalami gigi berlubang atau gigi yang hampir habis terkikis? Terkadang keadaan itu menimbulkan sakit gigi yang begitu luar biasa. Sehingga, mendorong mu untuk melakukan pencabutan gigi agar masalah kesehatan ini segera selesai. Tapi, sebelum itu kamu harus memperhatikan hal-hal sebelum mencabut gigi dan sesudahnya. Supaya tidak terjadi kesalahan yang serius dan bisa membuatmu lebih menderita.

Mempunyai gigi yang kuat dan sehat merupakan keinginan setiap orang. Tapi, apa daya jika gigi itu terlanjur sakit maka, kita mesti mencari solusi yang tepat untuk meredakannya. Terlebih lagi jika gigi berlubang, bisa sebagai sarang dari bakteri dan kuman. Jadi, butuh cara untuk mengatasinya. Nah, sebelum kamu cabut gigi, perhatikan hal-hal berikut ini!

Inilah hal penting sebelum mencabut gigi

Kamu harus mengetahui beberapa hal penting sebelum mencabut gigi. Jadi, kamu bisa mengingatkan dokter apabila dia lupa mengambil tindakan tersebut. Bukannya sok pintarm tapi ini menjaga agar kamu tetap aman dan selamat setelah mencabut gigi. Sebab, gigi mempunyai jaringan-jaringan dan banyak syaraf yang berhubungan dengan organ lainnya dalam tubuh.

Pastikan jika gigimu memang harus dicabut
Jangan langsung memutuskan untuk mencabut gigi meski mengalami sakit gigi. Karena nyeri pada gigi tidak sepenuhnya dikarenakan oleh gigi, tapi juga gusi atau hal lainnya. Bahkan gigi berlubang pun belum tentu harus dicabut. Setelah menggunakan obat sakit gigi, kamu perlu periksakan gigi ke dokter gigi. Bertanyalah kepadanya dan sampaikan semua keluhanmu.

Konsultasi ke dokter gigi
Jika setelah diperiksa dokter berkata perlu dicabut, laksanakan saja agar tidak menimbulkan infeksi lainnya. Tapi, jika tidak biarkan dokter mengambil penanganan yang tepat dan jangan kecewa. Ini salah satu yang perlu kamu lakukan sebelum mencabut gigi. Selama berada di dokter gigi, tanyakan dampak dan efek sampingnya setelah gigi dicabut. Pastikan juga kamu tahu alasannya mengapa  gigi mu mesti dicabut.

Perhatikan kondisi kesehatan
Kodisi tubuh juga termasuk hal yang harus kamu perhatikan sebelum mencabut gigi. Jangan mencabut gigi dalam kedaan yang kurang sehat bisa mengalami demam tinggi atau gangguan kesehatan lainnya. Jadi, kamu harus sehat ketika ingin cabut gigi. Ada beberapa kondisi kesehatan yang harus berhati-hati saat ingin mencabut gigi.

Loading...
  • Diabetes

Ketika seseorang mengalami diabetes, jika ada luka pada tubuh akan sulit sembuh. Sementara itu, setelah gigi dicabut akan meninggalkan luka terbuka dan bisa cukup besar. Keadaan itu bisa berbahaya. Jadi, jika kamu mempunyai penyakit diabetes, beritahukan ke dokter agar dicek kadanya. Pastikan kada gula darah dalam tubuh sedang normal sebelum pencabutan gigi.

  • Hipertensi

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, jangan mencabut gigi. Normalkan dulu tekanan darahnya, karena kalau terjadi pendarahan akan sulit dihentikan.

  • Ibu hamil

Hindari mencabut gigi pada usia hamil trimester pertama sampai ketiga. Diduga obat bius yang diberikan sebelum mencabut gigi dapat menimbulkan kontraksi yang menyebabkan keguguran. Bagi ibu hamil, sebaiknya cukup dibersihkan giginya dan diberi obat saluran akar atau ditambal sementara.

baca juga : Obat Gusi Bengkak yang Manjur Secara Medis dan Alami

  • Sakit yang berkaitan dengan pembuluh darah

Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah, seperti jantung, periksakan dulu kondisinya sebelum mencabut gigi. Suapay kuman tidak bisa masuk ke jantung melalui peredaran darah.

  • Seseorang yang baru menjalani operasi besar

Apala kamu baru menyelesaikan oeparasi besar dalam tubuh, bicarakan ke dokter gigi. Karena barakibat buruk. Misalnya operasi bay pass jantung.

  • Pasien kanker yang perawatan penyinaran

Setelah melakukan penyinaran tidak boleh mencabut gigi selama 5 tahun. Kalaupun ada gigi yang berlubang atau rusak berat, sebaiknya dirawat hingga tuntas terlebih dahulu sebelum penyinaran berlangsung. Apabila tidak dilaksanakan akan beresiko terkena osteoradionekrose atau tulang rahang sekitar gigi yang dicabut mati atau nekrosis.

Rontgen gigi
Untuk mengetahui secara menyeluruh apakah gigi memang butuh di cabut, alangkah baiknya melakukan rontgen gigi. Kamu bia menanyakannya ke dokter gigi untuk prosesnya. Sehingga kamu tahu secara rinci kondisi gigi dan bisa meminimalkan resiko yang terjadi.

Keempat hal itu perlu kamu ketahui sebelum mencabut gigi. Masih ada empat hal lainnya yang juga penting kamu lakukan setelah mencabut gigi. Lantas apa saja empat langkah itu?

4 hal penting setelah mencabut gigi

  • Jangan memegang luka akibat pencabutan gigi ditakutkan bisa terjadi iritasi.
  • Jangan merokok selama 72 jam atau 3 hari untuk mempercepat proses penyembuhan.
  • Hindari konsumsi alkohol setidaknya 48 jam setelah mencabut gigi, karena kandungannya tidak baik untuk penyembuhan luka.
  • Hindari mengkonsumsi makanan keras dan manis.

Nah, itulah ulasan tentang 8 hal yang harus kamu perhatikan sebelum mencabut gigi dan sesudahnya. Sengat penting kamu mengetahui hal itu karena berpengaruh pada kondisi kesehatan bagian tubuh lainnya juga.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top