Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Mitos dan Fakta Seputar Diabetes yang Jarang Diketahui

Uncategorized

8 Mitos dan Fakta Seputar Diabetes yang Jarang Diketahui

Selama ini banyak mitos dan fakta seputar diabetes beredar di masyarakat. Mereka beranggapan jika diabetes ini merupakan penyakit yang tidak serius dan bisa dihindari dengan pola makan sehat. Diabetes memang harus dikontrol agar tidak terjadi komplikasi. Karena ini mengenai kadar gula dalam tubuh, jadi semua organ bisa terkena dampaknya.

Rumor yang beredar dikalangan masyarakat ini belum tentu benar. Anggapan yang salah bisa membuat seseorang salah dalam memperlakukan penyakit diabetes ini. Penyakit ini tidak bisa diabaikan begitu saja dan harus ditangani sejak dini. Bila terkena infeksi sedikit dan dibiarkan akan menjadi berbahaya akibatnya bisa mengancam jiwa.

Kalian pun tahu banyak pasien diabetes yang harus merelakan bagian tubuhnya diamputasi untuk mencegah penyebaran kuman diabetes. Oleh karena itu, kita harus mengetahui seputar fakta dan mitos diabetes supaya tidak salah mengambil langkah. Simak ulasannya!

Fakta dan mitos seputar diabetes yang perlu kamu ketahui

Inilah hal-hal yang harus kamu tahu tentang diabetes. Supaya kamu lebih waspada dan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menanganinya. Mengingat, semakin tingginya penderitas diabetes di masyarakat kita ini. Simak ulasannya di bawah ini!

Diabetes tidak penyakit serius
Banyak orang mengira bahwa diabetes bukan penyakit serius. Padahal faktanya, statistik angka kematian akibat diabetes beserta komplikasinya lebih tinggi daripada angka kematian akibat kanker dan AIDS yang disatukan. Kesimpulannya adalah diabetes termasuk penyakit serius yang harus diobati dan dicegah komplikasinya.

Sandra dalam media gathering di Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta pada Kamis 10 November memberikan pernyatannya seputar ini. Resiko serangan jantung dan stroke serta gangguan ginjal dan mata jauh lebih tinggi pada pasien yang menderita diabetes. Sehingga, tidak ada diabetes yang ringan, tetap harus dikontrol untuk mencegah timbulnya komplikasi. Diabetes tidak penyakit serius merupakan mitos diabetes.

Loading...

Diabetes tak selalu bisa dicegah
Diabetes tiep 1 tidak pernah dapat diketahui oleh siapapun dan kapanpun terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pankreas akibat autoimun. Tetapi, pada diabetes tipe 2 resiko terjangkitnya bisa diturunkan hingga 58% dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. Walaupun ada faktor resiko yang tidak bisa dihindari seperti genetik atau keturunan.

Jika kamu telah mengetahui ada keluargamu yang mengidap diabetes, sebaiknya jagalah pola hidup sehat setiap hari. Jangan lupa juga untuk olahraga dan istirahat yang cukup agar tubuh mencerna dan mengalirkan gula dengan baik ke jaringan tubuh. Tidak selalu bisa dicegah termasuk fakta diabetes.

Pasien bisa merasakan kadar gula tinggi atau rendah
Setiap pasien pasti merasakan gejala diabetes, baik saat kadar gulanya tinggi maupun rendah. Apabila kadar gula darah pasien tinggi akan merasakan haus berlebihan, sering buang air kecil dan lemas. Jika kadar gulanya terlalu rendah, penderita diabetes akan mengalami pusing, mual, muncul keringat dingin dan lapar terus.

Tetapi, penderita diabetes tidak bisa memastikan apa yang dirasakannya itu karena memang gula darah tinggi atau rendah. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu melakukan cek gula darah secara rutin. Nah, itu fakta dan mitos seputar diabetes yang perlu kamu ketahui.

Diabetes dapat diturunkan secara menyilang
Fakta diabetes selanjutnya adalah orang yang menderita diabetes dapat menurunkan resiko kepada semua anaknya. Baik anak laki-laki maupun perempuan mempunyai resiko yang sama besarnya. Jadi, diabetes diturunkan secara menyilang adalah mitos diabetes.

Diabetes mempunyai 2 tipe, yakni basah dan kering
Itu merupakan mitos diabetes. Menurut Sandra, anggapan bahwa diabetes dibagi menjadi 2 tipe yaitu basah dan kering adalah salah. Pendapat ini muncul ketika seseorang yang mengalami diabetes, berat badannya langsung turun drastis dan menjadi sangat kurus. Maka, penderita dianggap menderita diabetes kering.

Sedangkan pasien diabetes yang mengalami luka tak sembuh-sembuh sampai bernanah dan meluas, dianggap mengidap diabetes basah. Padahal tipe diabetes itu 1 dan 2, penderita diabetes yang terlukan memang susah disembuhkan.

baca juga : Ketahui Cara Menyembuhkan Luka Diabetes

Rasa urin penderita diabates adalah manis
Masyarakat berujar jika urin atau air kencing penderita diabetes rasanya manis dan mengundang semut. Pendapat itu merupakan mitos diabetes. Sebetulnya adalah urine penderita diabetes memang mempunyai kadar gula darah tinggi, tapi rasa urine nya tetap urine yang mengandung amoniak.

Obat diabetes mampu merusak kinerja ginjal
Sandra mengatakan bahwa hal tersebut merupakan pemahaman yang terbalik. Malahan apabila kadar gula darah tidak terkontrol oleh pengobatanlah yang menyebabkan rusaknya ginjal.

Diabates menular
Fakta diabetes yaitu diabetes atau kencing manis itu bukan penyakit infeksi, sehingga tidak bisa menular.

Itulah fakta dan mitos seputar diabetes yang perlu kamu ketahui agar lebih mawas diri terhadap penyakit ini. Jika kamu menderita diabetes, lekaslah berobat dan periksa kadar gula darah secara rutin serta jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top