Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Tips Perawatan Rambut Berjilbab Agar Tetap Sehat

Uncategorized

8 Tips Perawatan Rambut Berjilbab Agar Tetap Sehat

Tips Perawatan rambut berjilbab atau berkerudung tentu berbeda dengan cara perawatan orang yang tidak memakai jilbab. Rambut yang tertutup oleh kain akan sulit untuk bernafas apalagi saat rambut masih keadaan basah lalu memakai jilbab, hal ini akan memunculkan beberapa permasalahan yang dialami wanita berjilbab adalah rambut rontok, mudah patah, lepek, berminyak dan berketombe.

Namun apabila anda rajin melakukan perawatan terhadap rambut anda tentu hal ini menjadikan rambut anda tetap sehat indah dan berkilau. Berikut 8 tips yang dapat dilakukan dalam merawat rambut berjilbab agar tetap sehat:

1. Mencuci Rambut Secara Teratur
Cuci rambut secara teratur 2-3 kali dalam seminggu. Gunakan sampo sesuai dengan jenis rambut. Selalu gunakan hair tonik setelah keramas, dan lakukan pijatan ringan pada kulit kepala, karena pijatan ringan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah. 

8 Tips Perawatan Rambut  Berjilbab Agar Tetap Sehat

2. Melakukan creambath
Creambath seminggu sekali akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut apalagi kesehatan rambut bagi wanita berhijab, supaya rambut dan kulit kepala selalu mendapatkan nutrisi, serta menghindari kecenderungan menjadi lembab dan kulit kepala berketombe.

3. Mengistirahatkan rambut
Jika anda sedang tidak ada aktivitas diluar rumah dan tidak bertemu orang non muhrim ,sebaiknya anda mengistirahatkan rambut dengan tidak memakai jilbab dan membiarkan tanpa ikatan. Beri kesempatan rambut Anda untuk bernapas, selain lebih segar, mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembapan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan dan munculnya ketombe.

4. Pilih jilbab menyerap keringat
Menggunakan kerudung atau jilbab membuat rambut tertutup dan kerap menimbulkan bau yang tidak sedap karena lembap. Untuk itu, rambut dapat diratus setiap sebulan sekali agar lebih harum dan mengembang. Untuk menjaga kesehatan rambut, pilihlah kerudung berbahan katun atau kaus yang memiliki pori-pori untuk sirkulasi udara bagi rambut. Gantilah kerudung setiap hari. Hindari berkreasi dengan kerudung yang berlapis-lapis. Kerudung sebaiknya tidak lebih dari empat lapis. Semakin tebal kerudung membuat rambut semakin sulit bernapas. 

8 Tips Perawatan Rambut  Berjilbab Agar Tetap Sehat

5. Saat Pemakaian Jilbab Rambut Dalam Keadaan Kering
Setelah keramas, jangan langsung menggunakan jilbab. Rambut basah cenderung mudah rontok karena terlalu banyak gesekan. Kondisi kepala dan rambut basah menimbulkan ketombe bahkan gatal-gatal pada kulit kepala. Gunakan bantuan hair dryer.

6. Hindari jilbab berwarna gelap
Sebaiknya gunakan jilbab berwarna putih atau terang saat udara sedang panas. Jilbab berwarna gelap lebih cepat menyerap cahaya matahari yang dapat menyebabkan kondisi lembab di sekitar kepala dan rambut.

7. Jangan ikat rambut terlalu kencang ada baiknya Anda tidak terlalu kencang mengikatnya karena ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menyebabkan rambut mudah patah.

Loading...

8. Pemilihan Makanan
Mengkonsumsi makanan rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, B-12 serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Selain itu, kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan. Selain itu konsumsi sayuran dan buah yang kaya akan vitamin C untuk regenerasi sel-sel rambut dan kulit kepala.

Sumber:
www.metrojambi.com
ftp.unpad.ac.id/koran/korantempo
Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top