Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

4 Aturan Minum Air Putih yang Baik dan Benar

Uncategorized

4 Aturan Minum Air Putih yang Baik dan Benar

Dalam memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, kamu perlu tahu aturan minum air putih yang baik. Karena jika kekurangan atau kebanyakan bisa mengakibatkan kondisi yang berbahaya bagi tubuh. Mungkin kamu sering dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas air putih setiap hari agar tubuh tetap sehat.

Ternyata, anjuran tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, setiap orang mempunyai kebutuhan cairan yang berbeda. Kebutuhan cairan ini tergantung dari berat badan dan juga kondisi tubuh seseorang. Orang yang mempunyai berat badan 80kg tidak asupan airnya tidak sama dengan orang yang tubuhnya seberat 50kg. Begitu juga orang sehat dan yang lagi sakit. Lantas bagaiman cara minum air putih yang baik?


Inilah aturan minum air putih yang benar

Semua kehidupan pasti mempunyai aturan, termasuk cara mengkonsumsi air putih. Berikut tutorial dalam minum air putih bagi yang tepat bagi tubuhmu :

Konsumsi air putih secukupnya
Maksud dari konsumsi air putih secukupnya adalah tidak kekurangan dan terlalu banyak mengkonsumsinya. Jika kekurangan air putih akan membuat tubuh dehidrasi dan mengalami penuaan dini. Sedangkan minum air putih berlebihan tentu membuatmu merasakan dampak berbahaya jika kebanyakan minum air putih. Berikut aturan minum air putih yang baik menurut IMMDA.

IMMDA (International Marathon Medical Directors Association) menganjurkan agar seseorang mengkonsumsi air putih saat merasakan haus. Ketika kamu haus segeralah minum air. Tapi, jangan juga membiarkan tubuh terlalu lama haus. Minumlah kurang dari 0,03 liter/kg berat tubuhmu. Kalau berat 50kg maka air yang diminum tidak lebih dari 1,5 liter air/hari.

Hal itu sangat logis, karena berat badan berpengaruh terhadap kadar atau jumlah asupan air setiap harinya. Orang gemuk atau obesitas memerlukan lebih banyak air ketimbang orang yang kurus.

Loading...

Aturan minum 2 liter setiap hari
Apabila kamu sering mendengar minumlah sebanyak 2 liter setiap hari agar tubuh sehat selalu. Bukan berarti yang wajib kamu minum itu air putih saja, melainkan  juga minuman lain, seperti jus, susu, makanan berair lainnya. Jadi, jumlah 2 liter itu juga dengan minuman atau makanan yang mengandung air.

Aturan minum 2 liter setiap hari itu hanya berlaku bagi orang dengan kondisi sehat. Sedangkan penderita sakit ginjal asupan air tentu dibatasi oleh dokter dan tidak boleh minum terlalu banyak. Karena bisa memperburuk kondisi ginjalnya.

Minum air putih secara bertahap
Konsumsi air putih secara bertahan bukan sekaligus banyak. Kamu bisa menerapkan aturan minum air putih pada  satu gelas setelah bangun pagi. Lalu, satu gelas sebelum dan sesudah makan pagi, kemudian satu gelas sebelum dan setelah makan siang. Selanjutnya satu gelas sebelum dan seusai makan malam, lalu berikutnya satu gelas sebelum beranjak tidur.

Namun, sebagian besar orang salah kaprah menanggapi anjuran minum. Karena berusaha ingin memenuhi asupan air untuk tubuh, mereka mengkonsumsi air putih dengan porsi besar atau sekaligus dalam satu waktu. Sehingga, justru berakibat buruk terhadap tubuh mereka.

baca juga : Dampak Berbahaya Jika Kebanyakan minum Air Putih

Kenali air seni untuk mencukupi kebutuhan air
Selain saat merasa haus, kamu dapat mengetahui kebutuhan jumlah cairan yang tepat bagi tubuhmu melalui warna air kencing. Jika warna air kencing kuning bening atau cerah dan jumlahnya cukup banyak, berarti kebutuhan cairan sudah terpenuhi. Jika air kencing berwarna kuning tua atau oranye atau lebih gelap mengartikan asupan cairan untuk tubuh belum terpenuhi.

Tapi, warna air kencing juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan obat dan penyakit. Untuk mengenali hal ini, pastikan jika dirimu sedang sehat. 

Sekarang kamu sudah tahukan bagaiman aturan minum air putih yang baik dan benar. Agar tubuh tetap sehat, ikutilah aturan tersebut. Atau jika ingin lebih jelas, konsultasikan kepada dokter sehingga kamu lebih yakin lagi.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top