Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Bahaya Air Alkali untuk Tubuh dan Kesehatan yang Wajib Diketahui

Uncategorized

6 Bahaya Air Alkali untuk Tubuh dan Kesehatan yang Wajib Diketahui

Air alkali (alkaline water ionizer) sejatinya adalah air yang berasal dari mata air pegunungan yang telah melalui proses filtrasi alami bebatuan. Air ini memiliki sifat basa dengan kadar ph yang cukup tinggi. Air alkali mengandung banyak mineral alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyeimbangkan cairan tubuh dan ph air itu sendiri.

Dari dulu orang-orang yang percaya dengan meminum air alkali secara rutin dapat menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Banyaknya manfaat, membuat air ini banyak peminatnya. Akan tetapi saat ini banyak bermunculan air alkali buatan yang hanya melalui proses filtrasi mesin untuk menghasilkan air dengan kadar ph tinggi. Berikut bahaya mengkonsumsi air alkali buatan bagi tubuh dan kesehatan.

6 Bahaya Air Alkali untuk Tubuh dan Kesehatan yang Wajib Diketahui

Berikut ini bahaya air alkali yang perlu Anda ketahui:

1. Mengganggu Keseimbangan Asam Lambung

Air alkali yang memiliki sifat basa di percaya mampu menyeimbangkan ph tubuh secara keseluruhan. Padahal kenyataannya, setiap organ tubuh memiliki tingkat ph yang berbeda beda. Sifat basa pada air alkali ternyata justru berbahaya terhadap lambung. Telah diketahui bersama bahwa lambung adalah organ tubuh dengan ph yang sangat asam. Tingkat keasaman lambung akan turun saat bercampur dengan air alkali yang basa. Padahal asam lambung yang tinggi berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman di dalam perut.

2. Gangguan Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai filter cairan tubuh. Kandungan elektrolit dan ion pada air alkali buatan sangatlah tinggi. Ketika cairan ini masuk ke dalam tubuh dengan kandungan senyawanya akan membuat ginjal bekerja lebih keras. Dalam beberapa lama tentu dapat mengakibatkan gagal ginjal. Hindari konsumsi air alkali buatan agar ginjal tetap sehat.

3. Dehidrasi

Air alkali alami yang benar-benar berasal dari alam memang menandung banyal mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun air alkali buatan justru minim kandungan mineral. Hal ini terjadi karena proses filtrasi pada mesin akan menghilangkan kandungan mineral dalam air.  Sehingga mengkonsumsi air alkali buatan tidak akan mampu mengganti cairan tubuh yang hilang. Memang terasa segar akan tetapi setelah itu dehidrasi akut dapat melAnda.

Loading...

4. Menyebabkan Diare

Air alkali buatan dari proses filtrasi mesin terkadang tidak higienis. Pabrik yang tak steril dan tidak memenui stAndar kesehatan membuat air ini rentan tercemar kuman dan bakteri. Apabila air ini dikonsumsi setiap hari maka dapat menimbulkan ganguan pencernaan seperti diare. Diare yang berkepanjangan dapat berakibat fatal karena hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak.

5. Mengganggu Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan memang sangat sensitif terhadap apa yang dikonsumsi tubuh. Air alkali buatan tanpa jaminan kualitas kebersihan dan kesehatan  kemungkinan besar dapat menjadi penyebab gangguan sistem pencernaan. Bakteri, kuman maupun kandungan zat logam berbahaya dalam air alkali pasaran akan mengiritasi organ internal seperti lambung dan usus. Selain menimbulkan rasa sakit, terjadina gangguan pencernaan juga dapat menurunkan nafsu makan.

6. PH Tubuh Tidak Seimbang

Tujuan utama mengkonsumsi air alkali adalah untuk menyeimbangkan ph tubuh sehingga badan kan terus terasa segar dan bugar.  Proses filtrasi mesin pada pembuatan air alkali pasaran terkadang justru berakibat sebaliknya.  Penggunaan zat karbon pada mesin filtrasi yang tak terawat membuat proses filtrasi tidak berjalan sebagai mana mestinya.

Banyak bahan kimia dan senyawa mineral berbahaya seperti tembaga dan klorin lolos dari sistem penyaringan. Jika bahan-bahan tersebut terus masuk kedalam tubuh menyebabkan keseimabangan ph tubuh terganggu. Keadaan ini akan membuat tubuh cepat merasa lelah dan mudah terserang penyakit.

Baca Juga: 28 Jenis Minuman Beralkohol yang Perlu Diketahui

Penting selektif dalam memilih air alkali yang benar-benar berasal dari mata air alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Telah dijelaskan banyaknya bahaya air alkali buatan bagi tubuh dan kesehatan. Produk air alkali  buatan tentu tidak sama dengan dengan air alkali dari alam.

Proses filtasi mesin yang tidak terjaga dengan baik membuat kuman dan bakteri masih mampu hidup dalam air yang akan Anda konsumsi setiap hari. Kebiasaan mengkonsumsi air alkali bautan yang tidak terjamin kebersihannya akan mengakibatkan munculnya berbagai penyakit dan kualitas kesehatan tubuh akan menurun.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top