Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Bahaya Akibat Asam Pantotenat (B5) Berlebihan Pada Tubuh

Uncategorized

7 Bahaya Akibat Asam Pantotenat (B5) Berlebihan Pada Tubuh

Tubuh memerlukan zat Asam Pantotenat yang penting sekali untuk kesehatan. Kekurangan Asam Pantotenat sangatlah tidak baik untuk tubuh karena bisa menyebabkan banyak penyakit dan mengganggu system dalam tubuh. Begitu juga sebaliknya, akibat kelebihan Asam Pantotenat bagi tubuh sangatlah tidak baik karena bisa menyebabkan hal yang dapat merusak tubuh seperti depresi dan sebagainya.

Bahaya Akibat Asam Pantotenat (B5) Berlebihan

Asam Pantotenat juga disebut sebagai B5. Meskipun kebutuhan tubuh akan Asam Pantotenat sangat kecil, tetap saja tubuh masih sangat memerlukan kehadiran dari Asam Pantotenat ini. Untuk tubuh, kadar Asam Pantotenat sekitar 4 sampai dengan 7 mg dalam sehari saja sangat di perlukan. Berikut ini adalah akibat Asam Pantotenat berlebihan bagi kesehatan tubuh.

1. Depresi Berat

Depresi bisa disebabkan oleh banyak hal, umum nya terjadi karena tekanan pikiran yang terlalu Anda pikirkan. Selain itu, depresi juga bisa disebabkan oleh obat-obatan, makanan yang Anda makan serta asupan gizi dan nutrisi yang terlalu berlebihan misalnya Asam Pantotenat yang terlalu banyak dalam tubuh.

2. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh dimana tubuh kekurangan cairan didalamnya. Hal ini bisa terjadi pada manusia yang kekurangan zat mineral didalamnya. Untuk mengatasinya adalah Anda hanya perlu memberi minum air mineral tubuh Anda. Namun, dehidrasi juga bisa disebabkan oleh Asam Pantotenat yang terlalu berlebihan dalam tubuh.

3. Nyeri Lutut

Nyeri yang terjadi pada lutut tidak hanya bisa disebabkan karena luka fisik dari dalam atau kah dari luar. Nyeri otot khususnya lutut bisa disebabkan karena gizi dan nutrisi yang tak seimbang seperti kelebihan Asam Pantotenat dalam tubuh atau kurang dalam pemenuhan kalsium serta magnesium. Asam Pantotenat membantu dalam metabolisme tubuh namun jika berlebihan, bisa mengakibatkan endapan dan menyumbat pembuluh darah pada bagian lutut dan akhirnya bisa menyebabkan nyeri amat sangat pada lutut Anda.

4. Pegal Persendian

Asam Pantotenat yang terlalu banyak juga bisa terjadi di berbagai persendian tubuh, bahkan di seluruh persendian tubuh. Sama seperti masalah yang terjadi pada lutut jika Asam Pantotenat berlebihan, pegal pada persendian juga di akibatkan dari endapan dan penyumbatan pembuluh darah pada persendian.

Loading...

5. Diare

Diare adalah salah satu gangguan yang terjadi pada perut atau system pencernaan tubuh. Diare bisa saja terjadi karena Asam Pantotenat yang terlalu berlebihan dalam tubuh. Sebenarnya diare bisa saja terjadi karena makanan yang masuk dalam tubuh Anda tidak lah higenis, namun beberapa kasus khusus menyebutkan Asam Pantotenat yang terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan masalah pada system pencernaan, salah satunya adalah diare.

6. Muntaber

Asam Pantotenat atau vitamin B5 juga bisa menyebabkan masalah muntaber. Hal ini disebabkan karena cairan yang tak cukup sehingga usus halus atau usus besar tak mampu menyerap air dengan lancar. Karena itu lah fases pembentukan kotoran tak bisa memadat dan keluar dalam bentuk cairan disertai dengan rasa nyeri pada anus. Untuk sebagian orang, muntaber juga bisa terjadi selain diare.

7. Bengkak Pada Tubuh

Meski tidak sering terjadi, Asam Pantotenat yang terlalu berlebihan bisa membuat tubuh menjadi bengkak khususnya pada kaki, tangan atau bahkan seputar wajah si penderita. Selain itu, pembengkakan bukan hanya dari fisik semata, melainkan bisa mengakibatkan rasa yang amat sakit dan sensitive akan benturan, sentuhan dan berbagai hal lainnya.

Baca juga: 6 Cara Melakukan Pencegahan Masalah Jantung Lemah

Beberapa yang bisa Anda dapatkan dari Asam Pantotenat tidak hanya satu, Asam Pantotenat juga memberikan Anda kebutuhan yang di perlukan seperti bagi pria dan wanita dewasa, tubuh akan lebih efektif dalam menghasilkan zat-zat yang penting bagi tubuh seperti enzim dan lainnya. Selain itu, dengan hadirnya Asam Pantotenat pada tubuh bisa bermanfaat untuk kecantikan seperti memperkecil pori-pori, mengencangkan kulit dan lainnya. Namun masih perlu diingat, Asam Pantotenat berlebihan dapat mengganggu system gizi dan nutrisi lainnya dalam tubuh.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top