Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Bahaya Akibat Kelebihan dan Kekurangan Protein

Uncategorized

14 Bahaya Akibat Kelebihan dan Kekurangan Protein

Protein adalah salah satu zat penting yang harus ada pada tubuh. Protein dapat dengan mudah Anda dapatkan di makanan yang mengandung banyak Protein seperti misalnya apel dan buah-buahan lainnya. Penting protein sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia dan memiliki peran yang sama pentingnya dengan vitamin. Selain itu, Protein juga dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental dan pikiran.

 Bahaya Akibat Kelebihan dan Kekurangan Protein

Untuk mendapatkan kandungan Protein, Anda bisa menemukannya di tumbuh-tumbuhan dan hewani. Jadi Protein bisa Anda per oleh dari hewani atau nabati yang memiliki protein sama baiknya. Beberapa manfaat dari Protein sangat banyak sekali contohnya adalah membantu dalam meningkatkan system imun tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Protein juga menjadi salah satu zat sumber gizi yang penting karena mengandung banyak asam amino yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah bahaya kelebihan dan kekurangan Protein yang bisa terjadi pada manusia.

1. Marasmus

Marasmus adalah penyakit kurang gizi yang umumnya mengenai bayi pada umur dibawah 1 tahun atau 12 bulan. Penyebab dari marasmus ini banyak sekali, salah satunya adalah kurangnya protein dalam tubuh yang dapat memicu penyakit marasmus. Jangan sampai Anda mengabaikannya karena bisa saja menyebabkan resiko yang tinggi bahkan menyebabkan kematian.

2. Kwashiorkor

Penyakit ini bisa diakibatkan Karena kurangnya protein pada tubuh. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam mencegah penyakit ini adalah yang pertama menjaga asupan gizi dan nutrisi khususnya protein dan dibantu dengan hidup sehat seperti istirahat cukup. Umumnya terkena pada anak-anak usia 1 sampai 3 tahun.

3. Chacexia

Penyakit ini berakibat karena kurangnya Protein pada tubuh. Menurut penelitian, penyakit ini bisa berakibat buruk pada kesehatan dan memicu terjadinya penyakit fatal seperti kanker, gagal ginjal, dan penyakit parah lainnya. Untuk mengatasinya adalah Anda hanya perlu terus memerhatikan asupan Protein pada tubuh Anda.

4. Gagal Hati

Penyakit ini menyerang salah satu organ penting dalam tubuh yaitu hati. Hati merupakan organ tubuh yang sangat penting dan dapat mengatasi segala gangguan dari luar seperti racun, radikal bebas dan lainnya. Gagal hati bisa diakibatkan karena tubuh kekurangan protein sehingga membuat fungsi hati terhenti dan menurunkan imun tubuh.

Loading...

5. Apati

Apati merupakan salah satu gangguan kesehatan yang berbahaya karena membuat emosi menjadi tumpul. Penyakit ini bisa diakibatkan karena kurangnya protein dan akhirnya berakibat buruk pada tingkah laku bahkan dapat memicu mental buruk, stress dan depresi.

6. Gangguan Otak

Otak adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting dan sangat di lindungi. Untuk itu, otak menjadi organ yang paling penting dijaga karena berdampak besar pada tubuh. Beberapa gangguan otak bisa diakibatkan oleh kurangnya protein dalam tubuh seperti gangguan pada saraf otak dan lainnya.

7. Jantung

Penyakit jantung atau serangan jantung merupakan salah satu pembunuh paling berbahaya khususnya kaum laki-laki. Sudah banyak bahkan mencapai jutaan kasus kematian akibat serangan jantung di dunia. Kekurangan protein pada tubuh bisa mengakibatkan serangan jantung dan hal itu sangat berbahaya.

8. Rambut Menjadi Rontok

Rambut rontok mungkin bisa disebabkan oleh banyak hal mengingat kerontokan rambut bisa terjadi akibat umur, obat-obatan dan lainnya. Salah satu penyebab yang bisa terjadi meski jarang adalah kurangnya protein pada tubuh.

9. Kelelahan

Kondisi dimana tubuh akan susah bergerak karena kelebihan beban atau aktivitas disebut dengan lelah. Kelelahan bisa saja terjadi karena kurangnya protein dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan tenaga.

10. Gagal Ginjal

Kelebihan protein juga bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal yang sangat berbahaya bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena protein berfungsi kuat pada ginjal dan jika berlebihan, fungsi ginjal menjadi lebih keras dari biasanya dan mengakibatkan ginjal rusak.

Akibat Kekurangan dan Kelebihan Protein lainnya:

11. Pengasaman Darah
12. Gangguan Sel-Sel Darah
13. Osteoporosis
14. Edema

Baca juga: 15 Bahaya Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa hal yang bisa mengakibatkan pola pikir yang rendah dan memicu penyakit-penyakit diatas adalah Anda yang berpikir Protein itu tak penting. Diatas adalah contoh apabila Anda sampai mengabaikan asupan gizi dan nutrisi khususnya Protein.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top