Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Bahaya Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

12 Bahaya Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Anda perlu berhati-hati ketika ingin mengonsumsi buah mengkudu karena ada beberapa bahaya buah mengkudu untuk kesehatan tubuh Anda. Buah mengkudu bukan jenis buah yang dapat Anda konsumsi langsung karena rasanya yang pahit. Walaupun pahit, buah ini sudah teruji khasiatnya sebagai salah satu sumber herbal yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Saat ini banyak buah mengkudu yang diekstrak menjadi bentuk bubuk agar mudah untuk dikonsumsi.

Lalu mengapa ada bahaya yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi buah mengkudu dengan tidak benar? Faktor utama yaitu adanya beberapa senyawa yang dapat berbalik menjadi senyawa berbahaya bagi tubuh Anda. Kandungan senyawa yang ada dalam buah mengkudu ada yang baik dan ada yang jahat. Jika Anda mengalami beberapa efek samping setelah mengonsumsi mengkudu, sebaiknya Anda menghentikan konsumsi buah ini.

12 Bahaya Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya buah mengkudu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Gatal pada mulut

Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan buah mengkudu, pasti akan merasakan gatal di area sekitar mulut. Buah ini mengandung getah yang cukup banyak di dalamnya sehingga dapat membuat mulut terasa gatal dan iritasi.

2. Gangguan pencernaan

Jangan mengkonsumsi mengkudu dalam jumlah yang terlalu banyak. Semua zat di dalam buah ini justru akan membuat tubuh pencernaan Anda terganggu. Anda akan mengalami banyak gangguan pencernaan.

3. Muntah

Bahaya lainnya dari konsumsi mengkudu yaitu timbulnya gejala ingin muntah. Hal ini bisa disebabkan oleh lambung yang menolak senyawa yang terdapat dalam mengkudu dan juga efek keracunan.

Loading...

3. Ulu hati terasa sebah

Buah mengkudu juga dapat membuat tubuh Anda terasa sebah, terutama di bagian dekat ulu hati. Penyebabnya yaitu adanya penekanan yang terjadi akibat otot perut yang tegang dengan syaraf yang juga tegang akibat konsumsi mengkudu.

4. Gangguan kesehatan jantung

Jantung Anda kemungkinan akan mengalami penurunan fungsi jantung jika Anda terlalu banyak mengonsumsi buah mengkudu. Jika jantung Anda tidak berfungsi dengan baik, maka aliran darah Anda juga tidak akan lancar.

5. Gangguan kesehatan pada liver

Liver atau hati merupakan organ tubuh yang membuat zat racun menjadi zat yang mudah dicerna oleh pencernaan. Jika mengkudu yang Anda konsumsi terlalu kuat, maka hati Anda akan mengalami gangguan karena harus bekerja keras untuk mengatasi efek racunnya.

6. Kerusakan ginjal

Tidak hanya organ hati saja, namun ginjal Anda juga dapat mengalami banyak gangguan kesehatan, termasuk batu ginjal dan gagal ginjal. Konsumsilah buah mengkudu secukupnya jika Anda menjadikannya sebagai obat.

7. Hipertensi

Senyawa yang ada di dalam mengkudu akan membuat tekanan darah Anda menjadi naik jika masuk ke dalam tubuh terlalu banyak. Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi akan dengan mudah menjangkiti tubuh Anda.

8. Keguguran

Ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi buah mengkudu dalam bentuk apapun. Buah ini punya kandungan senyawa yang cukup kuat sehingga mampu memicu terjadinya keguguran pada janin ibu hamil.

9. Efek racun pada ASI

Ibu yang sedang menyusui pun sama, tidak diperkenankan untuk mengonsumsi buah mengkudu. Pasalnya buah ini hanya akan membuat ASI pada ibu menyusui terkandung sejumlah zat racun yang akan membahayakan bayi.

10. Iritasi pada kandung kemih

Iritasi yang terjadi pada kandung kemih Anda muncul karena kandungan senyawa yang ada dalam buah mengkudu mempengaruhi kesehatan saluran buang air kecil. Anda pun dapat terkena penyakit ISK.

11. Maag

Orang dengan asam lambung yang cukup sensitive sebaiknya menghindari konsumsi buah mengkudu. Buah ini mempunyai zat yang tidak cukup bersahabat dengan lambung Anda sehingga dapat menimbulkan maag.

12. Mencret

Perut Anda yang tidak menerima senyawa dalam buah mengkudu akan melakukan banyak reaksi, salah satunya adalah mencret. Hal ini akan membuat Anda kekurangan banyak cairan karena harus buang air besar terus menerus.

Baca Juga: 17 Jenis Buah Penurun Panas Demam untuk Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya buah mengkudu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top