Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Bahaya Buah Sukun untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

8 Bahaya Buah Sukun untuk Kesehatan Tubuh

Anda perlu berhati-hati ketika mengonsumsi buah sukun karena ada beberapa bahaya buah sukun untuk kesehatan tubuh yang dapat memicu penyakit. Buah sukun merupakan jenis buah yang banyak diolah dengan cara digoreng atau direbus. Kandungan nutrisi dalam buah ini cukup banyak, seperti karbohidrat, lemak, sodium, protein, beberapa vitamin B, beberapa jenis asam amino, dan juga mineral seperti mangan, tembaga, seng, besi, dan masih banyak lagi.

Melihat kandungan nutrisi di atas, Anda pasti berpikir bahwa buah sukun sangatlah bernutrisi. Buah ini memang mengandung nutrisi namun bukan berarti tidak ada efek samping atau bahaya yang akan Anda terima. Faktor bahaya pertama disebabkan karena konsumsi buah sukun yang terlalu banyak. Sedangkan penyebab kedua diakibatkan oleh kondisi tubuh Anda yang sedang tidak tepat sehingga senyawa dalam buah sukun berbalik memberikan dampak negative.

8 Bahaya Buah Sukun untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya buah sukun untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Mengganggu kesehatan ginjal

Buah sukun mengandung zat kalium yang cukup tinggi. Jika zat ini terus menerus masuk ke dalam tubuh Anda, maka ginjal Anda yang akan terkena imbasnya. Mulai dari menurunnya fungsi ginjal sampai dengan penyakit ke ginjal.

2. Tidak cocok untuk orang kurus

Kandungan karbohidrat dalam buah sukun cukup tinggi ditambah dengan kandungan kalori yang rendah membuat buah ini cocok digunakan bagi Anda yang ingin berdiet. Namun bagi orang kurus yang ingin gemuk, buah sukun tidaklah cocok.

3. Efek gatal

Buah sukun memiliki getah di dalamnya. Jika Anda tidak membersihkannya dengan baik, maka getah masih akan menempel. Getah yang masuk ke dalam tubuh Anda dapat membahayakan kesehatan kulit karena memicu gatal-gatal.

Loading...

4. Sariawan

Getah buah sukun juga dapat memicu timbulnya sariawan di mulut Anda. Apalagi jika Anda dalam keadaan kurang mengonsumsi air putih, maka sariawan akan muncul dengan mudah. Rongga mulut Anda pun akan terkena dampak lainnya seperti radang.

5. Sakit perut

Konsumsi buah sukun terlalu banyak juga tidak bagus untuk perut Anda. Buah ini teksturnya padat sehingga perlu waktu bagi pencernaan untuk mengolahnya. Jika terjadi penumpukan, maka Anda akan merasakan sakit perut.

6. Sembelit

Efek dari konsumsi buah sukun yang berlebihan juga dapat menyebabkan sembelit atau kesulitan untuk buang air besar. Buah yang satu ini dapat menghambat kelancaran saluran pencernaan Anda jika dikonsumsi terlalu banyak.

7. Radang lambung

Buah sukun juga dapat memicu terjadinya radang di bagian usus dan juga lambung Anda. Jika lambung Anda mengalami radang, maka pencernaan Anda pun akan menjadi tidak lancar kemudian timbul masalah pencernaan lainnya.

8. Diare

Konsumsi buah sukung dengan jumlah yang banyak juga dapat memicu terjadinya penyakit diare di dalam pencernaan Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi air putih terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah ini kemudian konsumilah dalam jumlah yang wajar.

Baca Juga: 11 Bahaya Konsumsi Makanan Bersantan untuk Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya buah sukun untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top