Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

Anda yang sering mengonsumsi chia seed tampaknya perlu berhati-hati dengan bahaya chia seed untuk kesehatan tubuh. Chia seed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang dikonsumsi dalam rangka mendapatkan nutrisi di dalamnya. Biji ini mengandung sejumlah vitamin dan juga mineral yang cukup lemak. Kandungan lemaknya juga tergolong sedikit sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Banyak nutrisi di dalam chia seed bukan berarti Anda tidak akan mendapatkan efek sampingnya. Efek samping biji ini bisa menjangkiti Anda jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Apalagi jika Anda tidak mengonsumsinya dengan air. Hal ini disebabkan tekstur chia seed yang cukup padat sehingga sebaiknya Anda mengonsumsinya dengan cukup air agar lebih mudah dicerna. Semua makanan yang bergizi bukan berarti bisa Anda konsumsi dalam jumlah yang banyak.

10 Bahaya Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya chia seed untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kelebihan nutrisi

Nutrisi yang sehat memang dibutuhkan oleh tubuh Anda namun bukan berarti Anda dapat memasukkan terlalu banyak nutrisi ke dalam tubuh. Sama halnya dengan chia seed. Walaupun mempunyai nutrisi sehat, Anda perlu membatasi porsi konsumsinya.

2. Sakit tenggorokan

Chia seed mempunyai sifat mengikat air. Itulah mengapa Anda perlu mengonsumsinya dengan segelas air. Jika tidak, saluran tenggorokan Anda akan terasa kering karena sebagai besar cairan di dalamnya diserap oleh chia seed yang masuk.

3. Bukan untuk orang kurus

Kegunaan chia seed sudah lama dikenal sebagai makanan yang disarankan untuk dikonsumsi orang gemuk. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan alaminya yang dapat menurunkan berat badan. Itulah mengapa konsumsi biji ini sebaiknya hanya untuk orang yang berbadan gemuk, bukan kurus.

Loading...

4. Gangguan kesehatan ulu hati

Nyeri yang Anda rasakan di sekitar ulu hati disebabkan oleh dorongan lambung yang bereaksi karena pengolahan chia seed. Jika Anda mengonsumsi biji ini terlalu banyak, maka lambung Anda akan menekan bagian ulu hati dan membuatnya terasa nyeri.

5. Mengganggu kinerja lambung

Lambung Anda juga perlu bekerja dengan keras untuk melumatkan chia seed yang masuk ke dalam tubuh. Bayangkan jika Anda banyak mengonsumsi biji ini, maka lambung Anda akan membesar karena terjadi penumpukan.

6. Perut kembung

Konsumsi chia seed yang terlalu banyak harus diikuti dengan konsumsi air yang banyak pula. Jika perut Anda diisi banyak air, maka akan terasa kembung. Perut yang kembung tidak akan membuat Anda bisa beraktivitas dengan nyaman.

7. Alergi

Tidak semua orang dapat mengonsumsi makanan tertentu karena adanya alergi, termasuk chia seed. Bagi Anda yang mempunyai gejala alergi terhadap makanan berupa biji-bijian tertentu, maka sebaiknya Anda tidak mengonsumsi biji ini terlalu banyak.

8. Sembelit

Tekstur chia seed yang cenderung keras jika terlalu banyak dikonsumsi akan membuat pencernaan Anda mengalami gangguan kesehatan. Salah satunya adalah sembelit. Sembelit akan menyulitkan Anda ketika buang air besar.

9. Diare

Terlalu banyak kandungan nutrisi yang diserap oleh tubuh, ditambah dengan tekturnya yang cukup keras bisa memicu munculnya diare di tubuh Anda. Anda sebaiknya mengonsumsi chia seed sesuai dengan porsi yang disarankan saja.

10. Maag

Chia seed juga bisa memberikan efek berupa maag jika dikonsumsi terlalu banyak. Biji ini akan membuat asam lambung Anda naik dan menimbulkan maag. Bagi Anda yang telah memiliki maag tidak boleh mengonsumsi biji ini dengan berlebihan.

Baca Juga: 10 Bahaya Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya chia seed untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top