Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Bahaya dan Efek Minuman Kaleng untuk Tubuh dan Kesehatan

Uncategorized

16 Bahaya dan Efek Minuman Kaleng untuk Tubuh dan Kesehatan

Minuman kaleng merupakan jenis minuman yang di kemas dalam kaleng-kaleng kecil yang kualiitas air didalamnya lebih terjaga dari minuman dengan botol plastik atau kaca. Minuman kaleng yang biasanya dapat ditemukan dipasaran berupa minuman soda, susu dan kopi.

Namun minuman kaleng sangat berbahaya apabila dikonsumsi secara terus menerus, karena tidak tahu kehigienisan dari kaleng yang digunakan. Minuman kaleng juga rentan terhadap virus dan kuman, akibat penyimpanan yang tidak bersih.

16 Bahaya dan Efek Minuman Kaleng untuk Tubuh dan Kesehatan

Adapun bahaya yang dapat ditimbulkan dari minuman kaleng adalah sebagai berikut :

1. Diabetes

Minuman kaleng apabila dikonsumsi secara terus menurus dapat menyebabkan diabetes. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam minuman kaleng, dapat mengganggu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Sehingga  seringkali mengakibatkan tekanan gula dalam tubuh menjadi tinggi.

2. Terkena leptospirosis

Penyakit leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang terdapat pada urin tikus. Minuman kaleng sangat rentan terkena urin tikus karena penyimpanan yang tidak bersih dan higeinis. Virus leptospira dapat menyerang melalui urin yang telah mengering dan menempel pada kaleng, sehingga  virus tersebut masuk melalui kontak saat bibir bersentuhan dengan  kaleng tersebut.

3. Gangguan jantung

Minuman kaleng yang dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan gangguan jantung. Komposisi minuman kaleng yang tidak begitu jelas  serta bahan pengawet didalamnya tentunya bahaya bagi kesehatan jantung. Untuk itu ada baiknya kita untuk mengurangi air kaleng dan rutin meminum air putih.

Loading...

4. Kegemukan atau obesitas

Minuman kaleng sangat rentan mengakibatkan obesitas atau kegemukan pada seseorang yang gemar meminumnya. Kandungan glukosa dan fluktosa sebagai pemanis pada minuman kaleng menghambat dalam pembakaran lemak. Sehingga apabila lemak dalam tubuh menumpuk, menyebabkan obesitas bagi penikmatnya.

5. Gagal ginjal

Selain dapat menyebabkan gangguan jantung, minuman kaleng dapat menyebabkan gagal ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan karbonasi dan kadar gula berlebih pada minuman kaleng, menyulitkan ginjal dalam menyaring dan mefilter zat-zat yang ada lam tubuh. sehingga apabila zat-zat yang tidak dapat disaring dan diuraikan ginjal menumpuk, dapat mengakibatkan gagal ginjal.

6. Tekanan darah tinggi

Minuman kaleng dapat meyebabkan darah tinggi karena menggagu kadar insulin dalam tubuh.  Sehingga apabila tidak menghentikan kebiasaan minum air kaleng dan dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan kematian. Oleh sebab itu Anda harus mengantinya dengan minuman sehat seperti jus buah atau air putih.

7. Penyakit liver

Minuman kaelng mengandung karbonasi dan glukosa yang berlebih,sehingga tidak baik bila dikonsumsi secara terus menerus. Kandungan gas dan glukosa dalam minuman kaleng mempengaruhi hati dalam menyaring racun atau toxin dalam tubuh tubuh. Sehingga  apabila minuman kaleng masuk dalam tubuh dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan hati mudah teriritasi dan radang. Hal ini bila tidak ditangani lebih lanjut dapat menyebabkan penyakit liver yang lebih parah.

8. Sakit perut

Mengkonsumsi minuman kaleng memanglah tidak baik untuk kesehatan, apalagi bila di konsumsi dalam keadaan perut kosong. Zat karbonasi dalam air kaleng dapat menyebabkan pH keasaman dalam lambung menjadi naik. Kondisi demikian dapat menyebabkan gangguan sakit perut hingga maag kronis.

9. Penumpukan kolestrol

Kandungan zat glukosa dan karbonasi pada minuman kaleng yang banyak mengganggu dalam memecah lemak dalam tubuh. zat tambahan pada minuman kaleng dapat meningkatkan kadar HDL atau kolestrol baik dan meenyingkirkan kolestrol baik. Kondisi kolestrol jahat yang menumpuk dalam tubuh dalam jangka yang panjang dapat mengakibatkan gejala stroke ringan hingga berat.

10. Kegagalan penyerapan kalsium

Zat kalsium sangat diperlukan tubuh untuk membantu dalam menumbuhkan tulang. Kandungan karbonasi dan asam float dalam minuman kaleng mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap mineral dan kalsium dari makanan. Sehingga apabila tubur kekurangan kalsium, dapat menakibatkan oestoporosis atau pengeroposan pada tulang.

Baca Juga: 16 Bahaya Kebiasaan Minum Teh Terlalu Sering untuk Kesehatan

Selain itu, masih ada beberapa masalah yang diakbatkan minuman kaleng seperti :

11. Gastro esofagus
12. Gangguan pencernaan
13. Munculnya sel kanker
14. Dehidrasi
15. Radang tenggorokan
16.  Mudah stres dan lemas

Minuman kaleng memang sangat praktis saat di bawa kemana-mana. Namun dibalik itu semua, minuman kaleng  menyimpan bahaya bagi tubuh karena kandungan isi didalamnya dan maslah kehigeinisan dalam penyimpannya. Penting sekali untuk memperingati keluarga Anda untuk mengurangai atau menjauhi minuman kaleng, agar tidak terkena dampak buruk yang diakibatkan minuman kaleng.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top