Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Adanya bahaya daun singkong untuk kesehatan tubuh menandakan Anda perlu membatasi konsumsi daun yang satu ini. Daun singkong merupakan jenis daun yang berasal dari tanaman singkong yang banyak diolah menjadi makanan tertentu. Tak sedikit orang yang menyukai makanan berupa sayuran yang satu ini. Bentuk daun singkong menjadi dengan ukuran daun yang oanjang dan tangkai yang mudah dipatahkan.

Berbagai jenis masakan yang terbuat dari daun singkong mengandung beberapa kandungan nutrisi jika pengolahannya tepat. Ada banyak jenis vitamin dan mineral yang terdapat dalam daun ini. Namun jika Anda terlalu berlebihan dalam mengonsumsi daun singkong, maka Anda akan banyak mengalami gangguan kesehatan. Rasa daun singkong yang pahit jika dikonsumsi terus menerus tidak baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

10 Bahaya Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya daun singkong untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Keracunan

Ada kandungan senyawa lotaustralin dan linamarin yang dapat menjadi racun sianida jika Anda terlalu banyak mengonsumsi daun singkong. Anda akan merasakan gejala mual yang disertai dengan muntah.

2. Sakit perut

Daun singkong mempunyai rasa pahit. Jika Anda banyak mengonsumsi daun ini, maka pencernaan Anda akan terus menerima tekstur dan rasa daun singkong yang pahit. Hal ini justru akan membuat Anda sakit perut.

3. Sakit kepala

Kandungan linamarin dan lotaustralin juga dapat memicu penyakit pada kepala Anda. Dua kandungan senyawa pada daun singkong tersebut dapat mengganggu kesehatan syaraf Anda yang berakibat rasa sakit kepala.

Loading...

4. Sesak nafas

Gejala keracunan dari konsumsi daun singkong yang berlebihan salah satunya adalah sesak nafas. Daun yang satu ini dapat berubah menjadi senyawa sianida yang diperoleh dari beberapa kandungan senyawa lain di dalamnya.

5. Asam urat

Penderita asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi daun singkong. Pasalnya daun ini dapat memicu penyakit asam urat karena kandungan zat purin di dalamnya akan meningkatkan gejala penyakit asam urat di dalam tubuh.

6. Naiknya tekanan darah

Kelebihan konsumsi daun singkong dapat mempengaruhi kelancaran aliran darah Anda. Hal ini juga akan memicu naiknya tekanan darah di tubuh. Penyakit tekanan darah tinggi seperti hipertensi dapat dengan mudah menjangkiti Anda.

7. Naiknya kadar kolesterol

Selama ini kita hanya mengenal kolesterol yang datang dari daging merah. Ternyata hal tersebut juga berlaku untuk daun singkong. Naiknya kadar kolesterol dalam tubuh akan membuat tubuh Anda mudah mengalami berbagai jenis penyakit lainnya.

8. Sembelit

Daun singkong juga dapat mengakibatkan sembelit. Tekstur daun singkong bukanlah tekstur yang mudah untuk diolah oleh pencernaan tubuh Anda karena banyak terdapat serat daun di dalamnya. Hal ini dapat mengakibatkan sembelit di pencernaan Anda.

9. Diare

Kemungkinan besar Anda terkena diare juga bisa didapatkan dari konsumsi daun singkong yang berlebihan. Apalagi jika Anda tidak memperhatikan kebersihan dengan benar, maka konsumsi daun singkong hanya akan memberikan efek negative ke dalam tubuh.

10. Gangguan kesehatan syaraf

Efek dari adanya racun sianida pada daun singkong karena senyawa di dalamnya hanya akan berakibat fatal ke syaraf di tubuh jika Anda mengonsumsi daun ini terlalu banyak. Anda akan mempunyai syaraf yang tegang dengan mood yang tidak seimbang.

Baca Juga: 20 Jenis Makanan Sehat untuk Hati dan Ginjal

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya daun singkong untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top