Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Hujan-Hujanan untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya Hujan-Hujanan untuk Kesehatan

Cuaca terkadang tidak bisa kita duga. Kadang-kadang dipagi hari terlihat terang benderang di siang hari bisa saja hujan deras. Sedangkan aktivitas sehari-hari harus tetap berjalan apapun keadaannya. Tidak semua orang rajin membawa payung atau jas hujan,  jadi mereka dengan terpaksa mereka harus hujan-hujanan. Tidak semua orang punya uang untuk beli mobil atau naik taksi.

Bukan karena lupa membawa payung,  terkadang anak-anak kecil sengaja hujan-hujanan untuk bermain air. Ada orang tua yang membiarkan dan ada juga yang melarang nya,  karena takut anaknya sakit. Hujan-hujanan sebenarnya berbahaya untuk tubuh kita. Berikut ini bahaya hujan-hujanan untuk tubuh:

1. Kepala Jadi Pusing

Jika kita hujan-hujanan, maka kita akan merasakan pusing. Kepala terasa berat dan berputar-putar. Sungguh membuat tidak fokus. Apalagi jika hujan yang terjadi sangat deras dan dalam waktu lama. Jika memang kamu kehujanan saat sedang di jalan atau aktivitas sesuatu, maka istirahat saja dulu. Menepi berteduh lebih baik daripada memaksakan diri.

2. Tertimpa Zat Asam dalam Air Hujan

Hujan terkadang ada yang jenisnya hujan asam. Di mana tingkat keasaman air hujannya sangat tinggi. Jika kamu tertimpa zat asam dalam air hujan ini, efeknya adalah nyeri kepala dan lemas berkepanjangan. Kamu juga bakal kena flu dan berbagai gangguan lainnya. Memang hujan asam inilah yang bahaya sekali buat kesehatan. Sayangnya kita tidak tahu apakah hujan yang turun tergolong hujan asam atau bukan, untuk itu kita antisipasi saja dengan tidak hujan-hujanan sama sekali.

3. Kena Demam

Dampak hujan-hujanan untuk kesehatan dapat menimbulkan demam. Suhu tubuh kita akan meningkat drastis hingga di atas 28 derajat celcius. Meski begitu, tubuh akan menggigil kedinginan. Jika kamu mengalami demam setelah hujan-hujanan, maka alangkah baiknya agar kamu segera minum obat saja.

4. Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek akan dialami jika kamu hujan-hujanan. Bahaya hujan-hujanan memang dapat menjadi perantara dari virus batuk dan pilek. Untuk mengantisipasinya, maka setelah kamu hujan-hujanan, jika memang merasa tidak enak badan. Maka segeralah minum obat!

Loading...

5. Flu Berat

Virus influenza juga mudah merasuk ke dalam tubuh kita ketika hujan-hujanan. Flu berat ini sangat menyiksa bahkan tak sedikit sampai membuat kita bedrest berhari-hari. Untuk itu, sebaiknya kita jangan sampai hujan-hujanan. Kecuali jika memang terpaksa. Flu berat harus segera ditangani agar tidak membuat tubuh jadi makin drop dan akhirnya kesehatan total jadi down.

6. Pingsan

Ternyata ada juga orang yang kalau hujan-hujanan malah jadi pingsan. Ini artinya air hujan sudah benar-benar membuat kesadaran menurun karena paru-paru dan jantung yang semakin lemah. Aliran darah juga tidak lancar dan tubuh mengalami hipotermia. Jika ada seseorang yang pingsan karena kehujanan, maka kamu harus segera mengelap tubuhnya dan mengganti pakaiannya dengan pakaian hangat. Dan buatlah ia sadar dengan wewangian menyengat seperti minyak kayu putih misalnya.

7. Badan Jadi Lemas

Hujan-hujanan akan membuat badan kita jadi lemas. Jika badan lemas, kita menjadi malas melakukan apapun. Dan kita juga tidak konsentrasi. Maunya tidur-tiduran saja. Namun ketika kita kehujanan, mau tidur di mana? Yang ada kita hanya bisa berkhayal dan lama-lama khayalan membuat kita jadi celaka karena khayalan itu terjadi saat berkendara.

8. Kedinginan

Kedinginan juga menjadi bahaya dari hujan-hujanan. Ketika kedinginannya sudah tak sanggup diatasi oleh tubuh kita, maka artinya kita kena hipotermia. Maka yang perlu kita lakukan adalah kita harus segera menghangatkan diri.

9. Mengalami Masuk Angin

Sudah tentu jika kita hujan-hujanan, maka kita bakalan mengalami masuk angin. Jika sampai masuk anginnya terlalu parah, maka dada kita akan sangat sakit rasanya. Selain itu, kita juga jadi lemas dan bersendawa terus.

10. Nyeri Tulang dan Otot

Bahaya hujan-hujanan untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa menyebabkan nyeri tulang dan otot. Rasa nyerinya benar-benar susah ditahan!

Baca Juga: 15 Dampak Buruk Tidur Sore Hari untuk Kesehatan

5 Bahaya Hujan-Hujanan untuk Kesehatan yang Lainnya:

11. Serangan Jantung
12. Pecahnya Pembuluh Darah
13. Sakit Gigi
14. Kulit Jadi Kisut
15. Wajah Jadi Pucat dan Menggigil

Demikian beberapa bahaya hujan-hujanan untuk tubuh. Jika tidak karena terpaksa lebih baik kita tidak hujan-hujanan. Jika hanya untuk bermain air kita pergi saja berenang yang sudah jelas bermanfaat untuk tubuh. Jangan berbuat sesuatu yang berbahaya untuk kesehatan kita.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top