Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Ikan Bakar untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Uncategorized

10 Bahaya Ikan Bakar untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Anda perlu mengetahui adanya bahaya ikan bakar untuk kesehatan dan ibu hamil yang dapat mengganggu keselamatan janin. Ikan bakar merupakan jenis olahan makanan yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Sesuai dengan namanya, ikan yang digunakan dibakar dengan bumbu tertentu sesuai selera. Makanan yang satu ini cukup banyak peminatnya karena menjadi pilihan makanan lain selain ikan goreng maupun ikan yang dikukus.

Ikan bakar memang lezat namun Anda perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsinya, terutama kaitannya dengan kesehatan tubuh. Ada kemungkinan nutrisi dalam ikan yang dibakar akan menghilang dalam proses pengolahannya. Konsumsi ikan bakar pun tidak disarankan bagi Anda yang sedang hamil karena dapat mempengaruhi kesehatan janin. Mulailah untuk memperhatikan jenis makanan yang akan Anda konsumsi saat ini.

10 Bahaya Ikan Bakar untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya ikan bakar untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Resiko kanker

Ikan bakar dapat memberikan resiko kanker yang cukup besar ke tubuh Anda. Hal ini berkaitan dengan gosongnya ikan yang akan Anda konsumsi. Karbon dari kegosongan ini menjadi pemicu utama penyakit kanker.

2. Memicu penyakit jantung

Konsumsi ikan berlebih juga akan memicu penyakit jantung di tubuh. Jantung Anda akan terganggu kesehatannya dan tidak bisa berfungsi optimal. Perawatan penyakit jantung pun tidaklah mudah. Itulah mengapa Anda perlu mencegahnya terlebih dahulu.

3. Diabetes

Siapa sangka jika konsumsi ikan bakar yang terlalu banyak dapat membuat tubuh Anda terjangkit penyakit diabetes. Penyakit ini disebabkan kadar gula dalam darah yang naik dan Anda pun tidak bisa bebas mengonsumsi makanan manis.

Loading...

4. Merusak organ hati

Jika ikan yang digunakan untuk dibakar mengandung tawas, maka sudah bisa dipastikan tubuh Anda akan terjangkit penyakit. Tawas merupakan jenis pengawet yand tidak disarankan untuk dikonsumsi. Organ hati Anda akan terganggu fungsinya di dalam tubuh.

5. Kanker payudara

Bagi para wanita sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi ikan bakar. Makanan yang satu ini jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu penyakit kanker. Jenis kanker yang akan menyerang kaum hawa adalah kanker payudara.

6. Masuknya bakteri ke dalam tubuh

Pengolahan ikan bakar dengan cara dibakar bukan jenis pengolahan yang termasuk bersih. Karena kemungkinan besar masih ada bakteri yang menempel pada ikan ketika dibakar dan bagian dalam dagingnya belum matang.

7. Kekurangan nutrisi

Ikan yang dibakar sudah tentu akan mengurangi kandungan nutrisi penting yang ada di dalamnya. Akibatnya, tubuh Anda akan kekurangan nutrisi penting dan hanya menerima daging ikan yang tergolong sampah karena tidak mengandung gizi apapun.

8. Menghambat tumbuh kembang janin

Janin dalam ibu hamil membutuhkan nutrisi yang menyehatkan. Jika Anda menyukai ikan, maka ada baiknya Anda mengonsumsi ikan dengan pengolahan dikukus atau direbus. Nutrisi penting di dalamnya tidak akan berkurang banyak.

9. Sakit perut

Ikan bakar juga dapat membuat perut Anda sakit. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya bakteri yang masuk karena ikan belum matang. Faktor lainnya yaitu kandungan karbon dari proses pembakaran yang menempel pada ikan.

10. Gangguan pencernaan

Pencernaan Anda pun juga akan terkena imbasnya jika Anda mengonsumsi banyak ikan bakar. Ikan ini terkadang dibakar dengan keadaan yang gosong. Ikan gosong tidaklah baik untuk dicerna, apalagi untuk diserap oleh lambung dan usus Anda.

Baca Juga: 40 Jenis Makanan Sehat untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya ikan bakar untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top