Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Ikan Keli untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Ikan Keli untuk Kesehatan Tubuh

Penggemar makanan seafood tampaknya perlu berhati-hati dengan adanya bahaya ikan keli untuk kesehatan tubuh. Nama ikan ini tentunya masih asing di telinga Anda. Selama ini kita hanya mengetahui jenis ikan seperti ikan asin, bandeng, salmon, tuna, dan jenis ikan lainnya. Ikan keli adalah jenis ikan lele yang hidup di air tawar dan dapat Anda temukan dengan mudah di daerah sekitar sungai serta rawa.

Ikan keli merupakan jenis ikan yang memang bisa menjadi bahan makanan untuk dikonsumsi, namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting. Mulai dari habitat ikan ini sampai dengan cara pengolahannya. Secara umum, ikan keli hidup di air yang penuh lumut serta lumpur. Hal ini menyebabkan banyaknya resiko penyakit yang mungkin akan menyerang tubuh Anda jika ikan ini tidak dibersihkan dengan benar.

10 Bahaya Ikan Keli untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya ikan keli untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Bakteri

Habitat ikan keli yang kotor serta jenis makanan yang dikonsumsi ikan keli membuat ikan ini mempunyai resiko mengandung cukup banyak bakteri. Jenis bakteri pun bukan bakteri baik, namun bakteri jahat yang dapat memicu penyakit di tubuh Anda jika dikonsumsi.

2. Sakit perut

Ikan keli yang tidak bersih juga akan membuat perut Anda terasa sakit. Sakit perut bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari lambung yang sensitive sampai dengan cara pengolahan ikan keli yang salah.

3. Keracunan

Polusi air yang terjadi saat ini membuat habitat ikan keli banyak dicemari oleh limbah. Itulah mengapa besar resikonya jika Anda akan mengalami gejala keracunan dengan tercemarnya ikan keli oleh limbah pabrik.

Loading...

4. Mual dan muntah

Efek lanjutan dari keracunan ikan keli yaitu rasa mual dan ingin muntah. Limbah yang banyak mengandung logam serta kotoran akan memberikan reaksi ke lambung dan usus Anda sehingga menyebabkan mual dan muntah.

5. Tiroid

Konsumsi ikan keli yang terlalu banyak akan membuat tubuh Anda terjangkit penyakit tiroid dengan mudah. Penyakit yang satu ini muncul akibat kotornya ikan keli dan juga cara membersihkannya yang kurang benar saat akan dikonsumsi.

6. Kanker

Logam berat dan juga kotornya ikan keli jika terlalu banyak dikonsumsi akan membuat tubuh Anda terjangkit kanker. Kanker akan dengan mudah merusak sel tubuh dan menyebar ke seluruh tubuh Anda.

7. Radang lambung

Ikan keli sangat membahayakan kesehatan lambung jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Hal ini disebabkan oleh kandungan bakteri yang ada di dalamnya sehingga lambung Anda bisa terkena berbagai macam iritasi.

8. Diare

Salah satu penyebab terjadinya diare di tubuh Anda yaitu masuknya bakteri dari makanan yang Anda konsumsi. Nah, penyakit ini bisa menyerang tubuh Anda jika ikan keli yang Anda makan mengandung banyak bakteri jahat.

9. Mencret

Terlalu banyak mengonsumsi ikan keli akan sangat mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda. Jika pencernaan Anda menolak namun Anda terus mengonsumsinya, maka Anda akan mengalami gejala mencret.

10. Sembelit

Gejala penyakit sembelit atau kesulitan buang air besar dapat menjangkiti tubuh Anda jika konsumsi ikan keli terlalu berlebihan. Apalagi jika Anda tidak pernah mengonsumsi makanan berserat, maka pencernaan Anda juga akan semakin tidak lancar.

Baca Juga: 12 Efek Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya ikan keli untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top