Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Ikan Tongkol untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Ikan Tongkol untuk Kesehatan Tubuh

Penggemar ikan perlu mengetahui adanya bahaya ikan tongkol untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan berlebihan. Ikan tongkol merupakan jenis ikan yang mudah ditemukan dan menjadi salah satu ikan utama yang ditangkap oleh nelayan. Jenis ikan ini juga sering dikonsumsi oleh banyak orang disamping jenis ikan lainnya seperti ikan salmon, ikan sarden, dan ikan tuna. Ikan tongkol dapat dijadikan berbagai jenis masakan yang lezat.

Hewan laut seperti ikan tongkol tentunya memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Namun ikan ini juga memiliki sejumlah efek samping bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Walaupun ikan tongkol mempunyai banyak gizi yang tubuh Anda butuhkan, konsumsi berlebihan akan membuat Anda mengalami kelebihan nutrisi. Pengolahan ikan yang tidak tepat juga dapat memicu banyak penyakit.

10 Bahaya Ikan Tongkol untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya ikan tongkol untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Alergi

Bagi Anda yang mempunyai alergi dengan makanan laut sebaiknya tidak mengonsumsi ikan tongkol. Ikan ini mengandung cukup banyak protein khas hewan laut yang dapat memicu gejala alergi di tubuh Anda.

2. Kemungkinan tercemar merkuri

Habitat ikan tongkol tidak lagi sebersih yang Anda bayangkan. Adanya banyak limbah dan juga pencemaran lingkungan menjadikan ikan ini mudah tercemar oleh merkuri. Jika Anda mengonsumsinya, maka zat merkuri yang masuk ke tubuh akan menimbulkan penyakit.

3. Bahaya bagi janin

Ikan tongkol yang sudah tercemar merkuri dapat membahayakan kesehatan ibu hamil, terutama janin yang dikandungnya. Efeknya, pertumbuhan janin akan terhambat dan dapat membuat bayi lahir dengan kondisi cacat.

Loading...

4. Mual dan muntah

Sumber makanan yang berasal dari laut terkenal dengan baunya yang amis, termasuk ikan tongkol. Jika pengolahan ikan tongkol tidak benar, maka tubuh akan bereaksi dengan menimbulkan rasa mual dan juga ingin muntah.

5. Sakit perut

Ikan tongkol dan beberapa jenis ikan lainnya bukanlah jenis ikan yang dapat Anda konsumsi dalam jumlah yang banyak. Itulah mengapa Anda akan merasakan sakit perut yang menyerang bagian pencernaan tubuh.

6. Kanker

Jika ikan tongkol yang Anda konsumsi sudah tercemar oleh kotornya limbah, maka Anda akan mempunyai resiko yang besar terjangkit penyakit kanker. Sel kanker akan dengan mudah masuk ke dalam sel tubuh dan menyebar dengan cepat.

7. Keracunan

Bagi orang yang alergi dengan ikan, hewan laut ini dapat menjadi sumber yang mematikan. Sama halnya jika Anda mengonsumsi ikan tongkol yang kotor dengan kandungan merkurinya, tubuh Anda akan mengalami keracunan.

8. Diare

Ikan tongkol yang tidak diolah dengan benar sehingga masih ada kotoran di dalamnya atau dimasak dengan kurang matang, maka pencernaan Anda bisa mengalami diare. Diare ini muncul karena serangan bakteri kotor dalam ikan.

9. Mencret

Banyak orang yang mengelu mengalami mencret setelah mengonsumsi ikan tongkol. Hal ini bisa dipengaruhi beberapa faktor, mulai dari pencernaan yang sensitive dengan makanan laut atau ikan tongkol yang masih kotor.

10. Sembelit

Ikan tongkol jika dikonsumsi terlalu banyak juga dapat menyebabkan Anda mengalami sembelit atau susah untuk buang air besar. Penyakit ini tentunya tidak akan membuat Anda melakukan kegiatan sehari-hari dengan nyaman.

Baca Juga: 10 Bahaya Ikan Keli untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya ikan tongkol untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top