Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

15 Bahaya Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Adanya bahaya kacang tanah untuk kesehatan tubuh Anda perlu diperhatikan lebih jauh sebelum Anda mengonsumsi kacang ini. Kacang tanah merupakan jenis kacang yang sering dijadikan sebagai bahan konsumsi makanan, baik itu masakan maupun camilan. Anda dapat mengolah kacang ini dengan berbagai cara, direbus maupun digoreng. Kacang tanah juga menjadi bahan utama untuk pembuatan saus kacang sate atau pecel.

Konsumsi kacang tanah yang terlalu banyak ternyata dapat memicu adanya beberapa efek buruk ke tubuh Anda. Kacang ini memang mengandung nutrisi namun jika cara pengolahannya salah, maka Anda dapat terjangkit beberapa penyakit. Beberapa orang juga sering mengonsumsi kacang tanah mentah. Padahal hal ini tidak disarankan karena kacang yang Anda konsumsi belum tentu terbebas dari kotoran maupun bakteri.

15 Bahaya Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya kacang tanah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kandungan mikroba

Kacang tanah berasal dari tanah yang digunakan banyak mikroba sebagai tempat tinggal. Jika Anda tidak membersihkan kacang ini dengan baik, maka resiko masuknya mikroba penyakit sangat besar di tubuh Anda.

2. Demam

Masih berkaitan dengan mikroba yang mungkin menempel pada kacang tanah. Ada jenis mikroba dalam kacang ini yang dapat memicu demam di tubuh Anda, yaitu Salmonella. Mikroba ini akan menyerang kesehatan tubuh Anda dengan menaikkan suhu tubuh.

3. Kanker organ hati

Kacang tanah yang Anda konsumsi juga belum tentu bersih dari kontaminasi zat berbahaya, salah satunya yaitu kontaminasi dari racun yang ada pada jamur. Racun dalam jamur ini dapat merusak organ hati dan memicu adanya kanker.

Loading...

4. Tidak baik untuk pertumbuhan

Faktor bakteri dan adanya kontaminasi racun dalam kacang tanah membuatnya menjadi salah satu makanan yang dapat memicu resiko terhambatnya pertumbuhan. Sebaiknya anak-anak tidak mengonsumsi kacang tanah terlalu banyak karena pertumbuhan mereka akan terhambat.

5. Alergi

Kacang tanah juga dapat memicu alergi pada tubuh. Ada senyawa dalam jenis kacang yang membuat tubuh Anda tidak dapat menerimanya. Akibatnya, akan muncul beberapa gejala alergi seperti kulit gatal dan juga merah-merah.

6. Berat badan

Kandungan lektin dalam kacang tanah yang tidak bisa diserap oleh tubuh Anda dengan sempurna dapat membuat tubuh Anda menjadi gemuk. Berat badan akan cenderung bertambah jika Anda mengonsunsi kacang ini terlalu banyak.

7. Gejala rematik

Jika kacang tanah dikonsumsi berlebihan, maka tubuh Anda akan terkena resiko gejala rematik yang meradang. Hal ini disebabkan oleh kandungan lektin dalam kacang ini yang dapat mempengaruhi kesehatan persendian.

8. Penyakit jantung

Ternyata kacang tanah juga dapat membuat jantung Anda tidak sehat. Kandungan asam omega 6 yang masuk ke dalam tubuh Anda haruslah seimbang. Kacang tanah dengan kandungan omega 6 yang dikonsumsi terlalu banyak akan membuat omega 6 ini berbalik menyerang kesehatan jantung Anda.

9. Keracunan

Pembudidayaan kacang tanah saat ini tidak terlepas dari pemberian zat kimiawi seperti pestisida. Efek pestisida yang masih menempel pada kacang yang Anda konsumsi akan memberikan efek keracunan pada tubuh.

10. Naiknya tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa menghampiri tubuh Anda jika Anda mengonsumsi kacang tanah dengan berlebihan. Kacang ini punya kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi sehingga dapat membuat Anda terjangkit hipertensi.

Baca Juga: 8 Bahaya Buah Sukun untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya kacang tanah untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 5 bahaya lainnya:

5 Bahaya Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Stroke
12. Mual dan muntah pada efek keracunan
13. Sakit perut
14. Susah buang air besar
15. Diare

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya kacang tanah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top