Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Bahaya Kaporit bagi Tubuh Manusia dan Kesehatan

Uncategorized

12 Bahaya Kaporit bagi Tubuh Manusia dan Kesehatan

Kaporit mempunyai fungsi sebagai desinfektan air yang juga mempunyai bahaya untuk kesehatan tubuh Anda. Senyawa kaporit ini berwarna putih yang prosesnya akan melepaskan klorin serta oksigen saat terdekomposisi dalam air. Kaporit beraroma kuat yang tidak bisa ditemukan secara bebas.

Kaporit tidak hanya digunakan pada kolam renang tetapi juga kaporit ada didalam air kran. Kaporit yang digunakan untuk membunuh bakteri, juga membahayakan tubuh. Berikut ini  beberapa bahaya kaporit bagi tubuh.

12 Bahaya Kaporit bagi Tubuh Manusia dan Kesehatan

1. Merusak kolagen

Senyawa kaporit yang terdapat dalam kran bisa menyebabkan lapisan kolagen yang ada pada kulit menjadi rusak. Kerusakan yang parah dapat menimbulkan penuaan pada kulit serta merusak sel-sel yang normal yang berakibat wajah dan kulit lebih kusam dan terlihat keriput. Oleh sebab itu, kaporit berdampak buruk bagi kecantikan kulit dan wajah.

2. Merusak epidermis kulit

Efek yang ditimbulkan apabila terlalu lama berendam dalam air yang mengandung kaporit adalah epidermis kulit atau lapisan pelindung kulit dapat menjadi sangat kering dan ketat. Kondisi ini apabila terjadi pada anak-anak bisa menimbulkan alergi kulit, biang keringat dan iritasi yang serius. Efek samping tersebut disebabkan lapisan pelindung kulit tidak bisa berfungsi sebagai penangkal kotoran serta debu akhirnya masuk melalui pori-pori kulit.

3. Keratinasi kulit

Kerusakan sel dan penimbunan sel kulit mati atau dalam ilmu kesehatan disebut keratinasi akan mudah dialami seseorang dikarenakan adanya senyawa kaporit yang digunakan untuk berendam atau mandi. Hal ini berakibat sel kulit mati yang rusak akan mengeras dan wajah tampak kusam serta mudahnya timbul jerawat.

4. Kerusakan folikel rambut

Kaporit selain menimbulka berbagai masalah kulit juga bisa menyebabkan kerusakan rambut. Hal ini ditandai dengan adanya ketombe, kerontokan rambut bahkan kebotakan yang terlalu dini. Kondisi ini ditandai dengan rambut yang kusam dan rusak serta bercabang.

Loading...

5. Gangguan ginjal

Gangguan ginjal akan terjadi apabil mengkonsumsi air kran yang mengandung kaporit. Sebaiknya apabila ingin mengkonsumsi air disaring dahulu dan hindari minum air kran mendidih dalam keaadan hangat dikarenakan uap kaporit juga bisa terhirup oleh hidung.

6. Gangguan system pernafasan

Sudah dijelaskan diatasa, apabila seseorang menghirup uap kaporit bisa menimbulkan gangguang pernafasan. Uap kaporit yang mendidih lebih berbahaya daripada menghirup zat kaporit secara langsung.

7. Peradangan

Apabila seseorang mengkonsumsi air kran yang mengandung kaporit, ini bisa menyebabkan seseorang mengalami radang pada bagian tenggorokkan atau kerongkongan.

8. Korosi peralatan

Selain berbahaya untuk kesehatan dan kecantikan, kaporit juga berbahaya pada peralatan rumah tangga. Apabila kaporit terus menerus bereaksi denga kalsium hiplorit bisa menyebab korosi pada peralatan rumah tangga. Hal ini tentu bisa merugikan dari kesehatan jika peralatan tersebut digunakan untuk memasak.

9. Kanker

Adanya reaksi senyawa kaporit dengan pori-pori kulit bisa menimbulkan penyakit kanker kulit. Pori-pori kulit yang terbuka saat berendam dapat memicu senyawa kaporit masuk dalam tubuh yang bisa mengakibatkan sel-sel kanker tumbuh tidak terkendali.

10. Penyakit jantung

Penyakit jantung timbul disebabkan adanya gangguan pernafasaan yang dipicu karena seseorang meghirup uap kaporit atau tersedak saat seseorang berendam di air yang mengandung kaporit. Efek yang timbul adalah ditandai dengan gangguan ritme jantung yang mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga tidak ada oksigen menuju jantung. Waspadalah karean salah satu penyebab penyakit jantung berawal dari paparan kaporit.

Baca Juga: 12 Efek Samping Aspirin Jangka Panjang untuk Kesehatan

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya kaporit bagi tubuh manusia lainnya. Berikut bahaya kaporit bagi tubuh manusia lainnya.

2 Bahaya Kaporit bagi Tubuh Manusia dan Kesehatan Lainnya.

11. Mengganggu imunitas
12. Penuaan dini

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya kaporit bagi tubuh manusia yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top