Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Kelamaan Tidur untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya Kelamaan Tidur untuk Kesehatan

Tidur adalah kewajiban yang mesti dilakukan manusia. Supaya tubuh sehat selalu. Bila saja kita tidak tidur, maka tubuh akan terganggu kesehatannya. Karena seluruh organ selalu dipaksa kerja 24 jam. Dan lagi, regenerasi sel juga berjalan lambat. Bahkan terhenti sama sekali. Maka memang, peranan tidur untuk tubuh itu banyak sekali.

Kini pertanyaannya, berapa lamakah waktu tidur yang normal? Ternyata ini bergantung pada usia dan kesehatan fisik. Jika kamu adalah seorang dewasa, maka tidur 6-7 jam saja sudah dirasa sangat cukup. Namun ketika kamu sedang sakit, maka tidur bisa sampai 8-10 jam.

Di balik pentingnya tidur, ternyata juga ada bahayanya.Yakni bila kita kelamaan tidur. Ternyata ini sangat tidak baik buat kesehatan tubuh. Dan juga kesehatan mental. Bagaimana tidak? Karena tubuh kita kemungkinan besar akan kekurangan oksigen dan makanan. Karena dalam rentang waktu lama, kita tidak menyadari keluar masuknya nafas. Di dalam kamar yang mungkin juga kurang oksigen. Belum lagi juga perut yang selalu kosong, tidak berisi makanan. Tentu ini bahaya.

Silahkan langsung simak saja 15 bahaya kelamaan tidur untuk kesehatan yang perlu kita waspadai ini:

1. Otot Menjadi Kaku

Karena dalam posisi kelamaan tidur, maka otot sudah pasti akan kaku. Saking kakunya bikin terasa sakit kalau digerakkan. Belum lagi kesemutannya yang mungkin amat parah. Maka dari itu, janganlah kita tidur kelamaan. Supaya otot senantiasa elastis.

2. Mengalami Gangguan Peredaran Darah

Orang yang kelamaan tidur juga akan mengalami gangguan peredaran darah. Sebab, ia selalu dalam kondisi berbaring. Yang mana ini amat buruk untuk tubuh. Darah yang harusnya mengalir lancar, malah tersendat. Tentu saja ini begitu bahaya untuk tubuh. Bisa picu hipertensi dan hipotensi.

Loading...

3. Rentan Terserang Anemia

Ya, anemia juga salah satu yang bakal terjadi kalau tubuh kita kelamaan tidur. Penyakit kekurangan sel darah merah dan zat besi ini bahaya bila dibiarkan saja. Karena membuat tubuh penderitanya lemas dan bahkan bisa pula mimisan, bila yang sudah terlalu parah. Karena rendahnya kadar trombosit pula.

4. Sudah Pasti Mengalami Dehidrasi

Sudahlah pasti dehidrasi menyerang. Orang yang kena dehidrasi itu bisa terancam nyawanya loh. Maka hati-hatilah! Ketika tubuh dalam kondisi kelamaan tidur, sudah pasti tubuh kekurangan cairan akibat tidak minum dalam jangka waktu lama. Maka dari itulah, ini perlu kita waspadai.

5. Kerusakan Organ Tubuh

Kerusakan organ tubuh pastilah bakal terjadi. Karena tubuh kurang suplai energi dari udara dan makanan. Belum lagi juga kurangnya tertimpa cahaya. Maka dari itu, janganlah sampai kita kelamaan tidur. Resiko kerusakan ini amat besar!

6. Paru-Paru Terganggu Kerjanya

Organ paru-paru juga akan terganggu kerjanya kalau kita kelamaan tidur. Karena napas akan selalu kekurangan oksigen. Paru-paru yang harusnya dipakai untuk mengatur pernafasan manusia akan melemah kinerjanya secara simultan. Waspadalah terhadap bahaya ini!

7. Rawan Kena Serangan Jantung

Serangan jantung bisa saja terjadi. Skemanya sama dengan kerusakan paru-paru. Jantung yang jarang dipakai untuk aktivitas oleh manusia akan melemah. Lama-lama ototnya akan rusak. Dan pada akhirnya kita kena serangan jantung.

8. Bisa Kena Diabetes

Orang yang kena diabetes konon juga disebabkan karena dirinya kelamaan tidur. Apalagi bila tidur di siang hari. Tentu saja ini amat bahaya sekali. Maka dari itu, sebaiknya kita waspadai dampak buruk dari tidur terlalu lama ini. Jangan sampai kita kena diabetes meliitus yang mematikan itu.

9. Menurunnya Daya Konsentrasi

Kelamaan tidur juga akan menurunkan daya konsentrasi. Maka sebaiknya kita tidur secukupnya saja. Konsentrasi kana mat dibutuhkan tubuh manusia. Supaya bisa bekerja dengan maksimal. Dan selalu fokus dan enerjik menjalani kehidupan sehari-hari.

10. Mengalami Gangguan Lambung

Gangguan lambung juga mungkin saja terjadi. Orang yang kena gangguan lambung kronis bisa terancam nyawanya loh. Hidupnya pun menderita karean sakit maag kronis, atau GERD yang ditimpanya

Baca Juga: 15 Ciri-Ciri Rumah Tidak Sehat yang Berbahaya untuk Tubuh

Seperti di ataslah bilamana porsi tidur kita kebanyakan. Memang bahaya sekali untuk tubuh. Nah, di bawah ini masih ada lagi ternyata bahayanya. Yang perlu diperhatikan pula.

5 Bahaya Kelamaan Tidur yang Lainnya:

11. Serangan Stroke
12. Bisa Kena Kanker
13. Gangguan Syaraf Motorik
14. Mengalami Kematian
15. Lemas Berkepanjangan

Seperti itulah seluruh bahaya bila kita tidur terlalu lama. Maka dari itu, kenalilah porsi tidurmu. Jangan sampai kekurangan dan kelebihan. Semata-mata demi mendapatkan tubuh yang bugar dan segar sepanjang hari, setiap hari.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top