Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Kentang Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Kentang Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa bahaya kentang goreng untuk kesehatan tubuh bagi Anda yang menyukai olahan makanan yang satu ini. Kentang merupakan salah satu sumber makanan yang sudah sering kita olah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari sayuran sampai dengan kentang yang ditumis. Olahan makanan berupa kentang goreng sendiri adalah jenis olahan kentang yang digoreng dengan minyak serta diberi bumbu yang akan membuatnya terasa lebih gurih.

Bentuk kentang goreng sendiri cenderung lonjong dan panjang seperti stik. Hal ini bertujuan agar Anda mudah mengonsumsinya. Namun Anda tidak bisa mengonsumsi kentang goreng dalam jumlah yang banyak sekaligus. Selain mengandung banyak minyak akibat hasil olahannya yang digoreng, Anda juga dapat memperoleh efek samping yang ditimbulkan oleh bumbu kentang goreng. Bumbu ini biasanya dibuat dengan pengawet dan MSG yang berlebihan jika Anda menggunakan bumbu kemasan.

10 Bahaya Kentang Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya kentang goreng untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Kolesterol yang tinggi

Kentang goreng diolah dengan menggunakan minyak yang cukup banyak. Minyak goreng mengandung lemak yang dapat memicu penyakit kolesterol yang tinggi jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak melalui kentang goreng.

2. Resiko penyakit kanker

Olahan kentang goreng dengan menggunakan jenis minyak yang digunakan berkali-kali juga dapat membuat tubuh Anda terjangkit penyakit kanker. Sel tubuh Anda akan diserang sel ganas kanker dengan sangat mudah.

3. Menurunnya kinerja otak

Kandungan bahan MSG pada bumbu kentang goreng kemasan mempunyai dampak buruk jika dikonsumsi terlalu sering. Salah satu dampak buruknya yaitu menurunnya kinerja otak Anda yang akan berpengaruh pada kinerja organ lainnya.

Loading...

4. Berkurangnya nutrisi

Kita sudah mengetahui bahwa kentang merupakan sumber makanan dengan kandungan beberapa nutrisi sehat. Nutrisi dalam kentang akan berkurang jika diolah dengan cara digoreng seperti kentang goreng. Anda pun tidak akan mendapatkan nutrisi yang optimal.

5. Diabetes

Kentang mengandung sejumlag kalori yang cukup banyak. Jika Anda mengonsumsi kentang goreng terlalu banyak dengan kandungan minyaknya, maka sudah bisa dipastikan Anda akan dengan mudah terjangkit penyakit diabetes akibat terlalu banyak zat gula dalam tubuh.

6. Gangguan kesehatan jantung

Kolesterol tinggi yang diakibatkan oleh konsumsi kentang goreng berlebih dapat membuat kesehatan jantung Anda terganggu. Anda akan dengan mudah terjangkit penyakit serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

7. Stroke

Gejala penyakit lainnya yang akan Anda peroleh dengan konsumsi kentang goreng yang berlebih yaitu gejala penyakit stroke. Penyakit ini diperoleh dari kandungan kolesterol di tubuh Anda yang sudah tinggi.

8. Mengganggu kelancaran aliran darah

Dampak dari penyakit kolesterol tinggi karena konsumsi kentang goreng juga mempengaruhi kesehatan tubuh Anda pada aliran darah. Aliran darah Anda akan cenderung menjadi tidak lancar sehingga beberapa organ tubuh pun akan terganggu fungsinya.

9. Gangguan pencernaan

Kandungan minyak pada kentang goreng yang banyak akan membuat pencernaan Anda menjadi terganggu. Minyak bukanlah zat yang mudah larut dalam tubuh sehingga pencernaan Anda perlu bekerja ekstra keras.

10. Diare

Konsumsi kentang goreng yang terlalu banyak juga akan menyebabkan diare. Hal ini bisa berasal dari bahan bumbu yang digunakan untuk memberikan rasa pada minyak goreng yang terkadang mengandung merica yang cukup pedas.

Baca Juga: 15 Bahaya Emping Melinjo untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya kentang goreng untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top