Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Kerokan untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya Kerokan untuk Kesehatan

Kerokan adalah aktivitas menggosok-ngosok punggung dan dada dengan koin. Sebelumnya punggung dan dada diolesi balsem, minyak, atau lotion terlebih dahulu sebagai pelicin. Ketika kita mengerik-ngerik atau mengerok-ngeroknya, maka tampaklah membekas bekas kerikan ini. Warna merah. Konon semakin parah sakit yang kita derita, maka makin merahlah bekas kerokan ini.
Kerokan sudah menjadi gaya hidup tersendiri.

Banyak orang kalau sedang dilanda masuk angin pastilah kerokan. Tidak kaya tidak miskin, semua lapisan masyarakat pokoknya hobi banget kerokan. Dari anak kecil sampai nenek-nenek pun pernah kerokan. Kini pertanyannya, dampaknya apa sih? Apakah ada bahaya kerokan untuk kesehatan?

Ada manfaatnya, tentu saja bakal ada bahayanya. Kalau manfaatnya bisa menyembuhkan masuk angin. Ternyata di sisi lain, kerokan menyebabkan pori-pori kulit melebar. Orang yang sering tertimpa masuk angin dianggap terjadi karena seringnya kerokan. Niat hati ingin sembuh dari masuk angin, eh, malahan jadi punya masuk angin kronis. Mengerikan!

Nah, di bawah ini sudah kami susun 15 bahaya kerokan untuk kesehatan. Silahkan disimak dengan baik!

1. Membuat Pori-Pori Menjadi Lebih Lebar

Kerokan ternyata bisa menyebabkan pori-pori kulit menjadi lebih lebar. Orang yang seringkali kerokan sungguh akan membuat pori-porinya malah jadi membesar. Dampaknya apa? Tentu saja dampaknya jadinya mudah masuk angin dan sakit malah. Memang selepas kerokan akan sembuh. Tapi esok harinya bakal sakit lagi. Ini sungguh menyebalkan sekali.

2. Merusak Jaringan Kulit

Bahaya kerokan juga menyebabkan kulit mengalami kerusakan jaringan. Bagaimana tidak? Tekanan akibat koin selama mengerik-ngerik punggung dan dada, ini yang mengerikan.  Kerusakan jaringan ini menyebabkan kulit menipis dan susah regenerasinya.

Loading...

3. Membuat Kulit Lebih Menggelap

Akibat susah regenerasi, maka kulit punggung dan dada pun jadi menggelap. Sungguh sangat berbahaya sekali.  Bagaimana tidak menggelap. Tekanan kerokannya terlalu keras. Membuat darah naik ke permukaan kulit. Dan kalau tidak hilang ruamnya, maka jadi memar dan gelap.

4. Mudah Mengalami Pengapuran Tulang

Bahaya kerokan selanjutnya adalah mudah mengalami pengapuran tulang. Tentunya pada bagian tubuh yang sering dikerok. Pengapuran tulang adalah penyakit keroposnya tulang. Ini bahaya bila dibiarkan karena bisa menyebabkan tulang patah.

5. Rentan Mengalami Patah Tulang di Usia Muda

Ingatlah bahwa patah tulang dada apalagi punggung itu bahaya. Karena di punggung manusia itu kan ada tulang belakang yang memproduksi sum-sum tulang. Di sana ada proses produksi sel-sel darah. Tulang belakang yang patah kerap menimbulkan efek buruk yang fatal, yaitu kematian.

6. Gangguan Tulang Belakang dan Punggung

Gangguan tulang belakang dan punggung bisa saja terjadi.  Orang yang kena gangguan ini akan menjalani hidup dengan susah. Seperti susah jalan dan berdiri. Bungkuk saja susah. Bahkan duduk juga susah. Sungguh mengerikan sekali. Maka dari itu, sebaiknya kita yang masih muda ini jangan
kerokan.

7. Membuat Ketergantungan

Sekali pernah kerokan maka bakalan kerokan terus. Inilah bahaya kerokan yang mesti diwaspadai. Bagaimana tidak jadi ketergantungan. Rasanya pasti tiap hari berasa badan tidak enak karena pori-pori terbuka lebar. Alhasil selalu ingin dikerok lagi dan lagi.

8. Sakit Dada

Sakit dada juga bisa terjadi bila kita sering kerokan. Bahaya kerokan menyebabkan sakit dada karena tekanan yang terlalu keras dari koin yang digunakan untuk mengerik. Maka dari itu, segera saja kurangi kebiasaan buruk kerokan ini. Demi sakit dada yang sembuh. Jangan diremehkan ya peringatan ini!

9. Membuat Sesak Napas

Sesak napas bisa saja terjadi bila kita sering kerokan. Karena lagi-lagi gerakan mengerikan ini membuat organ pernafasan jadi tertekan. Belum lagi aroma balsem atau minyak yang membuat semakin sesak napas. Sebaiknya jika memang kamu butuh mengobati masuk angin, cukup olesi dada dan perut dengan minyak kayu putih aja. Lalu berbaring dalam posisi miring. Lihatlah hasilnya! Sungguh beda sekali, nanti perut bakal lega dan dada tidak sakit lagi. Karena angin bakalan keluar akibat olesan panas dari minyak itu.

10. Mengalami Mual

Ya, tentu saja mual sangat bisa terjadi. Mual yang sangat menyebalkan dan bikin pusing. Cepatlah buang gaya hidup kerokan ini. Bahaya kerokan janganlah disepelekan!

Baca Juga: 15 Bahaya Mandi di Malam Hari untuk Kesehatan Tubuh

5 Bahaya Kerokan yang Lainnya:

11. Masuknya Bakteri ke dalam Tubuh
12. Mudah Sakit
13. Ruam di Kulit yang Susah Hilang
14. Penampilan Jadi Jelek
15. Mengalami Lecet dan Pendarahan

Seperti itulah seluruh bahaya kerokan untuk kesehatan. Perhatikan baik-baik ya! Meskipun kerokan nikmat. Namun nyatanya sungguh mengerikan sekali

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top