Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Konsumsi Arak yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Konsumsi Arak yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Arak merupakan jenis minuman tradisional yang mengandung alkohol dan mudah ditemukan diberbagi daerah di Indonesia. Meski memiliki nama yang berbeda beda, minuman ini terbuat dari bahan yang hampir sama yaitu fermentasi biji, buah, ataupun getah pohon.

Proses fermentasi dan penyulingan akan menghasilkan minuman beralkohol yang cukup tinggi. Sebenarnya arak atau tuak ini berfungsi sebagai minuman penghangat tubuh dikala cuaca dingin. Akan tetapi, sebagian orang menyalahgunakannya dengan cara minum berlebihan sampai menyebabkan efek mabuk.

10 Bahaya Konsumsi Arak yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Selain itu arak juga mempunyai bahaya lain bagi kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Merusak Organ Dalam dan Saraf Otak

Bahaya konsumsi minuman arak yang pertama adalah merusak fungsi organ dalam  tubuh dan saraf otak. Beberapa organ dalam seperti jantung, hati, ginjal, lambung dapat rusak dan mengali gangguan akibat kandungan lakohol dalam arak. Efek depresan dari alkohol juga akan menekan dan menghambat kenerja pada sistem saraf pusat pada otak. Sehingga gangguan mental dan penyakit seperti alzaimer dapat terjadi pada pecandu alkohol.

2. Memicu Berbagai Penyakit

Kebiasaan minum arak yang berlebihan dan dalam jangka waktu panjang akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya virus, kuman, dan bakteri dapat mudah menyerang sehingga menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Alkohol yang telah bercampur dengan aliran darah juga akan mengganggu sistem metabolisme. Beberapa penyakit berbahaya yang rentan diderita seperti kanker, tumor, hipertensi, hepatitis dimensia dan masih banyak lagi

3. Kecanduan dan Overdosis

Meskipun kandungan alkohol arak tidak setinggi pada minuman keras lainnya, namun efek yang ditimbulkan akan tetap sama yaitu kecanduan dan overdosis. Orang yang biasa mengkonsumsi arak akan sulit lepas dari kebiasaan ini, karena adanya kandungan zat adiktif di dalamnya. Pemakaian berlebih sampai tingkat paling parah menyebabkan overdosis yang berujung pada kematian.

Loading...

4. Obesitas

Hasil fermantasi buah atau cairan getah pohon seperti enau dan nira kelapa memiliki kandungan zat gula dan kalori yang cukup tinggi. Meminum arak terlalu sering dapat menaikkan berat badan secara drastis. Glukosa dan kalori berlebih akan tertumpuk menjadi lemak. Selain itu efek terganggunya sistem metabolisme tubuh juga akan mempercepat obesitas.

5. Gangguan Menstrulasi dan Menopouse

Berhati-hatilah bagi Anda wanita yang suka minum minuman keras termasuk arak. Kandungan zat di dalamnya dapat mengganggu kestabilan hormon tubuh. Dampaknya siklus mentrulasi yang terjadi tiap bulan akan tidak lancar dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman. Selain itu masa kesuburan juga kan lebih pendek karena menopause akan datang lebih cepat pada wanita pencandu alkohol.

6. Gangguan Kehamilan dan Janin

Keguguran, kelahiran prematur dan cacat janin adalah beberapa dampak buruk bagi wanita yang mengkonsumsi minuman keras saat sedang hamil. Kehamilan pada trisemester awal sangat rentan terjadi keguguan apalagi dengan masuknya alkohol kedalam tubuh. Penelitian menunjukkan wanita yang sering mengkonsumsi alkohol akan sulit memiliki anak karena kesuburannya menurun.

7. Menurunkan Fungsi Penglihatan

Bahaya arak bagi kesehatan selanjudnya yaitu penurunan fungsi penglihatan. Penglihatan menjadi kabur atau penyakit mata seperti glukoma, miopi, hipermiopi dan lain sebagainya adalah penyakit mata akibat saraf mata yang terganggu. Telah dijelaskan bahwa efek depesan alkohol dapat melemahkan sistem saraf tidak terkecuali otot saraf mata.

8. Gangguan Seksual

Kandungan alkohol dalam arak dipercaya dapat menurunkan fungsi organ reproduksi baik bagi pria maupun wanita. Hal ini disebabkan karena kestabilan hormon reproduksi terganggu. Penyakit impotensi atau disfungsi ereksi dan menurunnya gairah seks dapat terjadi pada pecandu alkohol. Oleh karena itu hindari minuman beralkohol dari sekarang agar kesehatan organ reproduksi tetap terjaga.

9. Menurunkan Kecerdasan

Rusaknya syaraf otak akibat alkohol dalam minuman keras seperti arak akan menurunkan tingkat intelegensi. Fungsi kerja otak tidak akan maksimal. Otak tidak akan mampu lagi berfikir secara baik, sering lupa, atau sulit berkonsentrasi. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan jika terjadi pada kaum muda.

10. Mual dan Muntah

Efek yang satu ini mungkin biasa terjadi saat seorang mengkonsumsi arak secara berlebih. Kontaksi akan terjadi pada lambung yang dipenuhi kadar alakohol. Rasa mual kemudian muntah adala reaksi akibat stimulus alkohol terhadap sistem pencernaan. Jangan menganggap remeh, karena mual dan muntah berlebih dapat menyebabkan dehidrasi akut.

Baca Juga: 6 Bahaya dan Efek Buruk Konsumsi Teh Campur Susu untuk Tubuh

Kebiasaan konsumsi minuman arak harus dihindari dan dihentikan dari sekarang. Alkohol dalam arak yang dapat menyebabkan kecanduan dan bahaya bagi kesehatan lainnya telah dijelaskan dalam pembahasan diatas. Selain menggangu kesehatan tubuh, minuman beralkohol seperti arak juga telah dilarang secara hukum dan norma agama.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top