Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Bahaya Konsumsi Belalang untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

8 Bahaya Konsumsi Belalang untuk Kesehatan Tubuh

Penggemar belalang masih banyak yang belum memahami adanya bahaya konsumsi belalang untuk kesehatan tubuh. Beberapa daerah pedesaan di Indonesia masih secara tradisional mengonsumsi belalang. Serangga yang satu ini pasalnya mengandung sejumlah protein dan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Rasa belalang yang digoreng pun dinilai cukup enak dan gurih sehingga sering dikonsumsi sebagai camilan.

Belalang memang memiliki cukup banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang sehat, namun bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya dengan berlebihan. Sebagian orang akan mengalami beberapa gangguan kesehatan setelah mengonsumsi belalang. Penyebabnya bisa karena konsumsi yang terlalu banyak atau tubuh yang menolah menerima tekstur dan kandungan senyawa yang ada dalam hewan ini. Anda perlu waspada akan bahaya yang ditimbulkannya.

8 Bahaya Konsumsi Belalang untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi belalang untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Infeksi cacing parasit

Bahaya pertama dari konsumsi belalang yang digoreng yaitu adanya infeksi cacing di dalamnya. Hal ini bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda jika proses pembersihan belalang sebelum dimasak tidak dilakukan dengan benar.

2. Alergi

Serangga mempunyai sejenis protein dan senyawa lain yang berbeda dan terkadang tidak bisa diterima oleh tubuh. Akibatnya, tubuh Anda akan mengalami sejumlah alergi seperti merah pada kulit dan juga gatal.

3. Keracunan

Belalang yang dikonsumsi terlalu banyak juga dapat menimbulkan efek keracunan di tubuh. Keracunan yang Anda alami bisa datang dari asupan nutrisi berlebihan yang bercampur dengan polutan yang melekat pada hewan ini.

Loading...

4. Sakit perut

Bagi Anda yang pertama kali mengonsumsi belalang, kemungkinan besar Anda dapat mendapatkan gejala sakit perut. Hal ini diakibatkan oleh lambung atau pencernaan belum terlalu familiar dengan kandungan senyawa yang ada di dalam belalang.

5. Diare

Konsumsi belalang yang berlebihan, terlebih lagi belalang yang tidak bersih juga akan memberikan efek diare ke pencernaan Anda. Anda dapat mengatasi diare dengan mengonsumsi banyak air putih dan mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter.

6. Lidah gatal

Belalang merupakan hewan dengan bagian bulu halus di sekitar tubuhnya. Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi hewan ini, bulu halus tersebut akan membuat rasa gatal muncul di lidah dan sekitar mulut.

7. Mencret

Selain diare, konsumsi belalang yang terlalu banyak atau bahkan tidak bersih akan memicu gejala mencret. Gejala penyakit ini akan dimulai dengan rasa ingin buang air terus menerus dan kekurangan cairan tubuh.

8. Mual dan muntah

Jika lambung Anda menolak belalang yang masuk ke dalam tubuh, maka Anda bisa mengalami gejala mual dan muntah. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan lain terlebih dahulu atau mengonsumsi air putih sebelum memakan hewan ini.

Baca Juga: 20 Jenis Makanan Penurun Androgen yang Ampuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi belalang untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top