Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Bahaya Konsumsi Cilok untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

12 Bahaya Konsumsi Cilok untuk Kesehatan Tubuh

Sudah banyak ditemukan adanya bahaya konsumsi cilok untuk kesehatan tubuh karena bahan yang digunakan untuk membuatnya. Siapa yang tidak mengenal cilok? Cilok merupakan makanan ringan, sejenis jajanan yang dapat dengan mudah Anda temukan dijual di pinggir jalan. Penggemar makanan yang satu ini pun tidak sedikit. Bentuk cilok bulat seperti bakso yang berbahan dasar tepung serta bumbu. Pengolahannya dengan cara digoreng menggunakan minyak panas.

Mengapa Anda perlu berhati-hati jika mengonsumsi cilok? Makanan ringan ini memang cocok dijadikan camilan namun bukan berarti tubuh Anda akan menjadi lebih sehat. Saat ini sudah banyak cilok yang dijual dan ternyata mengandung banyak bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal ini dilakukan oleh oknum penjual nakal yang ingin menekan biaya produksi dan membuat dagangan mereka tidak mudah busuk agar bisa dijual kembali.

12 Bahaya Konsumsi Cilok untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya konsumsi cilok untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kegemukan

Cilok dibuat dengan bahan dasar tepung yang banyak mengandung kalori. Belum lagi minyak goreng yang digunakan untuk menggorengnya. Tubuh Anda hanya akan menjadi gemuk jika mengonsumsi cilok terlalu banyak.

2. Munculnya diare

Konsumsi cilok yang berlebihan juga dapat memicu adanya diare yang menyerang tubuh Anda. Gejala penyakit ini perlu diwaspadai karena pencernaan Anda dapat mengalami dampak yang lebih parah.

3. Kolesterol

Lemak trans yang ada dalam cilok cukup tinggi. Jika sering mengonsumsi makanan ringan yang satu ini, maka tubuh Anda akan mendapatkan penumpukan kolesterol. Efeknya, Anda akan terjangkit banyak penyakit akibat kolesterol.

Loading...

4. Kanker

Sejumlah oknum pedagang sering menggunakan bahan-bahan yang tidak layak konsumsi, seperti formalin. Formalin yang masuk ke dalam tubuh Anda akan merusak jaringan sel dan memicu adanya sel kanker.

5. Sakit perut

Cilok biasanya dikonsumsi dengan berbagai macam jenis bumbu, mulai dari yang asin sampai dengan yang pedas. Konsumsi berlebihan hanya akan membuat Anda merasakan sakit pada perut dan disertai dengan gejala nyeri.

6. Mual

Bahaya lainnya dari konsumsi cilok yaitu munculnya gejala mual dan ingin muntah. Hal ini bisa terjadi akibat dari beberapa faktor, mulai dari bahan yang digunakan sampai dengan porsi cilok yang dikonsumsi dengan berlebihan.

7. Muntah

Gejala muntah setelah mengonsumsi cilok bisa terjadi karena tubuh Anda menolak makanan ini. Terkadang tubuh kita dapat mengetahui makanan mana yang pantas untuk dikonsumsi atau tidak. Kemungkinan besar cilok yang Anda makan mengandung zat beebahaya.

8. Pusing dan sakit kepala

Kandungan zat yang terdapat dalam cilok serta bumbunya ternyata dapat mempengaruhi kesehatan kepala Anda. Efeknya bisa menyebabkan pusing sampai dengan sakit kepala yang tak tertahankan. Konsumsilah cilok dalam porsi yang wajar saja.

9. Bukan makanan ibu hamil

Terkadang ibu hamil ingin mengonsumsi jenis makanan tertentu, termasuk cilok. Namun cilok bukanlah makanan yang pantas untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mempengaruhi kesehatan janin di kandungan.

10. Mengganggu kesehatan ginjal

Ginjal Anda juga akan terkena dampak yang buruk dengan konsumsi cilok yang berlebihan. Berbaga jenis senyawa berbahaya yang dimasukkan ke dalam cilok akan memicu timbulnya penyakit gagal ginjal di dalam tubuh.

11. Merusak organ hati

Organ hati Anda dapat mengalami banyak gangguan kesehatan jika Anda mengonsumsi cilok melebihi batas. Racun yang kemungkinan besar ada di dalam cilok akan merusak kesehatan hati dan menurunkan fungsinya.

12. Efek keracunan

Jika Anda mengalami efek keracunan berupa mual, muntah, pusing, dan juga menggigil, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi cilok. Bisa jadi kandungan kimiawi yang dimasukkan ke dalam makanan ini membuat efek keracunan di tubuh Anda.

Baca Juga: 20 Bahaya Mie Instan untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi cilok untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top