Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan untuk Tubuh

Uncategorized

15 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan untuk Tubuh

Adanya bahaya konsumsi garam berlebihan untuk tubuh perlu Anda waspadai agar tubuh Anda tidak terjangkit gangguan kesehatan. Garam merupakan jenis bumbu dapur yang sudah sangat sering digunakan untuk membuat berbagai menu masakan. Tanpa garam, masakan Anda akan terasa kurang sedap di lidah. Garam juga menjadi sumber asupan makanan yang tubuh kita butuhkan, kurang lebih 2300 miligram setiap harinya.

Jika Anda mengonsumsi banyak makanan dengan kandungan garam yang melebihi 2300 gram setiap hari, maka tubuh Anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan. Tubuh manusia terutama bagian pencernaan tidak mempunyai kapasitas atau kemampuan dalam menerima satu jenis rasa yang terlalu banyak. Tidak hanya rasa asin pada garam saja, namun juga rasa lainnya seperti pahit dan pedas. Anda perlu membatasi konsumsi garam sesuai dengan kebutuhan.

15 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan untuk Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya konsumsi garam berlebihan untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Hipertensi

Konsumsi garam yang terlalu banyak justru akan membuat tekanan darah Anda naik. Tekanan darah yang naik akan memicu penyakit hipertensi. Penyakit ini paling banyak menjangkit tubuh seseorang karena pola makan yang kurang diperhatikan.

2. Aliran darah yang tidak lancar

Gejala hipertensi akibat konsumsi garam juga akan membuat aliran darah Anda menjadi tidak lancar. Padahal tubuh Anda memerlukan peredaran darah yang merata ke seluruh tubuh. Jika tidak, organ tubuh Anda tidak akan berfungsi dengan baik.

3. Penurunan kinerja jantung

Anda juga perlu waspada dengan kesehatan jantung Anda. Jika Anda menyukai konsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi, kesehatan jantung Anda bisa terganggu. Mulai dari kinerjanya yang menurun sampai dengan adanya penyakit jantung.

Loading...

4. Stroke

Siapa sangka jika konsumsi garam yang berlebihan juga akan membuat tubuh Anda dengan mudah terjangkit stroke. Penyakit yang satu ini bisa cukup membahayakan tubuh karena dapat memicu kematian.

5. Jantung yang bengkak

Salah satu ciri khas dari efek buruk yang ditimbulkan oleh konsumsi garam berlebih yaitu adanya kondisi pembengkakan pada organ jantung. Akibatnya, jantung Anda tidak akan berfungsi dengan baik untuk memompa darah.

6. Kurang cairan tubuh

Garam merupakan bahan yang mampu menyerap air dengan sangat cepat. Sama halnya dengan air atau cairan yang ada di tubuh Anda. Ketika garam yang Anda konsumsi menyerap cairan tubuh denga cepat, Anda bisa terjangkit dehidrasi.

7. Penurunan konsentrasi

Kurangnya cairan dalam tubuh akibat konsumsi garam berlebih dapat memicu penurunan konsentrasi Anda. Apalagi jika Anda adalah seorang pekerja yang membutuhkan banyak konsentrasi, konsumsi garam perlu dibatasi.

8. Mudah lelah

Kondisi tubuh yang kurang cairan akibat dari diserapnya cairan tubuh oleh garam yang Anda konsumsi akan membuat tubuh Anda mudah lelah. Tidak hanya lelah, Anda juga akan kekurangan energi serta tenaga untuk berakitivitas.

9. Gangguan pencernaan

Garam yang terlalu banyak masuk ke pencernaan tentu saja akan membuat pencernaan Anda terganggu. Mulai dari sakit perut, mulas, sampai dengan gejala penyakit gangguan pencernaan lainnya.

10. Luka pada lambung

Garam mempunyai sifat perusak yang akan membuat kulit Anda terasa perih. Sama halnya jika Anda mengonsumsi garam terlalu banyak dan mengenai permukaan lambung. Lambung Anda akan terasa perih bahkan terluka.

Baca Juga: 16 Jenis Makanan yang Sulit Dicerna oleh Usus

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi garam berlebihan untuk tubuh lainnya. Berikut ini 5 bahaya lainnya:

5 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan untuk Tubuh Lainnya

11. Rontoknya rambut
12. Rasa mulas dan mual
13. Meningkatnya sekresi air empedu
14. Gangguan ginjal
15. Osteoporosis

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi garam berlebihan untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top