Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Bahaya Konsumsi Kangkung Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

8 Bahaya Konsumsi Kangkung Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Adanya bahaya konsumsi kangkung berlebihan untuk kesehatan tubuh dapat memicu beberapa dampak buruk ke tubuh Anda. Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan untuk diolah menjadi berbagai jenis menu makanan. Sayuran yang satu ini paling sering diolah menjadi tumis kangkung yang lezat. Mulai ibu rumah tangga sampai dengan warung makan pun banyak menyediakan masakan berupa kangkung.

Kangkung tidak hanya ada dalam satu jenis saja, namun juga beberapa jenis. Kandungan nutrisi dalam sayuran yang satu ini sangatlah banyak. Ada lemak, natrium, protein, beberapa vitamin serta mineral lainnya. Walaupun begitu, kangkung juga tidak bisa dikonsumsi terlalu banyak. Kangkung yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan memberikan beberapa dampak buruk untuk kesehatan Anda dengan terlalu banyak nutrisi yang diserap oleh tubuh.

8 Bahaya Konsumsi Kangkung Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi kangkung berlebihan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Asam urat

Kangkung mengandung sejumlah zat purin yang dapat memicu penyakit asam urat. Bagi Anda yang mempunyai penyakit ini atau sedang dalam masa penyembuhan sebaiknya tidak mengonsumsi kangkung terlalu banyak

2. Kantuk

Efek samping kangkung sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu sayuran yang dapat memberikan efek kantuk. Sebaiknya bagi Anda yang sedang sibuk melakukan kegiatan tidak mengonsumsi kangkung agar tidak mengantuk.

3. Alergi

Konsumsi kangkung yang berlebihan dapat menyebabkan gejala alergi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan magnesium di dalamnya yang akan memicu berbagia jenis gejala alergi di dalam tubuh.

Loading...

4. Sakit perut

Tidak hanya mengantuk, tubuh Anda juga bisa diserang rasa sakit perut karena kelebihan mengonsumsi kangkung. Kangkung mengandung banyak nutrisi sehingga jika tubuh Anda menyerap nutrisi yang berlebihan, perut Anda justru akan mengalami sakit.

5. Gangguan pencernaan

Jumlah porsi kangkung yang dikonsumsi berlebihan dapat memicu adanya gangguan kesehatan, terutama pada bagian pencernaan. Pencernaan Anda tidak hanya akan merasakan sakit perut, namun juga menjadi tidak lancar.

6. Mual dan muntah

Kangkung bukanlah jenis sayuran yang dapat Anda konsumsi dengan berlebihan. Jika Anda terlalu banyak memakannya maka tubuh Anda akan spontan menolak dan menimbulkan mual dan muntah pada perut.

7. Gangguan kesehatan lambung

Bagian pencernaan tubuh yang dapat terjangkit penyakit ketika konsumsi kangkung berlebihan yaitu lambung. Lambung Anda mengalami gejala seperti asam lambung naik dan juga perih karena kandungan senyawa dalam kangkung yang terlalu banyak masuk ke lambung.

8. Mengganggu kesehatan syaraf

Asam urat yang Anda derita akan mengganggu kesehatan syaraf jika Anda berlebihan dalam mengonsumsi kangkung. Mood Anda akan menjadi tidak stabil dan syaraf Anda akan cenderung tegang.

Baca Juga: 10 Bahaya Daging Bekicot untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi kangkung berlebihan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top