Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Konsumsi Mie Instan Mentah untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya Konsumsi Mie Instan Mentah untuk Kesehatan

Terdapat sejumlah bahaya konsumsi mie instan mentah untuk kesehatan jika Anda sering mengonsumsinya dengan cara yang seperti ini. Siapa yang tidak mengenal mie instan? Makanan kemasan yang murah meriah ini cukup terkenal di Indonesia karena pengolahannya yang praktis dan rasanya yang enak. Mie instan juga sering dicampur dengan berbagai jenis bahan masakan untuk dibuat menu lain yang lebih enak di lidah.

Namun tahukah Anda jika mie instan juga sering dikonsumsi mentah-mentah? Hal ini sama dengan mengonsumsi sebuah snack atau makanan ringan. Padahal konsumsi mie instan mentah tidaklah disarankan. Kandungan pengawet dan juga bumbu MSG di dalamnya dapat memberikan efek yang buruk ke tubuh Anda. Apalagi jika Anda sering mengonsumsinya dengan cara ini tanpa memasaknya terlebih dahulu. Anda akan terjangkit berbagai jenis penyakit.

15 Bahaya Konsumsi Mie Instan Mentah untuk Kesehatan

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi mie instan mentah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Nafsu makanan bertambah

Mie instan bukanlah jenis makanan yang dapat mengenyangkan Anda jika Anda mengonsumsinya mentah-mentah. Hal ini justru akan membuat tubuh Anda merasakan lapar yang berlebihan dan ingin mengonsumsi jenis makanan yang sama atau yang lainnya.

2. Sakit perut

Konsumsi mie instan mentah juga dapat memicu rasa sakit perut. Hal ini diakibatkan oleh mentahnya mie instan tidak bisa diterima oleh lambung Anda. Anda penderita maag sebaiknya tidak mengonsumsi mie instan mentah.

3. Mual

Mie instan mentah juga akan memberikan efek mual dan rasa ingin muntah. Kemungkinan besar asam lambung Anda naik ketika Anda mengonsumsinya dengan cara mentahan. Pencernaan Anda pun akan terganggu kesehatannya.

Loading...

4. Diabetes

Kandungan kalori dalam mie instan yang cukup banyak akan memberikan tubuh Anda kalori yang juga banyak dan diubah menjadi gula yang kadarnya tidak sedikit. Penyakit diabetes pun bisa muncul di tubuh Anda.

5. Darah tinggi

Mie instan yang dikonsumsi secara mentah akan lebih terasa gurih dan juga asin. Garam yang berlebihan dikonsumsi oleh tubuh Anda akan memicu penyakit tekanan darah tinggi atau sering disebut denga hipertensi.

6. Kegemukan

Konsumsi mie instan baik itu mentah maupun matang dalam jumlah yang banyak akan membuat tubuh Anda menjadi gemuk. Kandungan kalorinya yang cukup banyak jika menumpuk di dalam tubuh akan menjadi lemak.

7. Gangguan kesehatan usus

Mie instan mentah yang masih kerasa perlu diolah oleh usus Anda lebih lama karena teksturnya ini tidak akan bisa dilalui oleh pencernaan Anda. Jika proses pengolahannya tidak sempurna maka akan membuat usus Anda menjadi terganggu kesehatannya.

8. Kanker

Unsur zat pengawet ditambah dengan adanya MSG akan membuat tubuh Anda diserang kanker. Sel jahat kanker akan dengan mudah menyerang sel tubuh Anda dan menyebar hampir ke seluruh tubuh dan merusak jaringan sel tubuh.

9. Penyakit pada otak

Otak Anda juga akan mengalami gangguan kesehatan yang serius jika Anda banyak mengonsumsi mie instan mentah. Syaraf pada otak tidak akan berfungsi dengan baik sehingga respon ke otak akan terganggu.

10. Sakit tenggorokan

Bumbu pada mie instan merupakan jenis bumbu yang mempunyai rasa cukup kuat. Jenis bumbu ini seharusnya dicampur dengan mie instan yang sudah dimasak agar tidak kering. Jadi jika Anda mengonsumsinya mentah-mentah, maka tenggorokan Anda akan terasa sakit dan perih.

Baca Juga: 12 Bahaya Konsumsi Bakso Berlebihan untuk Kesehatan

Selain 10 jenis bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi mie instan mentah untuk kesehatan lainnya. Berikut ini 5 bahaya lainnya:

5 Bahaya Konsumsi Mie Instan Mentah untuk Kesehatan Lainnya

11. Meningkatnya kolesterol
12. Kekurangan gizi
13. Penyakit jantung
14. Kerusakan gigi
15. Sembelit

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi mie instan mentah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top