Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

26 Bahaya Konsumsi Narkoba untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

26 Bahaya Konsumsi Narkoba untuk Kesehatan Tubuh

Anak muda dan dewasa sebaiknya mengetahui adanya bahaya konsumsi narkoba untuk kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian. Narkoba merupakan bahan obat yang dilarang untuk dikonsumsi terlalu berlebihan. Dalan dunia medis, penggunaan zat ini memang ada namun dalam kadar yang tidak terlau banyak. Itulah mengapa jika ada yang menyalahgunakannya demi kepentingan pribadi atau kelompok, maka hukumannya akan sangat berat.

Pemerintah di berbagai negara dengan keras melaran peredaran dan penggunaan narkoba bukan tanpa alasan. Zat ini memiliki banyak sekali bahaya dan efek samping yang akan merusak tubuh. Selain itu, sudah banyak ratusan jiwa yang merengang nyawa akibat mencoba mengonsumsi zat mematikan ini. Jika Anda mengatahui apa saja bahaya narkoba untuk kesehatan, maka Anda akan lebih waspada terhadap peredarannya di sekitar lingkungan.

26 Bahaya Konsumsi Narkoba untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam pergaulan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi narkoba untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan penyakit jantung

Bahaya pertama dari penggunaan narkoba ke tubuh yaitu dapat menyebabkan adanya gangguan kesehatan pada jantung. Anda dapat mengidap penyakit jantung dan terjangkit penurunan fungsi jantung di dalam tubuh.

2. Kecanduan

Ya, narkoba juga akan membuat Anda mengalami kecanduan berlebihan dan ingin mengonsumsinya kembali. Hal ini pun membuat tubuh Anda kejang dan gelisah ketika tidak bisa mengonsumsi zat berbahaya ini lagi.

3. Urin beracun

Konsumsi narkoba juga dapat menyebabkan urin Anda beracun. Gejala ini tentunya akan membahayakan kesehatan saluran kemih dan sistem pembuangan air kecil di tubuh Anda, serta akan mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya.

Loading...

4. Kerusakan otak

Narkoba juga dapat membuat otak Anda menjadi rusak. Senyawa yang ada dalam narkoba akan masuk sampai ke dalam otak dan membuatnya menjadi tidak berfungsi lagi. Anda pun akan mengalami sejumlah penyakit akibat kerusakan otak.

5. Rusaknya tulang

Pengguna narkoba banyak yang mengalami gejala sakit pada bagian tulang mereka setelah menjadi pecandu narkoba. Senyawa yang terdapat dalam zat berbahaya ini mampu membuat tulang Anda mudah keropos.

6. Gangguan pembuluh darah

Pembuluh darah di dalam tubuh juga akan merasakan akibat dari konsumsi narkoba. Mulai dari adanya penyumbatan pembuluh darah sampai dengan aliran darah yang tidak lancar akibat konsumsi zat ini.

7. Gangguan kulit

Kulit Anda akan mengalami iritasi bahkan dapat terserang penyakit kanker kulit jika mengonsumsi narkoba. Kulit Anda pun akan berubah menjadi jenis kulit yang mudah iritasi dan mudah luka sehingga merusak jaringan di dalamnya.

8. Rusaknya syaraf

Berbagai jenis syaraf yang menghubungkan satu bagian dan bagian lainnya dalam tubuh akan rusak ketika Anda mengonsumsi narkoba. Beberapa bagian tubuh pun akan menjadi mati rasa dan tidak bisa dikontrol dengan baik.

9. Gangguan kesehatan paru-paru

Konsumsi narkoba akan mempengaruhi kesehatan paru-paru. Gejalanya mulai dari sesak napas yang berlebihan seperti asma, batuk, dan juga penurunan fungsi organ paru-paru. Jauhilah zat berbahaya ini jika Anda ingin tetap sehat.

10. Gangguan pencernaan

Senyawa yang ada dalam narkoba bukan merupakan jenis senyawa yang bisa diterima oleh pencernaan. Akibatnya jika Anda tetap mengonsumsi barang haram ini, pencernaan Anda akan terganggu dan mengalami beberapa penyakit berbahaya.

Baca Juga: 17 Bahaya Formalin pada Makanan bagi Kesehatan

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi narkoba untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 16 bahaya lainnya:

16 Bahaya Konsumsi Narkoba untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Gagal jantung
12. Kanker
13. Gagal ginjal
14. Tumor
15. AIDS
16. Gangguan jiwa
17. Gangguan hormone tubuh
18. Gangguan mental
19. Kerusakan organ tubuh
20. Merusak mata
21. Turunnya berat badan
22. Kemandulan
23. Impotensi
24. Halusinasi
25. Kematian
26. Menurunnya daya ingat

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi narkoba untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top