Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Bahaya Konsumsi Ragi untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

20 Bahaya Konsumsi Ragi untuk Kesehatan Tubuh

Penggunaan ragi sebaiknya tidak terlalu banyak karena terdapat beberapa bahaya konsumsi ragi untuk kesehatan tubuh yang merugikan Anda. Ragi adalah bahan yang digunakan untuk membuat tape dan makanan lainnya melalui proses fermentasi. Penggunaan ragi akan memunculkan beberapa jenis mikro organisme yang akan mempengaruhi rasa pada makanan. Ragi membuat makanan yang difermentasi memiliki bau yang kuat dengan kandungan alcohol yang cukup banyak.

Campuran antara ragi dengan makanan yang akan difermentasi sejatinya tidak boleh diperbanyak. Kandungan bakteri yang muncul disertai dengan alcohol yang tidak sedikit membuat makanan tersebut dapat memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan. Ragi bukan jenis bahan yang dapat Anda gunakan untuk semua jenis makanan. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan mengandung ragi, maka tubuh Anda akan terganggu kesehatannya.

20 Bahaya Konsumsi Ragi untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya konsumsi ragi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Sakit perut

Makanan dengan kandungan ragi seperti tape akan membuat perut Anda menjadi sakit. Ragi cenderung membuat makanan yang dicampurkannya menjadi terasa kecut dan juga lebih asam. Rasa ini akan memicu
perut terasa sakit.

2. Sakit kepala

Konsumsi makanan dengan kandungan ragi yang banyak juga akan membuat kepala Anda terasa sakit. Hal ini disebabkan oleh kandungan alcohol yang sudah muncul dari proses fermentasi menggunakan ragi.

3. Maag

Asam lambung Anda juga akan naik jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan ragi yang banyak. Asam dan kecutnya makanan tersebut mampu menaikkan asam pada lambung kemudian menimbulkan maag.

Loading...

4. Mencret

Gejala penyakit lainnya yang Anda akan alami yaitu mencret. Makanan dengan ragi yang tidak sedikit dan jika dikonsumsi terlalu banyak akan bekerja seperti pencahar pencernaan sehingga menilmbukan gejala mencret.

5. Keguguran

Ragi bukanlah jenis bahan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan ragi yang memicu adanya alcohol dan bakteri justru akan menimbulkan keguguran dan membahayakan kesehatan ibu hamil.

6. Kelahiran cacat

Selain keguguran, ibu hamil yang mengonsumsi ragi juga akan menyebabkan janin yang dikandungnya lahir dengan cacat. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya senyawa alcohol hasil dari fermentasi makanan menggunakan ragi.

7. Gangguan syaraf

Bagian tubuh Anda yang dapat terganggu kesehatannya dengan konsumsi ragi yang terlalu banyak yaitu syaraf. Syaraf tubuh Anda bisa menjadi tidak berfungsi dengan baik sehingga mengganggu sistem syaraf di tubuh.

8. Melambatkan motorik anak

Anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang diolah dengan kadar ragi yang tinggi. Ragi dapat membahayakan kesehatan anak Anda dan juga membuat motorik anak Anda menjadi lebih lambar dibandingkan dengan yang normal.

9. Merusak otak bayi

Efek yang akan muncul ketika ibu hamil melahirkan bayi dimana ia sering mengonsumsi makanan dengan ragi yang tinggi yaitu rusaknya otak si bayi. Akan ada beberapa bagian otak bayi yang tidak bisa berfungsi sama sekali.

10. Merusak mood

Mood yang rusak dipengaruhi oleh tidak seimbangnya psikis Anda. Hal ini bisa Anda dapatkan jika Anda terlalu banyak memakan makanan berfermentasi dengan kandungan ragi yang tinggi. Emosi pun menjadi tidak terkontrol.

Baca Juga: 12 Bahaya Konsumsi Cilok untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi ragi untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 10 bahaya lainnya:

10 Bahaya Konsumsi Ragi untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Kekeringan pada rahim
12. Janin lengket di rahim
13. Merusak fungsi hati
14. Mengganggu kesehatan ginjal
15. Menurunkan kecerdasan anak
16. Gangguan kesehatan pada ulu hati
17. Gejala pusing
18. Mabuk
19. Sembelit
20. Radang lambung

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi ragi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top