Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Bahaya Konsumsi Telur untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

12 Bahaya Konsumsi Telur untuk Kesehatan Tubuh

Adanya bahaya konsumsi telur untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan perlu Anda waspadai mulai dari sekarang. Telur merupakan salah satu sumber makanan yang sudah menjadi menu utama makanan yang kita konsumsi setiap hari. Telur sendiri memiliki banyak jenis, seperti telur ayam, telur bebek, telur puyuh, dan masih banyak lagi. Kandungan telur yang kaya akan protein dapat mencukupi kebutuhan protein tubuh Anda.

Tidak semua makanan yang Anda konsumsi setiap hari akan memberikan manfaat yang baik, termasuk telur. Telur memang mengandung nutrisi yang menyehatkan namun Anda tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak. Ada beberapa efek buruk yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi telur yang berlebihan. Kelebihan protein salah satunya. Ada batas maksimal dimana tubuh Anda membutuhkan protein.

12 Bahaya Konsumsi Telur untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya konsumsi telur untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kolesterol yang tinggi

Telur mengandung cukup banyak lemak. Jika Anda mengonsumsi telur dengan berlebihan setiap harinya, maka tubuh Anda akan menyimpan banyak lemak. Lemak inilah yang dapat memicu penyakit kolesterol yang tinggi.

2. Kegemukan

Lemak yang terdapat dalam telur jika dikonsumsi terus-menerus dapat membuat tubuh Anda menjadi gemuk. Itulah mengapa dalam pola makan diet, Anda perlu mengkombinasikan antara konsumsi telur, sayur, dan daging.

3. Hormon menjadi tidak seimbang

Telur mengandung banyak senyawa yang sangat mempengaruhi hormone di dalam tubuh Anda. Hormon tubuh Anda akan menjadi tidak seimbang jika Anda terlalu banyak mengonsumsi telur setiap harinya.

Loading...

4. Alergi

Tidak semua orang dapat mengonsumsi telur. Bahkan banyak orang yang merasakan alergi setelah mengonsumsi telur. Jika Anda salah satunya, maka Anda tidak bisa mengonsumsi telur terlalu sering atau Anda akan mengalami gejala alergi yang mengganggu kesehatan.

5. Obesitas

Gangguan kesehatan seperti obesitas juga bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi telur yang terlalu banyak. Obesitas menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menjadi faktor penyakit lainnya seperti jantung dan stroke.

6. Diabetes

Ternyata mengonsumsi telur terlalu banyak juga akan memicu penyakit diabetes dalam tubuh Anda. Makanan yang satu ini mengandung senyawa yang akan menaikkan kadar gula di dalam tubuh Anda sehingga dapat memicu diabetes.

7. Penyebab jerawat

Bagi Anda yang mempunyai kulit sensitive dan rentan terhadap jerawat, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi telur. Telur mengandung lemak yang mempengaruhi hormone sehingga jerawat dapat muncul dengan mudah.

8. Penyakit jantung

Efek jangka panjang dari konsumsi telur yang terlalu banyak yaitu adanya penyakit jantung. Lemak dalam telur yang menumpuk dalam tubuh Anda akan menyebabkan fungsi jantung menurun dan memicu penyakit.

9. Kanker

Bahaya telur yang juga perlu Anda perhatikan yaitu munculnya penyakit kanker. Kanker adalah penyakit yang muncul akibat pola hidup yang tidak baik dengan mengonsumsi makanan dengan kadar yang juga terlalu banyak.

10. Sakit perut

Bagi Anda yang mempunyai perut dengan tingkat sensitive yang cukup tinggi maka Anda tidak boleh memakan telur terlalu banyak. Lambung dan usus Anda akan mengalami gangguan kesehatan sehingga perut akan terasa sakit.

11. Diare

Tidak semua telur mengandung banyak nutrisi sehat. Makanan yang satu ini juga mengandung bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Jika Anda mengolahnya dengan tidak benar, maka Anda akan terjangkit bakteri penyebab diare.

12. Mual

Telur juga mempunyai rasa yang cukup membuat perut Anda terasa mual. Apalagi jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Bau amis yang masih terdapat di dalamnya akan membuat perut mual dan terasa ingin muntah.

Baca Juga: 15 Bahaya Konsumsi Mie Instan dengan Nasi Bersamaan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi telur untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top