Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Dampak Bahaya Lari di Siang Hari bagi Kesehatan

Uncategorized

9 Dampak Bahaya Lari di Siang Hari bagi Kesehatan

Olahraga lari memang sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan. Namun, jika anda melakukan olahraga lari di siang hari maka bahaya apa yang akan anda dapatkan? Hasil reset membuktikan bahwa olahraga lari yang dilakukan pada siang hari akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Dengan begitu bahaya lari di siang hari akan lebih banyak memicu anda untuk mendapat gangguan kesehatan.

Bahaya lari di siang hari tidak hanya menyebabkan tubuh anda menjadi lemah dan mudah pingsan. Bahaya lainnya juga akan menjadi ancaman bagi anda yang menderita gejala darah tinggi. Pederita darah tinggi akan mempercepat serangan stroke ringan, karena pembuluh darah ke jantung tersumbat tanpa anda sadari. Berikut bahaya lari di siang hari yang perlu anda ketahui.

Bahaya Lari di Siang Hari

1. Metabolisme tubuh tidak stabil

Bahaya pertama lari di siang hari akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak stabil. Energi yang ada dalam tubuh akan cepat habis sehingga peredaran darah menuju jantung tidak bisa berjalan dengan optimal. Kondisi ini juga akan mempengaruhi otot yang mudah lelah serta stamina akan menurun sehingga anda akan selalu membutuhkan banyak tenaga untuk bergerak.

2. Penurunan berat badan

Bahaya selanjutnya jika anda melakukan olahraga lari di siang hari dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cepat tetapi juga membuat anda gemuk kembali dengan cepat. Hal ini disebabkan karena keringat yang keluar dengan jumlah banyak di iringi dengan suhu tubuh yang terlalu panas. Padahal tubuh akan sehat jika suhu yang diperoleh tubuh tidak terlalu tinggi.

3. Fungsi jantung tidak bisa optimal

Bahaya lari di siang hari juga akan menyebabkan fungsi jantung tidak bisa optimal. Organ jantung berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Namun bagaimana jika jantung anda tidak bisa berfungsi dengan optimal? Maka kondisi ini akan membuat tubuh tidak memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat secara normal. Tentu, ini akan membahayakan tubuh sehingga anda bisa terkena resiko serangan jantung.

4. Suhu tubuh menjadi meningkat

Lari di siang hari juga menyebabkan suhu tubuh meningkat tajam. Hal ini disebabkan karena jantung tidak dapat memompa darah dengan lancar sehingga pembuluh darah akan tersumbat. Jika kondisi ini terjadi maka dapat menyebabkan gagal jantung atau serangan jantung mendadak.

Loading...

5. Menyebabkan pertumbuhan kanker

Olahraga lari di siang hari memang cepat membuat tubuh lelah, berkeringat dan memacu jantung lebih cepat berlari namun, efek tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda lebih memilih olahraga lari di pagi hari dari pada berakibat buruk pada kesehatan anda.

6. Persendian lutut tidak sehat

Otot lutut dan sekitar persendian sangat membutuhkan cairan kalsium yang tersimpaan dalam tulang. Semakin sering anda melakukan olahraga lari di siang hari, maka cairan kalsium tidak dapat di serap oleh tulang sehingga kesehatan tulang akan terganggu dan terasa nyeri pada area persediaan.

7. Menyebabkan penyakit asma

Jika anda penderitaa asma sebaiknya tidak melakukan olahraga lari di siang hari. Untuk melakukan olahraga lari membutuhkan nafas yang panjang dan juga stamina yang kuat. Namun jika anda mempunyai asma maka nafas anda akan terasa lebih pendek karena kondisi dada yang sesak untuk bernafas. Tentu, hal ini akan membahayakan kondisi anda.

8. Menyebabkan tubuh kehilangan cairan

Cairan dalam tubuh sangatlah dibutuhkan untuk setiap detiknya. Namun, jika anda sering melakukan olahraga lari di siang hari maka tubuh anda akan kehilangan cairan. Hal ini karena proses penguapan keringat akan terhambat. Selain itu, tubuh akan mengalami dehidrasi, sakit kepala mendadak, dan kelelahan yang berlebihan serta dapat membuat organ tubuh cepat rusak karena harus bekerja ekstra sedangkan tubuh kekurangan cairan.

9. Menyebabkan cepat lapar

Dengan sering melakukan olahraga lari di siang hari akan menyebabkan anda merasa cepat lapar. Hal ini disebabkan karena suhu tubuh yang meningkat secara berlebihan ketika olahraga lari disiang hari akan membuat rasa lapar cepat datang setelah anda selesai berolahraga.

Baca Juga 12 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Paha dan Betis Serta Pembentukan Ototnya

Itulah bahaya lari di siang hari, untuk menghindari berbagai macam resiko penyakit sebaiknya anda melakukan olahraga lari pada pagi hari. Hal ini akan berguna untuk kesehatan tubuh anda dan juga menjauhkan anda dari resiko penyakit kanker kulit dan berbagai macam penyakit lainnya. Terapkan gaya hidup sehat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit seperti melakukan olahraga dan fitness.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top