Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Dampak Bahaya Makan dan Minum Langsung Setelah Melakukan Olahraga

Uncategorized

7 Dampak Bahaya Makan dan Minum Langsung Setelah Melakukan Olahraga

Jika anda mempunyai kebiasaan setelah melakukan olahraga kemudian anda langsung makan maka sebaiknya anda mulai berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Tahukah anda jika makan dan minum langsung setelah olahraga akan menimbulkan bahaya dengan berbagai macam resiko gangguan pada kesehatan. Untuk itu, anda harus memperhatikan bahaya makan dan minum langsung setelah olahraga agar tidak berdampak buruk pada kesehatan anda.

Dengan memperhatikan bahaya makan dan minum yang dilakukan secara langsung setelah olahraga, akan membantu anda untuk lebih teliti dan memperhatikan asupan yang baik dikonsumsi sebelum atau setelah olahraga. Terdapat beberapa bahaya makan dan minum langsung setelah olahraga yang perlu anda ketahui. Dibawah ini adalah bahaya yang ditimbulkan ketika anda mencoba makan atau minum langsung setelah olahraga.

Bahaya Makan dan Minum Langsung Setelah Olahraga, Dampak Bahaya Makan dan Minum Langsung Setelah Olahraga, Bahaya Makan dan Minum Langsung Setelah Olahraga bagi kesehatan

1. Kepala merasa pusing

Bahaya pertama makan dan minum secara langsung setelah melakukan olahraga akan menyebabkan kepala merasa pusing. Hal ini dikarenakan sistem saraf pusat tidak siap untuk merespon perubahan suhu tubuh dari panas ke dingin secara singkat. Oleh karena itu, sebaiknya anda harus menghindari minuman dingin seperti air es, es krim, atau jajanan es lainnya karena dengan minum air dingin juga dapat penyakit migrain atau pusing kepala sebelah.

2. Menambah kolesterol jahat dalam tubuh

Anda melakukan olahraga namun justru membuat kolesterol jahat dalam tubuh semakin bertambah. Tentu, hal ini bisa terjadi jika anda makan dan minum langsung setelah melakukan olahraga. Dengan menyantap makanan setelah olahraga anda dapat membahayakan kesehatan tubuh. Selain itu, anda juga harus menghindari makanan yang cepat saji seperti pizza, burger, gorengan, jeruan, chiken, hot dog ataupun jenis makanan cepat saji lainnya yang berbahaya.

3. Mengganggu metabolisme tubuh

Proses metabolisme tubuh sangatlah diperlukan untuk menambah asupan energi yang masuk ke dalam tubuh. Selesai berolahraga aktifitas metabolisme masih terus berlangsung di dalam tubuh. Namun, jika setelah olahraga langsung makanan atau minum dengan kandungan kadar gula yang tinggi hal itu dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga zat-zat yang berproses dalam tubuh tidak dapat diolah menjadi energi yang dibutuhkan bagi tubuh.

4. Menimbun lemak

Bahaya selanjutnya dengan makan dan minum setelah olahraga dapat menimbun lemak. Jika anda melakukan olahraga kerena ingin membakar lemak maka hal itu tidak ada manfaatnya jika setelah olahraga anda langsung makan. Sebaiknya anda menahan rasa lapar paling tidak selama 30 menit agar lemak yang dibakar selama anda berolahraga dapat diproses secara maksimal. Kemudian setelah itu, anda bisa makan makanan yang berserat seperti roti tawar atau daging.

Loading...

5. Suhu badan menurun 

Sebagian orang setelah melakukan olahraga yang menguras banyak energi merekaa akan langsung minum air dingin sehingga sangat terasa menyegarkan. Padahal cara ini sangatlah berbahaya. Setelah melakukan olahraga kemudian minum air dingin akan membuat suhu badan menjadi menurun. Hal ini dikarenakan suhu minuman yang lebih dari 5-10 derajat celsius tidak dapat diserap keringat sehingga suhu badan akan menurun.

6. Merasa mual  

Bahaya lainnya makan dan minum langsung setelah olahraga juga dapat menyebabkan anda merasa mual. Setelah beberapa menit tubuh digunakan untuk olahraga dan mengeluarkan keringat maka sebaiknya anda membiarkan perut dalam keadaan kosong. Jika anda langsung mengkonsumsi makanan kemungkinan tubuh tidak dapat menerima karena tubuh masih dalam kondisi lelah sehingga anda akan merasa mual.

7. Olahraga akan menjadi sia-sia

Selain menyebabkan merasa mual, bahaya selanjutnya ketika anda makan dan minum langsung setelah olahraga akan membuat olahraga menjadi sia-sia. Hal ini tidak akan terjadi jika anda mengkonsumsi makanan dengan cara yang tepat. Anda bisa mengkonsumsi makanan paling tidak satu jam setelah berolahraga. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang saat olahraga.

Baca Juga 34 Cara Ampuh Mengecilkan Lengan dengan Cepat dan Aman

Itulah bahaya makan dan minum langsung setelah olahraga. Jika anda sering melakukan hal tersebut maka mulailah untuk menghindarinya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Gunakan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga atau fitness.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top