Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Makanan Kadaluarsa untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Makanan Kadaluarsa untuk Kesehatan Tubuh

Anda perlu berhati-hati jika menemukan makanan kadaluarsa karena banyak bahaya makanan kadaluarsa untuk kesehatan tubuh yang berakibat cukup fatal. Setiap jenis makanan, apapun itu, mempunyai batas dimana makanan tersebut bisa dikonsumsi atau tidak. Kadaluarsa adalah waktu batas dimana suatu makanan tidak boleh lagi dikonsumsi melewati hari atau tanggal yang sudah ditentukan. Makanan kemasan biasanya memiliki tanggal kadaluarsa pada kemasannya.

Ada makanan yang dapat dengan mudah diketahui sudah tidak layak untuk dikonsumsi, namun juga ada makanan yang tidak mudah untuk diidentifikasi kapan kadaluarsanya. Makanan yang sudah kadaluarsa akan berbau tidak sedap dan mempunyai rasa yang berbeda. Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda jika dikonsumsi. Tidak hanya kehilangan nutrisi pada makanan, namun juga memicu sejumlah penyakit pada tubuh.

10 Bahaya Makanan Kadaluarsa untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya makanan kadaluarsa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Sakit perut

Makanan kadaluarsa akan memberikan efek sakit perut pada lambung. Senyawa dan zat yang sudah berubah di dalamnya akan membuat perut Anda bereaksi dan melawan, sehingga muncul rasa sakit pada perut.

2. Diare

Kandungan makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi banyak terdapat sejumlah bakteri penyakit. Salah satunya adalah penyakit penyebab diare. Maka tak heran jika banyak orang yang akan terjangkit diare setelah mengonsumsi makanan kadaluarsa.

3. Sembelit

Penyakit lainnya yang dapat Anda rasakan ketika mengonsumsi makanan kadaluarsa yaitu sembelit. Pengaruh makanan jenis ini ke pencernaan tubuh sangatlah besar sehingga Anda bisa kesulitan untuk buang air besar.

Loading...

4. Racun

Makanan kadaluarsa tidak hanya mengandung bakteri penyakit penyakit, namun sejumlah racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Racun ini muncul karena berubahnya nutrisi dalam makanan yang tidak dikonsumsi.

5. Membayakan janin

Ibu hamil sebaiknya memang lebih teliti ketika akan mengonsumsi suatu makanan dengan memperhatikan apakah makanan tersebut masih bisa dimakan atau tidak. Makanan kadaluarsa akan membahayakan kesehatan janin.

6. Gangguan kesehatan lambung

Tentu saja lambung Anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan ketika mengonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa. Kandungan senyawa dalam makanan ini akan membuat lambung Anda terkena infeksi dan sejumlah penyakit.

7. Mual dan muntah

Lambung yang sudah diisi dengan makanan kadaluarsa akan bereaksi dengan memunculkan rasa mual dan ingin muntah. Efek keracunan makanan jenis ini pun sama, mulai dari mual, sakit, sampai dengan muntah.

8. Maag

Bagi Anda yang mempunyai maag sebaiknya lebih teliti dalam melihat jenis makanan yang akan Anda konsumsi. Makanan kadaluarsa hanya akan membuat tubuh Anda mengalami maag yang jauh lebih parah.

9. Radang usus

Tidak hanya lambung saja, namun juga usus Anda. Organ pencernaan yang satu ini dapat mengalami banyak gejala penyakit dan radang ketika harus menyerap apa saja yang terkandung di dalam makanan kadaluarsa.

10. Kematian

Efek samping yang paling parah dari konsumsi makanan kadaluarsa yaitu kematian. Kita tidak tahu kandungan apa saja yang sudah berubah dalam makanan kadaluarsa sehingga efeknya pun dapat membuat tubuh seseorang mati rasa.

Baca Juga: 15 Efek Samping Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya makanan kadaluarsa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top