Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Bahaya Makanan Laut untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

13 Bahaya Makanan Laut untuk Kesehatan Tubuh

Sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu adanya bahaya makanan laut untuk kesehatan tubuh. Sudah menjadi hal umum jika makanan laut terutama ikan, udang, dan makanan laut lainnya banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Kandungan omega 3 yang ada pada beberapa jenis ikan pun dibutuhkan oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk meningkatkan kecerdasan otaknya.

Kandungan nutrisi dalam makanan laut memang dapat mencukupi asupan nutrisi tubuh Anda, namun bukan berarti makanan ini tidak membahayakan kesehatan. Ada jenis makanan laut yang memang perlu diolah oleh orang yang ahli memasak. Belum lagi banyaknya pencemaran laut saat ini yang menyebabkan banyak hewan laut terkena dampak zat kimia. Itulah mengapa Anda perlu waspada dengan makanan laut yang akan Anda konsumsi.

13 Bahaya Makanan Laut untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya makanan laut untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kolesterol yang tinggi

Makanan laut merupakan salah satu makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya, maka tubuh Anda dapat terjangkit penyakit kolesterol yang membahayakan kesehatan tubuh.

2. Adanya zat merkuri

Laut tempat hidup hewan laut yang dijadikan makanan belum tentu bersih. Apalagi ditambah dengan banyaknya pencemaran lingkungan yang menyebabkan adanya zat merkuri yang menempel pada hewan laut.

3. Terganggunya kesehatan syaraf

Konsumsi makanan laut dengan berlebihan juga akan berdampak pada kesehatan syaraf di tubuh Anda. Sistem syaraf akan mengalami gangguan seperti tegang dan naik turunnya mood Anda setiap harinya.

Loading...

4. Kanker

Makanan laut yang sudah banyak terkontaminasi dengan limbah maupun zat merkuri akan membuat tubuh Anda mudah dijangkiti penyakit kanker. Sel kanker akan menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh dan memicu kematian.

5. Keracunan

Banyak makanan laut yang dibuat dari hewan laut dengan racun yang cukup tinggi. Itulah mengapa banyak ahli makanan seafood perlu mempunyai sertifikat tertentu untuk mengolaha makanan laut. Jika tidak, orang yang mengonsumsinya akan mengalami keracunan.

6. Alergi

Tidak semua orang dapat mengonsumsi makanan laut dengan mudah. Ada orang yang akan mengalami beberapa gejala alergi ketika harus mengonsumsi makanan laut seperti merah pada kulit dan juga bengkak.

7. Bakteri salmonella

Bakteri salmonella merupakan jenis bakteri yang paling sering ditemukan pada hewan laut. Jika makanan laut diolah dari hewan laut dengan kandungan bakteri yang tinggi, maka tubuh Anda akan terjangkit beberapa penyakit akibat masuknya bakteri ke dalam tubuh.

8. Kolesterol jahat

Makanan laut yang diolah dari bahan hewan laut dan sejumlah bahan lainnya kemungkinan besar mengandung banyak lemak trans. Hal ini akan menyebabkan tubuh Anda diserang kolesterol jahat dengan berbagai penyakit.

9. Diabetes

Konsumsi makanan laut ternyata juga beresiko mengidap penyakit diabetes. Penyakit ini dimulai dengan naiknya kadar gula did ala darah Anda. Jika kadar gula ini naik, maka Anda akan terjangkit diabetes.

10. Penyakit jantung

Salah satu efek dari konsumsi makanan laut dengan kandungan kolesterolnya yaitu penyakit jantung. Jantung Anda akan menurun fungsinya dan mulai terserang penyakit jantung. Itulah mengapa Anda disarankan untuk mengatur jenis makanan yang akan Anda konsumsi.

11. Stroke

Penyakit stroke juga dimulai dari kandungan kolesterol yang tinggi yang berasal dari makanan laut. Stroke merupakan jenis penyakit yang banyak menjangkiti tubuh orang karena pola hidup yang tidak sehat, terutama dari pola makannya.

12. Asam urat

Pastikan Anda tidak memiliki penyakit asam urat sebelum mengonsumsi makanan laut. Makanan laut yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan asam pada urat sehingga memicu penyakit pada bagian urat di tubuh Anda.

13. Obesitas

Obesitas merupakan hasil dari tubuh Anda yang menerima lemak makanan terlalu banyak. Makanan laut mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi terus menerus, maka tubuh Anda akan menjadi gemuk.

Baca Juga: 20 Jenis Makanan Sehat untuk Ginjal di Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya makanan laut untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top