Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Bahaya Makanan Mengandung Gluten untuk Tubuh

Uncategorized

11 Bahaya Makanan Mengandung Gluten untuk Tubuh

Anda perlu berhati-hati dengan adanya sejumlah bahaya makanan mengandung gluten yang masuk ke dalam tubuh. Apa itu gluten? Gluten merupakan jenis protein yang mengandung zat peptide. Zat peptide sendiri bukanlah zat yang baik untuk tubuh. Itulah mengapa banyak pakar kesehatan saat ini menyarankan agar mengonsumsi makanan yang bebas dari gluten. Efek makanan tersebut dapat membahayakan kesehatan dan memicu gangguan kesehatan.

Bahaya gluten untuk kesehatan tubuh dapat mengakibatkan adanya kerusakan pada kinerja organ tubuh, seperti usus dan lambung. Zat peptidanya juga dapat merusak sistem imun tubuh, terutama bagi Anda yang sudah mempunyai beberapa gejala penyakit berbahaya lainnya seperti eksim atau obesitas. Jika Anda dapat memilih makanan sehat yang baik untuk tubuh dengan lebih teliti maka Anda dapat mencegah efek buruk dari gluten pada makanan.

11 Bahaya Makanan Mengandung Gluten untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya makanan mengandung gluten untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Pengeroposan tulang

Bahaya pertama yang akan muncul dari konsumsi makanan dengan kandungan gluten yaitu tulang Anda akan menjadi keropos. Kondisi ini juga disebut sebagai osteoporosis. Penyakit ini tidak hanya menyerang usia lanjut, namun juga Anda yang masih muda.

2. Kanker usus

Makanan mengandung gluten juga dapat memicu adanya kanker pada usus. Efek gluten pada organ pencernaan Anda yang satu ini cukup berbahaya. Kanker pada usus akan menyebar dengan cepat dan merusak fungsi usus.

3. Gizi buruk

Kandungan gluten dalam makanan tidak akan memberikan nutrisi apapun ke tubuh Anda. Yang ada tubuh Anda justru akan mengalami gizi buruk dan menyebabkan berbagai organ di dalam tubuh menjadi tidak berfungsi.

Loading...

4. Kurang nutrisi

Selain gizi buruk, tubuh Anda juga akan kekurangan nutrisi. Hal ini bisa terjadi jika Anda terus menerus mengonsumsi makanan yang mengandung gluten dan tidak diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

5. Gangguan pencernaan

Kesehatan pencernaan Anda mulai dari usus sampai dengan lambung akan sangat terganggu dengan masuknya zat peptida dari makanan yang mengandung gluten. Pencernaan Anda pun akan menjadi tidak lancar.

6. Rusaknya otak

Bahaya konsumsi makanan gluten juga mempengaruhi kesehatan otak Anda. Kandungan glutennya akan merusak syaraf di otak dan membuat otak Anda tidak bisa bekerja dengan optimal dalam merespon syaraf lainnya di tubuh.

7. Alergi

Sejumlah orang biasanya akan mengalami gejala alergi yang cukup parah jika tubuh mereka tidak dapat menerima kandungan peptida yang ada di dalam makanan bergluten. Mulai dari kulit merah sampai dengan gejala alergi lainnya.

8. Radang

Bagian tubuh yang akan mengalami peradangan akibat konsumsi makanan mengandung gluten yaitu sistem pencernaan Anda. Radang ini merupakan reaksi tubuh dari tidak cocoknya zat gluten yang masuk ke bagian pencernaan.

9. Sesak napas

Makanan dengan kandungan gluten yang tidak sedikit dapat memicu gejala gangguan kesehatan pada sistem pernapasan. Salah satunya adalah sesak napas. Bagi Anda yang mempunyai penyakita asma sebaiknya berhati-hati.

10. Infeksi tenggorokan

Bagian tubuh yang juga akan mengalami dampak buruk dari makanan dengan kandungan glutennya yaitu tenggorokan. Senyawa yang ada dalam gluten dapat membuat tenggorokan Anda mengalami infeksi sehingga akan terasa menyakitkan ketika menelan makanan.

11. Gangguan kesehatan lambung

Kesehatan lambung akan sangat terganggu jika Anda mengonsumsi makanan bergluten terlalu banyak. Tidak hanya akan memicu rasa sakit perut, namun juga iritasi dan radang pada lambung yang mengganggu pencernaan.

Baca Juga: 21 Jenis Buah Pelancar Buang Air Besar yang Efektif

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya makanan mengandung gluten untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top