Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Mandi di Malam Hari untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

15 Bahaya Mandi di Malam Hari untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang suka mandi di malam hari? Bagaimana rasanya mandi malam hari? Tentu amat menyegarkan. Karena setelah aktivitas lama seharian akhirnya bisa mandi juga. Namun jarang orang yang memikirkan dan menyadari bahwa ternyata mandi di malam hari itu amat bahaya untuk tubuh. Bagaimana tidak? Dalam kondisi tertentu memang tubuh ktia tidak siap untuk disiram air. Karena suhu tubuh yang tidak stabil dan pori-pori kulit sedang melebar.

Seperti kita ketahui bersama bahwa sehabis aktivitas seharian, tubuh manusia itu kan kepanasan. Pori-pori kulit sedang dalam kondisi terbuka. Ketika disiram air secara mendadak saat malam hari, maka resiko bisa menyebabkan pusing. Belum lagi jika tingkat keasaman tubuh dan air itu sendiri amat tinggi. Sudah pasti sakit kepala bakal melanda.

Bahaya  mandi di malam hari juga bisa meningkatkan resiko kejang otot. Karena syaraf-syaraf otot tegang dan syok. Walaupun mandinya dengan air hangat, ini tidak akan terlalu berpengaruh. Soalnya yang bermasalah adalah sistemik tubuh yang terlalu kompleks karena perubahan suhu badan yang ekstrim. Nah, sebenarnya bahaya mandi di malam hari untuk kesehatan tubuh secara lengkapnya itu bagaimana sih? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Bisa Terjadi Stroke Mendadak

Ketika kita mandi malam, kemungkinan besar otot-otot dan syaraf banyak yang kaget. Bahaya mandi di malam hari sering dikaitkan dengan resiko stroke. Bisa saja kita yang masih muda atau sudah tua malah mendadak stroke hanya karena mandi saat malam.

2. Gangguan dan Serangan Jantung

Bahaya mandi di malam hari juga bisa menyerang jantung. Ketika malam, detak jantung sebenarnya mulai melemah. Karena kita diwajibkan untuk segera istirahat. Dalam kondisi detak jantung lemah, kalau kita malah mandi, ini bahaya. Nanti bisa-bisa jantung syok.

3. Paru-Paru Menjadi Sakit

Bahaya mandi di malam hari juga menyebabkan paru-paru menjadi sakit.  Bagaimana tidak sakit? Suhu badan yang berubah drastis membuat paru-paru jadi syok. Pernafasan tersendat. Dan kita bisa mendadak kena asma.

Loading...

4. Kulit Menjadi  Kusam

Mandi malam hari juga menyebabkan kulit menjadi kusam. Sebab, kulit kita mengalami perubahan suhu yang ekstrim. Maka dari itu, sebaiknya kalau mandi malam hari, pakailah air hangat lebih dulu. Barulah pakai air dingin untuk menutup pori. Tapi sih sebaiknya tidak usah mandi sekalian.

5. Terkena Rematik

Bahaya mandi malam hari juga menyebabkan kita terkena rematik. Bagaimana tidak? Pengapuran tulang yang terjadi, itu kan sesungguhnya adalah penyebab rematik yang paling ditakutkan. Banyak rumor beredar kalau kita mandi malam hari, maka kena rematik. Ini bukan sekadar rumor dan mitos. Melainkan ini adalah fakta yang mesti diwaspadai.

6. Masuk Angin yang Parah

Bahaya mandi di malam hari juga bisa menyebabkan kita kena masuk angin yang parah. Bagaimana tidak? Ketika kita mandi malam, kan kedinginan pastinya. Menggigil dan berasa meriang. Biasanya kalau badan memang sedang drop kondisinya pastilah bakal masuk angin.

7. Terkena Demam

Niat hati ingin mandi malam. Malah demam yang didapat. Inilah bahaya mandi malam yang mesti dihindari! Demam kan tidak enak. Bahaya sekali kalau kita demam, di saat hari-hari sibuk aktivitas. Maka sebaiknya kalau pulang kerja malam, tidak perlu mandi. Cukup basuh muka, tangan dan kaki saja. Jangan lupa disabunin!

8. Sakit Kepala dan Migrain

Bahaya mandi malam dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain. Memang menyebalkan sekali kalau kita sampai sakit begini. Merepotkan rasanya. Sakit kepala dan migrain akibat syok pada bagian kepala biasanya susah sembuhnya loh.

9. Tekanan Darah Menurun

Bahaya mandi malam juga menyebabkan tekanan darah menurun. Kalau tidak percaya, silahkan buktikan sendiri! Betapa tekanan darah ternyata bisa menurun hanya karena mandi malam.

10. Badan Menjadi Lemas

Selanjutnya bahaya mandi malam akan membuat tubuh kita jadi lemas. Malas gerak-gerak. Dan hanya bisa terkapar di kasur.

Baca Juga: 10 Bahaya Memelihara Kucing untuk Kesehatan

Seperti di ataslah berbagai macam bahayanya bila kita memaksakan diri mandi di malam hari. Sungguh mengerikan sekali. Maka dari itu, janganlah lagi melakukannya. Silahkan simak bahaya lainnya di bawah ini:

5 Bahaya Mandi di Malam Hari yang Lainnya:

11. Hipersomnia
12. Hipertermia
13. Suhu Tubuh Meninggi
14. Mual dan Muntah
15. Gangguan Peredaran Darah

Itulah yang bakal terjadi seandainya kita mandi di malam hari. Memang sangat mengerikan bahayanya. Maka janganlah mandi saat malam lagi ya! Demi kesehatan!

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top