Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Memakai Behel Fashion untuk Kesehatan Gigi

Uncategorized

15 Bahaya Memakai Behel Fashion untuk Kesehatan Gigi

Behel fashion kini banyak sekali kita temukan. Banyak sekali orang orang yang menjualnya, baik di online shop maupun di outlet toko. Harganya sangat terjangkau, sangat jauh dengan behel yang kita pasang di dokter. Kini anak muda berlomba-lomba membeli behel fashion ini. Behel fashion ini penggunaannya tidak permanen, bisa kita lepas dan pasang sendiri. Anak muda menjadikan bahel fashion ini trend tersendiri di lima tahun terakhir ini.  Mereka menganggap dirinya menjadi lebih keren jika menggunakan behel fashion.

Behel fashion memang jika dalam segi untuk penampilan tidak jauh beda dengam behel dari dokter. Tapi kita perlu tahu bahwa memasang behel itu tidak boleh sembarangan. Ada perhitungan tertentu yang harus kita tahu sebelum memasang behel,  dan dokter bisa mengetahuinya. Oleh karena itu behel fashion menjadi berbahaya.  Apa saja bahaya menggunakan behel fashion? Berikut ini adalah bahaya menggunakan behel fashion:

1. Membuat Gigi Jadi Makin Berantakan

Bahaya memakai behel fashion yang pertama adalah membuat gigi jadi berantakan. Mungkin kamu pernah termakan iklan para penjual behel fashion ini, walaupun ini bukanlah kawat ortodontik asli, namun jika dipakai bisa membuat gigi rapi. Ini sungguh hanyalah iklan sesat. Bagaimana mungkin gigi rapi jika pemasangannya saja ngawur. Kawat niti dan bracket-bracketnya benar-benar ngaco masangnya. Malah yang ada lengkung rahang bisa berubah dan gigi jadi makin berantakan.

2. Memicu Infeksi dan Gingivitis

Infeksi dan gingivitis bisa terjadi karena behel fashion memang tidak steril. Bagaimana mau disebut steril, kalau bahan komposisinya saja tidak jelas. Misalnya kawat nitinya, itu bisa jadi kalau kena air liur kita saat dimasukkan mulut, malahan jadi berkarat. Belum lagi karet-karet dan butiran bracketnya, bisa-bisa kalau masuk ke dalam mulut malah jadi bikin kita keracunan. Infeksi gusi atau yang disebut gingivitis ini kalau dibiarkan akan menyebabkan gigi sakit dan tanggal.

3. Membuat Gigi Jadi Goyang

Memakai behel fashion bisa membuat gigi kita jadi goyang. Bagaimana tidak goyang? Bila pemasangannya ngawur. Seharusnya behel gigi kan tidak dipasang secara ngawur. Sekarang banyak sekali jasa memasang behel fashion. Dan sama sekali tidak sesuai standar kesehatan dan keamanan dalam segalanya.

4. Memicu Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah kondisi yang juga disebabkan karena gaya hidup buruk. Memasang behel  fashion juga bisa memicu gigi berlubang. Seorang yang memasang behel permanen asli kepada dokter, mereka bisa terhindar dari lubang gigi karena tiap bulannya melakukan kontrol. Berbeda dengan kalau behel fashion, mau kontrol pada siapa?

Loading...

5. Membuat Tumbuhnya Karang Gigi

Inilah bahaya memakai kawat gigi yang mungkin bisa disebut paling ringan, namun ternyata efeknya benar-benar fatal. Bagaimana tidak? Kawat gigi itu menyebabkan tumbuhnya karang gigi. Akibat lapisan permukaan gigi yang tertutup tidak dapat dibersihkan dengan baik. Akibatnya sisa makanan menempel dan terakumulasi menjadi karang gigi atau plak. Dan akhirnya, benar-benar jadi karang gigi deh.

6. Membuat Gigi Tanggal

Memakai behel fashion ternyata juga bisa menyebabkan gigi jadi tanggal. Maksudnya jadi terlepas dari soketnya. Mengapa begitu? Ini karena ada gangguan pada gusi dan tulang alveolar yang
mengendur. Sehingga akhirnya gigi pun jadi lepas deh.

7. Menyebabkan Maloklusi

Maloklusi disebabkan karena behel fashion juga akan terjadi. Orang biasanya bebas mengunyah dan menggigit makanan apapun, tanpa pernah mengalami maloklusi. Namun karena memasang behel gigi inilah, akhirnya jadi dia susah buat menggigit makanan.

8. Membuat Gigi Jadi Miring

Hati-hatilah dalam pemakaian behel fashion ternyata bisa menyebabkan gigi jadi miring loh! Tahukah kamu bahwa gigi yang miring ini terjadinya karena tarikan dari karet dan kawat niti yang ngawur dari behel fashion ini. Sebaiknya kamu hindari saja penggunaan behel fashion ini deh!

9. Gigi Terkesan Kumuh

Seseorang yang memakai behel fashion berharap giginya tampak cantik dan indah dengan memakai behel abal-abal ini. Namun, rupanya justru yang muncul bukanlah keindahan. Melainkan kekumuhan rongga mulut.

10. Menyebabkan Kerusakan Syaraf Gigi

Kerusakan syaraf gigi sangat mungkin terjadi pada gigi yang memakai behel fashion. Kerusakan begini sangat fatal loh!

Baca Juga:

5 Bahaya Memakai Behel Fashion yang Lainnya:

11. Keracunan
12. Kesusahan Menelan
13. Sariawan Parah
14. Bau Mulut
15. Rentan Tertelan

Demikian adalah bahaya menggunakan behel fashion. Kita tidak boleh hanya pedulikan penampilan saja,  kita juga harus perhatikan kesehatan kita. Memakai behel hanya karena mengikuti trend sangat tidak berguna. Jika memakai behel malah membuat kita sakit untuk apa memakai behel.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top